Senam dan Diet pada Ibu Hamil




๐Ÿ“•Tema: Senam dan Diet Pada Ibu Hamil

๐ŸซNarasumber: dr. Lenggangpakuan Annisaqodri

๐Ÿ—“Waktu: 24 Juli 2017
⏰20.00 - 22.00 WIB
๐ŸŽ™ moderator : Mbu Ryuzaki , Mama Nopi Y.N.A
*CURRICULUM VITAE NARASUMBER KULIAH WHATSAPP LEARNING MAMA*

✨ Nama lengkap :
Lenggangpakuan Annisaqodri

✨ Status keluarga :
Menikah, 1 anak

✨ Domisili :
Bandung/Manokwari

✨ FB / IG / WEBSITE:
FB: Lenggangpakuan Annisaqodri
IG: @lenggangpakuan

✨ Riwayat pendidikan/pengalaman:
1. SDPN Sabang Bandung (1995-2001)
2. SMPN 5 Bandung (2001-2004)
3. SMAN 20 Bandung (2004-2007)
4. Universitas Jenderal Achmad Yani
- Sarjana kedokteran (lulus tahun 2011)
- Profesi dokter (lulus tahun 2013)
Pelatihan:
1. Pelatihan Management Laktasi. (Perinasia 2015)
2. Pelatihan Konseling Menyusui 40 jam (Perinasia 2015)
3. Pelatihan Management Makanan Pendamping ASI (Perinasia 2015)

✨ Aktivitas saat ini:
- Mendampingi suami dinas
- Konselor menyusui (dengan perjanjian via WA)
- Tim ahli grup Learning Mama.

๐ŸŒธ *Selayang Pandang Senam dan Diet pada Ibu Hamil* ๐ŸŒธ

Tumbuh kembang anak yang optimal dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupannya.
Itu artinya kesehatan ibu saat hamil bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.
1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari)

Kebugaran ibu hamil juga membantu ibu memperlancar proses kelahiran.

Itu sebabnya kita sharing sedikit tentang pentingnya berolah-raga saat hamil dan juga diet saat hamil.
Naaah.. Denger kata diet, pasti yang terbayang adalah diet untuk menurunkan berat badan, padahal sebenarnya arti *diet adalah pengaturan pola makan sesuai kebutuhan tubuh.*

Kenaikan berat badan ibu hamil harus selalu dipantau dan normalnya naik sekitar 9-13kilo selama kehamilan dan menyesuaikan dengan indeks masa tubuh ibu.
Hamil dengan berat badan berlebih (overweight) maupun dengan kondisi berat badan kurang (malnutrisi) dapat berisiko pada ibu hamil sendiri dan juga janin yang dikandungnya.

~Gizi dan Nutrisi Ibu Hamil~
Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung.  Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang.
Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan hal ini. Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat.

Bersama dengan usia kehamilan yang terus bertambah, makan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, khususnya ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada saat trimester kedua, janin tumbuh dengan sangat pesat, khususnya mengenai pertumbuhan otak berikut susunan syarafnya.

Nutrisi dan gizi yang baik ketika kehamilan berlangsung sangat membantu ibu hamil dan janin dalam menjalani hari-hari kehamilannya.
Tentunya ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sepeti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat. Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaian berat badannya selama kehamilan berlangsung.

Agar perkembangan janin berjalan dengan baik, dan ibu hamil dapat menjalani hari-hari kehamilannya dengan sehat, makan konsumsi ibu hamil harus mengandung gizi sebagai berikut:

*Kalori*
Selama kehamilan konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal perharinya. Kalori yang di dapat haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya. Baiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta buahan bisa melengkapi.
*Asam Folat*
Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak guna pembentukan sel dan sistem syaraf. Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Jika janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.
*Protein*
Selain menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu.

*Kalsium*
Berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan ada kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya. Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik, selain kalsium, susu memiliki kandungan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil, seerti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2 vitamin B3 dan vitamin C. Selain dari susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga
*Vitamin A*
Sangat bermanfaat bagi pemeliharaan fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kulit. Selain itu vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin. Namun meskiun vitamin A sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, namun jangan samapi berlebih dalam mengkonsumsinya, karena jika ibu hamil mengalami kelebihan vitamin A hal ini dapat membuat janin terganggu pertumbuhannya.
*Zat Besi*
Berfungsi di dalam pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Zat besi akan diperlukan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kebutuhan akan zat besi sebanyak 30 mg per harinya. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging atau ikan.
*Vitamin C.*
Tubuh ibu hamil memerlukan vitamin C guna menyerap zat besi. Selain itu vitamin C sangat baik guna kesehatan gusi dan gigi. Fungsi lain dari vitamin C adalah melindungi jaringan dari organ tubuh dari bberbagai macam kerusakan serta memberikan otak berupa sinyal kimia, hal terjadi karena vitamin C banyak mengandung antioksidan.
*Vitamin D*
Dapat membantu menyerap kalsium sehingga sangat bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Vitamin D dapat di dapat dari sumber makanan, susu, kuning telur atau hati ikan.

Makanan yang tidak disarankan untuk ibu hamil sebagai berikut
*Daging mentah*
Daging mentah ataupun sajian daging yang diproses hanya setengah matang, berisiko mengandung toksoplasma. Toksoplasma tersebut dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya bagi janin di dalam kandungan, meski ibu hamil tidak mengalami gejala apa pun.
Penting untuk memasak daging merah, daging putih, termasuk daging cincang dan sosis mentah, hingga matang sempurna untuk menghindari virus toksoplasma. Saat matang, seluruh bagian daging tidak ada lagi yang tampak berdarah atau merah muda.
Cuci bersih seluruh permukaan dan alat yang digunakan untuk memasak daging mentah dan selalu rajin mencuci tangan setelah memegang daging mentah. Selain itu, waspadai toksoplasma dari tanah, tinja binatang piaraan, dan air yang tidak bersih.
*Telur mentah*
Ibu hamil sebaiknya menghindari telur mentah atau makanan apa pun yang mengandung telur mentah karena risiko salmonella. Saus untuk salad, es krim, dan krim kue umumnya berbahan dasar telur mentah, jadi perlu diwaspadai. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu atau cek kemasan sebelum mengonsumsinya.
Pastikan ibu hamil hanya mengonsumsi telur matang yang ditandai dengan bagian putih dan kuning telur padat. Bakteri salmonella dapat menyebabkan muntah dan diare yang parah pada ibu hamil, meski berkemungkinan kecil dapat memengaruhi kondisi janin.
*Sayur mentah*
Beberapa jenis kecambah tidak disarankan untuk dikonsumsi secara mentah, termasuk tauge dari kacang hijau dan daun semanggi karena nyatanya bakteri pada kecambah sangat sulit dibersihkan hanya dengan proses mencuci sehingga perlu dimasak hingga matang. Sebenarnya larangan ini berlaku untuk semua orang, namun ibu hamil diminta untuk lebih mewaspadai.
*Ikan yang mengandung merkuri*
Beberapa jenis ikan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil antara lain ikan hiu dan ikan todak (swordfish). Selain itu, konsumsi ikan tuna sebaiknya dibatasi. Konsumsi ikan tuna berisiko tinggi mengandung merkuri yang dapat mengganggu perkembangan sistem saraf pada janin.
Membatasi asupan ikan pada ibu hamil, termasuk ikan salmon dan ikan laut lainnya, wajib dilakukan mengingat adanya risiko polutan dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCBs). Sebaiknya tidak mengonsumsi ikan laut melebihi dua porsi sedang per minggu.
*Hati*
Organ hati sering dijadikan bagian dari menu pada makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi di atas enam bulan. Namun, konsumsi organ hati sebaiknya dihindari ibu hamil, termasuk jenis makanan lain yang mengandung hati. Kandungan vitamin A yang terlalu tinggi pada organ hati justru berisiko mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.
*Produk susu tanpa pasteurisasi*
Produk susu merupakan makanan bernutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Hanya saja, produk susu atau keju tanpa proses pasteurisasi sebaiknya dihindari. Sumber makanan jenis ini dapat memicu keracunan makanan. Ada pula risiko bakteri listeria yang dapat menyebabkan infeksi kehamilan terkandung di dalam susu tanpa pasteurisasi.
Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi jus buah yang tanpa melalui proses pasteurisasi. Produk ini sangat berisiko mengandung kuman, termasuk bakteri E. coli.

*Teh dan kopi*
Boleh dikonsumsi ibu hamil jika ibu hamil memang sudah terbiasa minum teh dan kopi dengan batas maksimal 2 cangkir/hari.
Salah satu alasannya adalah karena kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dengan mudah dan bisa berdampak pada detak jantung bayi. Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah asupan kafein ibu hamil menjadi 200 mg per hari atau sekitar 2 cangkir kopi.

*SUSU IBU HAMIL*

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia.
Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat.
Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti protein, bermacam-macam vitamin, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, mineral dan lemak. Kandungan susu ini menyesuaikan dengan kebutuhan anak bayi induknya.

Susu yang terbuat dari susu sapi dianggap merupakan sumber nutrien yang mendekati ideal, khususnya untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, di dalam susu juga terkandung kalori dari gula susu (laktosa), vitamin dan mineral. Jadi, bisa dibilang susu adalah makanan yang hampir sempurna, hingga bisa dijadikan alternatif untuk mencukupi kebutuhan tambahan makanan bagi ibu hamil.

Namun, bukan berarti ibu hamil wajib minum susu, lo. Apalagi sampai mengandalkan susu, sangat tidak dianjurkan.
Karena, susu juga punya kelemahan, yaitu kurang zat besi. Padahal, zat besi pun amat penting untuk ibu hamil.
Kekurangan zat besi dapat membuat ibu hamil mengalami anemia.

Lagi pula, bila terlalu banyak minum susu membuat kita jadi tak berselera makan makanan lain.
Susu mengandung protein, dan protein lebih lama diserap oleh lambung dibanding karbohidrat atau vitamin dan mineral. Makanya, hanya dengan minum susu, kadang sudah bikin kenyang.
Jadi, minum susu cukup 2 gelas sehari atau maksimal 500ml dan jangan mendekati waktu makan.

*Jadi, apakah wajib susu hamil? Enggak. Kalsium,protein, zat besi dan asam folat yang wajib.*
Sumber kalsium boleh dari sumber yang lain. Sumber protein juga bisa dari sumber lainnya. Sumber zat besi bisa dari sumber makanan lainnya.
Sesuai dengan selera masing-masing.
Yang paling penting adalah makan dari sumber makanan yang bervariasi.

Naah.. semoga sudah paham mengenai asupan gizi untuk ibu hamil.

Sekarang kita bahas sedikit mengenai olah raga pada saat hamil.

Berolahraga di masa kehamilan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan memperoleh persalinan yang lancar.
Menjaga kehamilan bukan berarti ibu tidak perlu banyak bergerak dan hanya beristirahat sepanjang hari. Tubuh yang aktif justru akan mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

_Beberapa alasan olah tubuh pada masa kehamilan begitu penting untuk dilakukan_:
- Membantu ibu beristirahat lebih tenang.
- Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.
- Meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan terutama saat menjalani persalinan dan setelahnya.
- Memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko depresi.
- Kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional serta tekanan darah tinggi pada saat hamil.
- Dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata/fetal macrosomia.

*Olah raga untuk Ibu Hamil*
Berjalan kaki adalah olahraga yang aman karena memberikan tekanan minimal pada sendi.
Pilihan lain adalah _yoga dan pilates khusus_ untuk ibu hamil yang dapat melatih kekuatan dan kelenturan otot.
Berenang dan bersepeda statis juga merupakan aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan. Asal olahraga tidak dilakukan berlebihan, kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat maksimal.

Selain olahraga formal, melakukan aktivitas sehari-hari seperti membereskan rumah atau *berbelanja* juga merupakan olah tubuh yang menjaga tubuh tetap aktif. Lakukan gerakan aktif minimal 30 menit sehari.

*Hal yang Perlu Diwaspadai*
Ibu hamil perlu berhenti berolahraga jika tiba-tiba mengalami hal-hal berikut:
- sakit kepala
- nyeri dada
- terjadi pendarahan atau keluarnya cairan lain dari vagina
- terjadi kontraksi terus-menerus pada rahim
- sesak napas
- detak jantung mengencang
- serta pergerakan janin yang berkurang.

Cara termudah untuk mendeteksi jika olahraga yang dilakukan telah melebihi kemampuan adalah apakah Anda masih dapat bercakap-cakap saat berolahraga. Jika Anda sudah tidak dapat bicara seperti biasa, kemungkinan Anda memaksakan diri dan perlu istirahat sejenak.

Namun demi menghindari cedera, ada beberapa jenis olahraga atau kegiatan yang sebaiknya dihindari, antara lain:
- Olahraga beregu yang banyak melibatkan kontak fisik seperti basket dan sepak bola.
- Scuba diving karena berisiko membuat bayi mengalami dekompresi dan gelembung gas dalam pembuluh darah.
- Olahraga di ketinggian dan aktivitas yang membuat Anda berisiko jatuh seperti badminton, tenis, beladiri.
- Olah tubuh yang membuat Anda berbaring lama, terutama setelah 4 bulan  kehamilan. Pembuluh darah utama yang membawa darah kembali ke jantung dapat tertekan dan membuat Anda pingsan.
- Olahraga dengan tempo cepat dan membutuhkan perubahan pergerakan tubuh dengan cepat seperti melompat atau sit up.

Selain itu, meski olah tubuh penting dilakukan, namun ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat ibu hamil sebaiknya hati-hati saat berolahraga atau bahkan menghindari olahraga.
Antara lain mengalami:
- Gangguan pada leher rahim.
- Tekanan darah tinggi saat hamil.
- Menderita penyakit jantung dan paru, nyeri sendi, anemia, diabetes yang tidak tertangani dengan baik.
- Pernah atau berisiko mengalami persalinan prematur.
- Pernah mengalami keguguran 2 kali atau lebih.
- Pendarahan atau bercak darah.
- Leher rahim atau serviks yang lemah.
- Plasenta yang berposisi rendah di rahim.
Sebelum berolahraga, *periksakan diri ke dokter terlebih dahulu* jika Ibu mengidap kondisi-kondisi di atas.

*Panduan Berolahraga*
Berolahraga di waktu hamil memerlukan kehati-hatian ekstra. Jika sebelum hamil Ibu tidak rutin berolahraga, sebaiknya awali latihan dengan durasi singkat, mulai dari 10 hingga 15 menit dan kemudian meningkat perlahan-lahan ke 30 menit per hari.

*Beberapa tips untuk berolahraga saat hamil*:
- Kenakan pakaian longgar dan bra yang dapat menyangga payudara dengan baik. Juga gunakan sepatu olahraga yang dapat melindungi Anda dari cedera.
- Makanlah cukup kalori maksimal sejam sebelum olahraga.
- Selalu lakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya.
- Lakukan olah tubuh dengan pijakan kaki pada permukaan yang rata untuk mencegah cedera.
- Saat beralih dari posisi duduk ke berdiri, lakukan pergerakan perlahan untuk mencegah kepala pusing.
- Hindari diri dari dehidrasi dengan mengonsumsi cukup cairan.
- Jika ibu mengikuti kelas tertentu seperti yoga atau pilates untuk ibu hamil, pastikan ibu berlatih di bawah panduan instruktur ahli.
-
Jika dipadukan dengan pola makan sehat, tidur yang cukup dan menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok, berolahraga di masa kehamilan dapat membuat ibu hamil tetap prima, terutama saat dan setelah melahirkan.

๐Ÿ“’ *TANYA JAWAB* ๐Ÿ“’
๐Ÿ™‹uti
๐ŸจMakasii infonya bermanfaat skli budoknis.. Kira2 masuk usia kandungan brp br diperbolehkan olahraga budoknis?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Dari awal kehamilan sudah boleh mom. Bisa dimulai dari berjalan kaki.

๐Ÿ™‹๐Ÿปarin
๐Ÿ’ฆ
Dokter kemarin saya sempat ikut berdiskusi masalah susu di salah satu grup diskusi kehamilan dan bayi.
Ada pembahasan bahwa bumil tidak boleh konsumsi susi kedelai terlalu sering karna bisa berpengaruh terhadap perilakunya ketika dewasa. Contohnya kalau laki" jd lemah gemulai dan perempuan tomboy. Benarkah itu dok?

 *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Susu kedelai itu mengandung phyto-estrogen. Estrogen dikenal sebagai hormon wanita. Tapi phyto-estrogen dalam kedelai baru akan mempengaruhi jika kedelai/sari kedelai diminum secara rutin dan dalam jumlah banyak (>1 liter) perharinya.

Jadi konsumsi susu kedelai secukupnya dan tetap bergantian dengan sumber makanan yang lain.

๐Ÿ™‹Putri I. Rahayu
๐Ÿ’Ž
1. Saat kehamilan usia kandungan 12w saya gak bisa minum vitamin asam folat apapun. Mulai dr asan folat murni, blackmores, folamil genio, dan banyak merk lain nya. Karna setiap habis minum asam folat tiba2 kepala ku pusing parah juga mual. Saya hanya konsumsi banyak brokoli. Apakah dengan hanya mengkonsumsi brokoli itu mencukupi ? Karna saya juga mabok saat konsumsi ikan2an. Kira2 kondisi seperti itu berjalan kurang lebih selama 4 minggu.

2. Apakah boleh susu hamil di ganti dengan konsumsi susu bear brand ?

3. Jika kehamilan sudah menginjak 24w, berapa maksimal kebutuhan asam folat per hari ?

4. Bolehkah ibu hamil konsumsi vitamin minyak ikan ?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
 1. Konsumsi makanan alami lebih baik dibanding dengan suplement tambahan. Jika memang lebih bisa masuk brokoli dan sumber asam folat lainnya yaa gpp.
Suplemen itu sebenernya sifatnya tambahan jika ibu kesulitan untuk makan makanan alami sesuai jumlah yang dibutuhkan.

2. Susu hamil sebenernya hanya ada disini. Susu boleh apapun yang ibu sukai dan tidak ada gejala alergi/intoleransi.

3. Kebutuhan asam folat pada ibu hamil sekitar 400 mikrogram.

4. Silakan saja. Selama tidak ada gejala alergi.

๐Ÿ™‹ Fani
๐Ÿ€Budoknis, kalau pas hamil tetiba gigi tanggal itu boleh ditambal nggak yah?
Soalnya dulu pas hamil, geraham kiri tanggal seperempat๐Ÿ˜…, itu kurang kalsium banget ya budoknis? Kalau sudah minum susu bumil boleh tambah susu calci lain atau cukup dr kacang2an n sayuran ajah? Nuhun budoknis sebelumnya n maacih umod ๐Ÿ˜˜

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Gigi tanggal/bolong/patah, konsultasikan ke dokter gigi.
Harus dilakukan perawatan untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.
Tindakannya akan dilakukan dengan mempertimbangkan risk vs benefitnya.

Boleh minum susu apapun yang ibu sukai.

 ๐Ÿ™‹ choir
๐Ÿ“ท  tentang olahraga saat hamil budoknis,  saat ini saya sedang hamil 10w kehamilan kedua,  dari kehamilan pertama udah pengen banget olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saat hamil tapi saat itu saya sering mengalami flek dan pendarahan,  dan diharuskan bedrest sampai 4 bulan pertama, dan mengqlami persalinan prematur pada usia 26w jadi blm pernah sama sekali melakukan olahraga baik jalan2 santai atau yg lainnya.  Naaahhh...  Yang ingin saya tanyakan,
1. Apakah di kehamilan kedua ini saya aman untuk melakukan olahraga dan jika boleh harus dimulai dari yg seperti apa agar aman untuk saya dan janin?
2. Saya sangat suka makan tape,  apakah aman jika dimakan saat hamil muda budokt? ๐Ÿ˜‚  karena saya jg punya riwayat keputihan pada kehamilan pertama dan sampai sekarang masih ada

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ

1. Untuk kasus mom choir, dengan adanya riwayat ngeflek, pendarahan dan kelahiran prematur, untuk olahraga harus dikonsultasikan dengan nakes (bidan/dokter) yang menangani langsung.
Aman tidaknya bisa dinilai dari pemeriksaan kondisi kehamilan saat ini.

2. Tape ketan yaa maksudnya? Tape ini jika sudah terfermentasi jadi mengandung alkohol kan. Jadi silakan konsumsi untuk menghilangkan rasa penasaran saja. 1-2 colek.
Tape ketan ini tidak berhubungan dengan keputihan.
Tapi jika keputihanny sangat banyak dan mengganggu, segera konsultAsikan dengan nakes yaa mom.

๐Ÿ– Choir
๐Ÿ“ท
1. Oooh..  Harus konsultasi tentang kehamilan yg sekarang ya budokt?  Soalnya saya jg mudah lelah dan jantung berdebar cepat klo bekerja agak berat.
Siaapp nanti akan dikonsultasikan ๐Ÿ˜Š
2. Hanya boleh nyicip dikit ya dokt? ๐Ÿ˜‚  padahal biasanya bisa makan 2-3 bungkus..  Hehe
Untuk keputihan,  mnggu kmrn sdh konsul dan diberi antibiotik budokt (metronidazol)

Terimakasih penjelasannya budoktnis ๐Ÿ™๐Ÿ˜

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
 Iyaa.. jelas harus dikonsultasikan dengan adanya riwayat khusus dikehamilan sebelumnya.

Yaa nyicip sebungkus laah cukup. Ngga setiap hari juga kan. ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ– Aisyah
๐Ÿ™ Begitu juga dengan durian ya budok,  setelah makan durian 6 biji,  perut saya terasa panas..  Jd khawatir sama janin..

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Iyaa. Selama kehamilan sehat dan tidak ada riwayat masalah di kehamilan sebelumnya, ibu hamil diperbolehkan makan apapun, dengan catatan tidak berlebihan dan dalam kondisi matang.Tape boleh, durian boleh, teh boleh, kopi boleh, alkohol boleh (sesuai dengan kepercayaan yaa), buah nanas boleh.

๐Ÿ– Mama
๐ŸพNanas boleh?? Beneran??

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Iyaa boleh, asalkan tidak punya riwayat alergi, bukan yang masih muda dan dimakan secukupnya.

Nanas mengandung enzim bromelain yang diduga dapat melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Namun, untuk mendapatkan efek bromelain tersebut, ibu hamil butuh mengonsumsi sekitar 7 buah nanas.
Dan enzim bromelain ini lebih banyak pada nanas muda dan didalam inti nanas.

๐Ÿ– Aisyah
๐Ÿ™Jadi durian muda juga ga Bagus budok? ๐Ÿคฆ‍♀

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
 Emang enak durian muda? Baru denger. ๐Ÿ˜

๐Ÿ– Aisyah
๐Ÿ™Yg setengah mateng itu lo budok..  Enak...  Saya ada pohonnya dikampung,  jadi pas jatuh lansung dibelah๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„ rasanya ruar biasa budok..  Klau lagi ga hamil saya bisa habis satu buah utuh,  padahal itu durian jumbo..  ๐Ÿ˜†๐Ÿคฆ‍♀

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
 ๐Ÿ˜‚ blm pernah nyobain mom. Tapi aku suka durian sih. Pas hamil dapet durian fak-fak enak. Sehari nyicip sebutir. ๐Ÿ˜

๐Ÿ– Putri I. Rahayu
๐Ÿ’Ž Budoknis kalau sehari minum asam folat lebih dari 400mikogram itu gimana ?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Kelebihan asam folat,menurut beberapa penelitian meningkatkan resiko anak terlahir dengan kondisi autisme.
Bisa menyebabkan gangguan tidur dan juga hipertensi.

 ๐Ÿ™‹๐Ÿป Nisa
๐ŸŒนMau bertanya bu dok nis :
1. Selama hamil sampai sekarang di uk 37 minggu porsi makan tidak bertambah. Terutama porsi nasi setiap kali makan tidak lebih dr 2 centong nasi. Tapi untuk sayur dan ikan sy makan agak banyak. Apa itu tidak masalah bu dok? Karena sy sering di tegur sm orang tua kalau porsi makan sy sedikit padahal harusnya kalau hamil itu makan lebih banyak. Sepengetahuan orang tua.

2. Apa jalan kaki di dalam rumah saja sudah termasuk olah raga? Setiap pagi sy usahakan jalan di sekitar rumah bolak balik dok.

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ

Porsi karbohidrat tidak bertambahn tidak apa-apa, selama kalorinya dipenuhi dari protein dan lemak. misal tidak bisa makan nasi, berarti harus ada asupan tambahan telur/kentang/alpukat/pisang.
Asupan tambahan kalori harian sekitar 300-400 kkal, disesuaikan juga dengan indeks massa tubuh ibu.

Jalan kaki sudah termasuk olah raga. Jika bisa ditargetkan sehari 30 menit, sudah cukup bagus bu.

๐Ÿ™‹๐Ÿพ dine
๐Ÿ’Halo dok saya dine skr sdg hamil anak ke 2 usia detun 15w+ dan udh naik 7kg ๐Ÿ˜ญ. Wkt hamil pertama kenaikan bb saya selama hamil 24kg dan itu termasuk kategori obesitas kata dsog. Nah pertanyaannya Apakah ada contoh menu diet utk bumil yg sehat serta dpt memenuhi gizi detun? Dimulai dari sarapan sampai makan malam?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Halo mom dine.
Definisi dietnya dibaca lagi yaa. ๐Ÿ˜Š

Jika ibu sudah masuk ke kategori obesitas, pola makan yang ibu lakukan sebaiknya diawasi oleh ahli gizi. Nanti akan dihitung berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, kebutuhan kalori harian dan contoh-contoh menunya.
Menu diet ini akan berbeda pada tiap ibu dan mohon maaf, karena ilmu gizi saya masih terbatas, saya menyarankan ibu untuk langsung bertemu ahli gizi. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿป

Tapi yang jelas, untuk menjaga berat badan, ibu harus mulai berolahraga ringan.

๐Ÿ™‹๐Ÿป nurul
๐Ÿ“kmren saya hamil 35 week dok,  krn kontraksi kenceng kayak lahiran d suruh bed rest d rAs smbil d kasih obat penguat paru. Alhamdulillah skrg udah d rmah lg dok dg catt masih d suruh bed rest

2. Berat bayi skrg 2,7 gram klw msalnya lahiran d week 35-36 apakah bayi nya tetep masuk inkubator dok setelah d kasih penguat paru?

3. Posisi tidur skrg makin g nyaman dok. Miring kiri terlalu lama bisa bikin pegel,  kdg saya telentang miring kanan biar nyaman. Smntara d gambar yg d kirim ktnya hrus miring kiri dok.  Apa berpengaruh buruk k janin klo msalnya g k kiri?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
1. Penguat/pematang paru itu untuk memperkecil risiko permasalah paru jika anak terpaksa lahir prematur. Bukan berarti boleh lahir kapan saja, tapi ini tindakan pencegahan komplikasi yang lebih berat.

2. Inkubator itu berguna untuk menghangatkan anak. Perlu tidaknya masuk inkubator tetap tergantung dengan kondisi anaknya.

3. Anjuran tidur miring kekiri ini karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi agar mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal lewat plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan.

Tidur miring kanan pun boleh saja, asal tetap berganti-ganti posisinya.
Tidak ada efek buruknya, hanya memaksimalkan saja.

๐Ÿ™‹๐Ÿป irul khasanah
๐ŸŒบassalamualaikum..
mau tanya bu dok,,
1. sya hamil dgn uk 24+ mnggu.. sejak usia kndungan 20an mnggu sya suka berenang.. tp kta saudara ada yg melarang,, apalgi dr awal kehamilan BB sya cenderung turun smpai uk 4,5 bulan an.. krn awal kehamilan sempat sering sakit smpai cuti kerja (dr mual muntah, asma,  gondongan,  demam dll.. ๐Ÿค• hhehe) pertanyaannya, *bgmna dg OR berenang bagi sya ni? (sekarang BB udah naik skitar 7kg, dan sudah tdak mual muntah)*

2. kira2 yg efektif buat jaga kekebalan tubuh bumil itu dr konsumsi mkanan ny atau apa ya bu dok?
3.  masalah gigi berlubang saat hamil resiko nya apa aja ya dok?  *apakah sangat berbahaya*? krn mau ke dkter gigi agak trauma pas mau cabut gigi sblum hamil dlu..

sebelumnya makasih budok & adminahs ๐Ÿ˜Š☺๐Ÿ™๐Ÿฝ

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
 1. Berenang ini yang jadi pro-kontranya adalah kandungan klorin dalam air kolamnya. Jika bisa dipastikan kandungan klotin dalam air kolamnya, berenang sangat baik.
Masalah sakit di awal kehamilan, saran saya, pantau lebih ketat mengenai tumbuh kembang janinnya. Jangan sepelekan demam diawal kehamilan walaupun hanya flu like sindrome (batuk, pilek, demam)

2. Makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan.

3. Gigi berlubang bisa jadi jalan masuk infeksi bakteri. Dan jika bakterinya menyebar ke dalam darah, bisa mengganggu kehamilan.

๐Ÿ– Irul
๐ŸŒบ1. pas renang pernah keminum air kolam nya,,  ๐Ÿ˜…(cz renangny blum mahir2 amat ๐Ÿ˜…)  tp tdak tau kolam ber klorin tdak.. bahaya klorin buat bumil apa ya budok apalagi klo smpe tertelan?
2. vit C sya suka emut dr (maaf nyebut produk boleh ndak ya...)  *vicee 500mg* klo tdk salah.. aman tidak ya budok?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
Dari salah satu referensi yang pernah saya baca, Klorin di kolam renang bisa menyebabkan keguguran, berat badan lahir rendah, dan gangguan kongenital. Tapi  penelitiannya juga masih perlu dilanjutkan lebih dalam lagi.

2. Vit C relatif aman untuk ibu hamil.

๐Ÿ™‹๐Ÿป Laila
๐Ÿซ budok saya sekarang hamil kedua usia 31w+,yang pertama keguguran usia 12w, dikuret dok. Yang saya tanyakan
1. Kemarin perut melilit, kayak mules2 gitu dok tapi bukan karna diare, makanan juga tidak ada yang aneh, apa itu kontraksi dok? Terus saya gimana dok?
2. Saya akhir2 ini suka manis2, pengen nya nyemil yang manis2, saya takut katanya bikin bayi besar dok, apa benar? Lalu berapa seharusnya batasan makanan manis dalam sehari dok?
3. Ma'af budok pertanyaan ketiga agak nyelempang, pd saya sekitar usia 28w sudah mengeluarkan cairan putih encdr dok, apa itu asi? Sekarang semakin banyak trus warnanya putih pekat dok, kena pencet sedikit, langsung keluar, apa itu normal dok? Kira2 penyebabnya apa dok?
Ma'af budok, masih awam tentang bumil ๐Ÿ™๐Ÿป

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
1. Kontraksi biasanya disertai dengan perut yang mengencang.

2. Makanan manis bisa menyebabkan bayi besar. Anjuran konsumsi gula harian tidak lebih dari 25gr/hari. Jadi perkirakan saja dari asupan apa yang sudah ibu konsumsi.

3. Hal ini wajar dan normal. Ada beberapa ibu yang asinya sudah merembes saat hamil dan ada juga yang sama sekali tidak merembes. 2-2nya *wajar* jadi ibu jangan khawatir.

✋๐Ÿป Laila
๐Ÿซ tanggapan budok
Berarti saya kontraksi, karna perut kaku dok. Apa wajar dok? Apa bisa menyebabkan lahir prematur dok?
Apakah harus minum obat penguat kandungan dok?

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
31w sudah mulai kontraksi rasanya terlalu cepat, dan bisa menyebabkan lahir prematur. Konsultasikan langsung dengan nakes yaa mom.

๐Ÿ– Annisa
⏰ menanggapi bu dok :
Kalau dinyatakan dlm jumlah misalnya buah alpukat atau pisang 300-400 kkal itu berapa buah dok?
 ๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ
  Alpukat itu kurang lebih 160 kalori dalam 100gramnya. Atau 320 kalori perbuahnya.

Kalo pisang, sekitar 80-90 kalori perbuahnya.

Perhitungan kalori ini mesti buka buku lagi. ๐Ÿ˜

๐Ÿ– puji
๐ŸŒบ tanggapan bu dok,  tapi berupa pertanyaan lagi sih yaa๐Ÿ™ˆ,  kalo berenang kan pro kontra dengan klorin yaA. Jika bumil berendam di (sumber) air panas (air hangat)  apa boleh?
 Ada yg bilang sama sekali ga boleh dan ada bilang "kalo sudah 28w ga masalah, boleh boleh saja"  pendapat bu dok gimana? Maaf kalo diluar jalur atau sudah ada yg nanya ya,  sistemnya membaca cepat,yg kalo lupa tinggal geser ke atas

๐Ÿ’ซ *Jawaban* ๐Ÿ’ซ

 Berendam di air hangat boleh, asalkan tidak lebih dari 10 menit dan suhu maksimalnya 36,6.
Berendam di air panas tidak boleh.

Resiko berendam di air panas ini bisa meningkatkan resiko hipertermia, dan jika terjadi hipertermia rentan terjadi keguguran/lahir prematur.

 〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
 ๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…
                   〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
๐Ÿ‘ฅFP : Facebook.com/learningmamaavying
๐Ÿ“ทInstagram : Instagram.com/Learningmama.indonesia
Web: www.komunitaslearningmama.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram