Mama Kece Menulis





Kuliah Whatsapp Learning Mama

📕Tema: MAMA KECE MENULIS

💐👸Narasumber: Anilawati Nurwakhidin

🗓Waktu: Selasa, 14 Movember 2017

⏰ 12.00 - 13.45 WIB

🎙 moderator :
1) Mama Nurul
2) Mama Octy
3) Mama Kiran

📝 notulen :
1) Mama Fitri (Bunda n2)
2) Mama Mia


Curriculum Vitae Narasumber

✨ Nama lengkap : Anilawati Nurwakhidin

✨ FB / IG / WEBSITE:

Blog: berbagiceritaceritaseru.blogspot.com
Fb: Anilawati Nurwakhidin
Twitter: anil_nw
Instagram: anil_nw
anilawati.nurwakhidin@gmail.com

✨ Pendidikan :
2000 - 2005 Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia

 ✨Pengalaman :
2016 Program Manager Creative Net, Riset Indie – Hivos
2008 – 2013 Coordinator Zero Waste Lifestyle Trainer Program, YPBB
Generating program for Training for Trainers. Have trained 20 trainers.
2014 - present Campaign Team of #BdgTolakInsinerator, YPBB
2010 - 2012 Koordinator Program Zero Waste Community, YPBB
· Manage zero waste community, generating monthly meeting program for zero waste
lifestyle training alumni to strengthen the zero waste spirit.
2009 - 2012 Program Team in Markinon (Mari Kita Nonton dan Diskusi tentang Lingkungan), YPBB
2007 - 2012 Koordinator Program Kereta Kota (Kegiatan rekreasi dan edukasi di taman kota), YPBB
· Manage education and recreational program at city parks. Managing 50 volunteers.
2009 - 2011 Sosial Team in Biodigester community development program at three sites in Lembang
area, YPBB
2007 - 2008 Volunteer Coordinator at Zero Waste Event in UPLINK (Urban Poor Linkage) Yearly
Meeting, YPBB
2006 - 2008 Pelita Kota (Pendidikan Lingkungan di Taman Kota) Program Coordinator, YPBB
2006 - 2008 Klub Lingkungan Program Coordinator, YPBB

✨Pengalaman Seminar :
2015 Facilitator Foodlab Program, Riset Indie – Hivos
2015 Facilitator Program Creative Net, Riset Indie – Hivos
2008 - present Trainer Zero Waste Lifestyle Training, YPBB
2008 - present Trainer Sustainable Development Training, YPBB
2008 - present Trainer The Dangers of Food Additives Training, YPBB
2008 - present Zero Waste Event Workshop, YPBB
2006 - 2011 Facilitator Bridging Leadership Program (BLP) untuk para calon pemimpin di Aceh
2008 Tim Operasional di pelatihan guru (kerjasama YPBB dengan Hanns Seidel Foundation)
2009 - 2013 Operational Team in serial of Papua Local Government workshops organized by YPBB
Responsible for note takers and tools
2009 - 2013 Group Facilitator in serial of Papua Local Government workshops organized by YPBB

✨Penghargaan :
2012 Wanita Inspiratif Jawa Barat bidang sosial dari Netty Awards

✨Latar Belakang Organisasi :
2013- present Anggota tim kesekretariatan Forum Bandung Juara Bebas Sampah
2013 Koordinator Divisi Medsos #angkotDay
2010-2011 Anggota tim manajemen Forum Hijau Bandung
2006-2007 Associate KAIL (Kuncup Padang Ilalang)
2005 Relawan YPBB (Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi) 2005
2003-2004 Tim bidang kemahasiswaan (dana usaha) HMBF UPI (Himpunan Mahasiswa Biologi
Formica)

🎶 *SELAYANG PANDANG*🎶

❤ _*SELAYANG PANDANG*_ ❤

*kuliah whatsapp mama kece menulis*

_Ingin rutin nulis di blog tapi rasanya banyak hambatan?_ 🤔

_Kenapa coba alasannya? Kalau didata, mungkin kita gak akan nemu sampai 100 alasan "mengapa saya tidak menulis" kan?_ 🙄

```Jadi gini ibu-ibu, kalau ingin mulai rutin menulis, dengan tujuan apapun, bercerminlah ke saya. Saya dulu orang sangat hobi ngomong dan bercerita (sampai sekarang masih sih heheh) tapi sama sekali gak pernah nulis. Budayanya lisan banget. Dan di kemudian hari saya baru merasa agak menyesal karena gak sempat mendokumentasikan berbagai peristiwa penting yang telah terlewati. Sayang sekali ada pembelajaran yang kemudian terlewat untuk dipetik dan mungkin ada hal-hal penting pula yang sesungguhnya dapat dibagikan ke lebih banyak orang.```

_Masa lalu biarlah berlalu, yang penting saat ini saya sudah menjadi manusia mencoba yang lebih baik dari kemarin. Sekarang saya punya media lain yang juga dapat menyebarkan cerita saya tersebut, pada orang yang bahkan tak bertemu dan bisa kapanpun disebarkannya._

*Media tersebut adalah tulisan di blog.* ✍🏻

_Bagaimana saya akhirnya mulai menulis_
_Dan bagaimana akhirnya saya akhirnya (berupaya) rutin menulis? Dan mengapa sampai akhirnya berdiri komunitas 1minggu1cerita? Saya akan berbagi pengalaman seru dan jatuh bangunnya di acara kulwap hari selasa._

_*Pengalaman hidup kita semua luar biasa!*_
_*Tapi keterbatasan ruang dan waktu membatasi kita untuk menyebarkannya.*_

```Yuk, jadi bloger untuk memperbesar pengaruh kekuatan pengalaman kita tersebut!```

💐 Perkenalkan saya Anilawati Nurwakhidin, biasa dipanggil Anil. Tahun ini saya sedang jadi trainer dan freelacer fasilitator, admin medsos YPBB (lembaga yang mengkampanyekan gaya hidup organis),
admin 1minggu1cerita dan ibu rumah tangga.

Aktivitas tahun ini rada berkurang gak segila 10 tahun kebelakang. Orang-orang menjuluki saya sebagai aktivis lingkungan khususnya di isu pengurangan sampah alias Zero Waste. Mengapa demikian? Pekerjaan saya di YPBB memang dari tahun
2005-2016 di divisi kampanye Zero Waste YPBB.

Pengalaman saya cukup seruuuuu dan banyakkk. Tapi ya itu deh, *saya sangat berbudaya lisan* . Aneka pengalaman seru tersebut disebarkan melalui pertemuan formal dan informal, online dan offline.
Dan sesungguhnya jangkauan saya dengan metode tersebut, relatif terbatas. Tapi hal tersebut terjadi tanpa disadari. Jadi saya asik aja dalam budaya lisan tersebut.

Sampai pada suatu hari, ada teman saya (Kiki) yang menyarankan kepada saya untuk mulai menuliskan pengalaman-pengalaman yang sudah saya lewati. Sayang kalau terlewatkan begitu saja. Nah, saya kan
orangnya suka males-malesan, jadi saran tersebut awalnya diabaikan, namun lama-kelamaan kepikiran.

Dan akhirnya terlahir tulisan perdana saya yang berjudul *Musuhan dengan Kertas Nasi*. Saya kabita (tergiur) dengan jejak teman saya (Samsul) yang sebelumnya sudah rutin menulis melalui platform Kompasiana dan tulisan-tulisannya banyak yang baca. Maka saya mempublikasikan tulisan tersebut di Kompasiana.

Motivasi saya saat itu adalah hanya ingin belajar nulis, sehingga bisa menyebar virus tak hanya lewat budaya lisan saja. Dan teryata tulisan perdana saya naik menjadi HEADLINE. Ini sebuah posisi bergengsi di Kompasiana karena bisa nangkring beberapa jam di halaman depan Kompasiana sehingga peluang dibacanya jadi lebih besar. Dan yang baca cukup banyaaak dan yang komen juga banyaaakk. Peluang emas nih berarti untuk menyebarkan pengalaman dan semangat yang ingin saya kampanyekan.

Sejak itu saya mencoba menulis beberapa kali tentang isu lingkungan di Kompasiana. Singkat kata, beberapa tahun kemudian, saya dikontak Kompas TV untuk diliput untuk acara Cerita Indonesia. Ihiy, masuk TV!

Cerita *masuk TV* lengkapnya bisa diintip di http://berbagiceritaceritaseru.blogspot.co.id/2016/01/hari-11-teruntuk-teman-temanku.html

Nah, tapi saya gak terlalu lama nulis di Kompasiana. Tertantang dengan proyek #30haribercerita, saya lalu berpindah ke platform blogspot, tepatnya berbagiceritaceritaseru.blogspot.com. Tantangan #30haribercerita sempat saya ikuti 2 kali berturut-turut tapi belum pernah beneran nulis 30 kali sih. Tapi sangat lumayan menaikkan semangat menulis.

Kalau teman-teman lihat di blog saya, jumlah tulisan pun tak terlalu banyak.

Tapi minimal ada beberapa peristiwa penting dalam hidup yang terdokumentasi dan syukur-syukur bisa bermanfaat bagi yang kebetulan membacanya.

Jadi, apakah menulis itu susah?
Tentunya SUSAH kalau tak dimulai.
Dan tadi saya telah menuturkan bagaimana kisah saya saat mencoba memulai budaya
menulis.

Nah, saya sekarang akan ceritakan tentang 1minggu1cerita!

Saya bersama dengan beberapa teman mendirikan komunitas ini karena saat itu medsos lagi gencar-gencarnya dan budaya ngeblog mulai ditinggalkan. Padahal tulisan di blog (biasanya) lebih detil dan mendalam dibandingkan sebaris-sebaris singkat di medsos. Jadi #1minggu1cerita dibangun sebagai support group untuk membuat blogger rutin nulis minimal 1 minggu 1 cerita.

Tentang terbentuknya 1m1c silakan intip di https://www.1minggu1cerita.id/about-1m1c/

Oiya, sesungguhnya kalau buat saya sendiri sih tujuannya: SUPAYA SAYA SENDIRI RUTIN NULIS. Tujuan yang sangat personal. Ya, syukur-syukur bisa bermanfaat buat member yang lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dari masa ke masa, dicoba disusun aturan main dan dibuat sarana-sarana penunjang untuk membantu para member sehingga bisa beneran rajin nulis di blognya.

Sarana tersebut seperti:
1) Batas akhir penyetoran tulisan per minggu
2) Cara setoran tulisan yang memudahkan member (terkini menggunakan aplilkasi berbasis android - belum ada untuk Ios)
3) Web
4) Tulisan bertema sebulan sekali
5) Giveaway dari dan untuk member
6) Grup whatsapp
7) Medsos: Facebook, Twitter dan Instagram
8) DIKELUARKAN dari program kalau 6 kali berturut-turut gak setor alias BOLOS.

Komunitas yang sudah dibangun bersama teman-teman dari sejak 2014 ini tentunya sempat mengalami masa jatuh bangun. Kebersamaan dengan para admin lah yang akhirnya masih membuat 1minggu1cerita masih ada dan berkembang sampai hari ini.

Nah, kalau mau MEMULAI KEBIASAAN NULIS dan MENYEBARKAN BERBAGAI PENGALAMAN SERU yang pernah dialami, maka mulailah menjadi BLOGGER.

Dan supaya blognya gak hampa, maka rutinlah menulis dan 1minggu1cerita bisa jadi sarana untuk MEMULAINYA.

Sampai saat ini ada 177 member yang terdaftar di 1minggu1cerita dan akan bertambah  (mungkin) dengan dari beberapa peserta kulwap hari ini!

Pendaftaran #1minggu1cerita terbuka sepanjang tahun, silakan ajak juga teman, saudara, keluarga, pasangan untuk bergabung ya.

Selengkapnya tentang 1minggu1cerita:
Twitter: @1mg1cerita
Grup Facebook: https://www.facebook.com/groups/1minggu1ceritaKita/
Instagram @1minggu1cerita
Web: 1minggu1cerita.com

💌 *TANYA JAWAB* 💌

🙋Bunda n2
💍Teh Anil, jujur saya kehilangan semangat *menulis panjang* di Blog sejak hamil-lanjut sampe melahirkan. masih nulis sih, tapi di caption Instagram🙈
trus sekarang baru tau ada program #1Minggu1Cerita dan *PENGEN BANGET* ikut.Caranya gimana teh? Oya teh, sebelumnya kalo berkenan intip2 blog saya di catatancintanajma.wordpress.com #PromosiTerselubung😁

Jawaban:
🎓Oke kujawab cara daftar 1minggu1cerita duluyah:
1. masuk dan intip2 dulu web: https://www.1minggu1cerita.id/
2. lalu masuk ke link https://member.1minggu1cerita.id/registrasi

nanti otomatis masuk database 1minggu1cerita dan secara manual akan dimasukkan ke grup wasap (bagi yang memilih untuk bergrup - boleh engga juga) laluuuuuu, mulai deh setor tulisan ✅

💁 mom Siti
✋ teh anil, saya suka nulis (curhat di buku diary). Tapi kalo untuk nulis di blog saya ga pede. Karena bahasanya masih belepotan.
1. Gimana caranya biar saya bisa pede dalam menulis?
2. Gimana caranya biar apa yang mau ditulis itu benar2 tertuang dalam sebuah tulisan?
Kadang ide udah ngumpul di kepala, tapi pas mau nulis malah mentok. Dan akhirnya ga jadi nulis😂

Jawaban:
🎓Untuk Mom Siti
1. Gimana caranya biar saya bisa pede dalam menulis?
Mulai nulis aja teh. Apa yang kebayang di kepala, mulai ditulis. *jangan diedit*, karena begitu ada udat-edit, biasanya akhirnya ga jadi nulis
Termasuk: jangan pikirkan dulu, aduh nanti gimana ya kata pembaca.
Itu biasanya disebut teknik menulis cepat, untuk menghilangkan berbagai keraguan untuk mulai menulis
2. Gimana caranya biar apa yang mau ditulis itu benar2 tertuang dalam sebuah tulisan?
Ditulis aja secara rutin. Kuncinya hanyalah di rutin.

Banyak berbagai tehnik menulis, tapi kalau gak rutin dilakukan, itu semua hanyalah menjadi teori yang mengapung-apung 🤗🤗

Mungkin saat di awal tulisan kita kurang memuaskan, dilatih rutin aja. Dan nanti rasakan keajaibannya!✅

🙋dewi
🐝1. Kalau 1mgg1crt apakah cerita tiap mggu bersambung atau bisa beda2 tema?
2. Sebenarnya sy pun sdh pernah mencoba utk menulis yg sy share ke teman2 dekat saja karena sy msh malu dgn kualitas tulisan sy, bagaimana menghilangkan rasa malu itu ya?
3. Selain itu sy jg terkendala ketika banyak hal yg terlintas di pikiran utk menulis tp waktu tdk memungkinkan utk menulis, misal lg di kantor atau lg nemenin anak. Ketika sdh ada waktu luang lalu berusaha mengingat kembali seperti apa yg terlintas sebelumnya ternyata itu tdk mudah bagi sy... Mungkin ada tips dari teh ani jika hal itu terjadi?

Jawaban:
🎓untuk mom dewi hamidah
1. Kalau 1mgg1crt apakah cerita tiap mggu bersambung atau bisa beda2 tema?
Tema tulisan setoran bebas. Sesuai dengan minat masing-masing.
Namun, setiap sebulan sekali (biasanya minggu 1) ada tema yang dikeluarkan oleh admin

2. Sebenarnya sy pun sdh pernah mencoba utk menulis yg sy share ke teman2 dekat saja karena sy msh malu dgn kualitas tulisan sy, bagaimana menghilangkan rasa malu itu ya?
Mungkin salah satu kelebihan saya adalah: gak punya rasa malu~~
Jadi saya sih cuek aja share tulisan di medsos dll kalau saya rasa tulisan itu penting untuk dibagi.
Jadi jawabannya adalah: share ajaaa. Akan ada orang yang kita tak sangka ternyata membutuhkan info dari tulisan kita
3. Selain itu sy jg terkendala ketika banyak hal yg terlintas di pikiran utk menulis tp waktu tdk memungkinkan utk menulis, misal lg di kantor atau lg nemenin anak. Ketika sdh ada waktu luang lalu berusaha mengingat kembali seperti apa yg terlintas sebelumnya ternyata itu tdk mudah bagi sy... Mungkin ada tips dari teh ani jika hal itu terjadi?
Biasanya supaya ide tak terbang, biasanya saya catet dulu kata kuncinya di note HP✅

🐝tanggapan
Iya teh, sy pun kalau menulis pakai office di hp,, tapi sy masih terkendala ketika mengingat kembali, karena saat ide2 itu dtg, tdk memungkinkan bagi sy utk pegang hp

🎓 *Menanggapi:*
saya biasanya sih sambil nulis emang sambil nginget2 teh.
jadi tak apa~

✋🏻tresna
📝 aku mau tanya:
1. webnya bebas atau harus blogspot? sebab aku punya blogspot dannnnnn ga pernah aku buka semenjak 2009 ahahah ga tau juga deh masi aktif apa ngga

2. untuk tulisannya ada screening unsur plagiarisme atau gmn teh?

3. kalo misal setor tulisan,,itu nanti disetor tulisannya di grup wa atau link dr blognya aja?

Jawaban:
🎓untuk mom tresna yussri:
1. webnya bebas atau harus blogspot? sebab aku punya blogspot dannnnnn ga pernah aku buka semenjak 2009 ahahah ga tau juga deh masi aktif apa ngga
Apa aja, yang penting web/blog milik sendiri

2. untuk tulisannya ada screening unsur plagiarisme atau gmn teh?
tak ada, isi dalam tanggung jawab penulis

3. kalo misal setor tulisan,,itu nanti disetor tulisannya di grup wa atau link dr blognya aja?

Setor yang wajib via web atau aplikasi (pilih salah satu saja)
Anjuran: share juga setoran di medsos dan grup WA ✅

✋🏻Rissa
🌷🌷Mau curhat dulu nih. Saya senang bgt nulis dr sejak zaman SMA, pernah bikin blog, tumblr, WordPress jg.. Tp niat nulis itu musiman, kalau lg seneng nulis, nuliiiis terus, kalau lg males bisa sampe sebulan bahkan setahun gk nulis2. 😅.
Sy lebih suka nulis itu ttg pengalaman sy, jdi lbh terasa gt nulisnya.. Misal pengalaman gimana membuat bayi tidur dgn jadwal seimbang..
Nah, kendala saat sy nulis itu di minder teh, takut dibilang sok pinter, takut dibilang sok bener, pokonya 1000 ketakutan muncul saat mau nulis, 😆😭.
Gimana nih teh treatment nya biar gk gampang takut? 👻👻

Jawaban:
🎓untuk mom Rissa,
Gimana nih teh treatment nya biar gk gampang takut? 👻👻
Biar ga jadi beban, anggap aja nulis di blog adalah untuk kepentingan pendokumentasian

syukur2 kemudian ada yang baca atau bahkan cari info terkait dan ternyata bermanfaat buat mereka

jadi taperlu takut. DERRR aja kalo kata orang sunda mah. DERRR untuk mulai nulis 💪🏽💪🏽

🙋🏻 fani
🦁 teh, gimana caranya bedain nulis beneran sm curhat? 😁 eh ini gimana yaa maksudnya,
hm kalau menulis *yg sebenenarnya* itu harus ada goalsnya ya teh, eh apa ngga?
Duh kok pertanyaan saya njlimet😂

Yaudah ini aja teh
1. Tantangan terberat teteh waktu menulis biasanya apa? dan bagaimana cara teteh mengatasinya.
2. Adakah kepuasan tersendiri setelah menulis teh? 😁 biasanya dalam bentuk apa teh? #padahal cuma mau minta share pengalaman menulis aja, sok ribet fani mah😂v

Jawaban:
🎓untuk mom Fani
 1. Tantangan terberat teteh waktu menulis biasanya apa? dan bagaimana cara teteh mengatasinya.

Kalau lagi ga mood nulis!
Tapi dengan adanya 1minggu1cerita, akhirnya memaksa diri untuk rutin nulis. Pas lagi gak mood itu, kadang gak beneran seminggu sekali. Tapi kalo gak ikut program2an, kayanya bablasssssss aja ga nulis-nulis saya~

Juga hambatan lain: kalau nulis ga memuaskan, tapi lagi ga mood buat memperbaikinya. Kadang yang dibiarin aja dulu. Besok-besok ya nulis lagi aja yang baruuu, yang lebih memuaskan hati.

2. Adakah kepuasan tersendiri setelah menulis teh? 😁 biasanya dalam bentuk apa teh?
Kalau ternyata tulisannya bermanfaat buat orang lain, kalau ada yang nanya sesuatu dan jawabnya bisa dengan mudah kasi link tulisan dari blog (karena dulu pernah nulis ttg hal tsb)

Kalo banyak yang merespon (ngelike, ngomen apalagi sampai share tulisan tsb) --> gitu da anaknya narsis ehheeh. tapi artinya: bermanfaat waktu yang udah diinvestasikan untuk nulis tsb✅

🙋Gia
🍓 1. teh tadi kan diceritain kalau ikutan progam 1m1c itu temanya bebas ya. Harus ditentukan berapa karakterkah?atau bagaimana? Trus bener2 bebas kalau berbau dgn jualan atau testimoni bolehkah?

2. Selain tema bebas bisa sharing pengalaman atau misalnya kita share crta orang dengan kita menanmbahkan apakah termasuk dalam nulis menulis?

Jawaban:
🎓untuk mom Gia
teh tadi kan diceritain kalau ikutan progam 1m1c itu temanya bebas ya. Harus ditentukan berapa karakterkah?atau bagaimana? *bebas* aturannya cuma 1: gak setor 6 minggu berturut-turut maka dikick 😏😏

Trus bener2 bebas kalau berbau dgn jualan atau testimoni bolehkah? *bebas* sesuai dengan tujuan dibuatnya blog masing-masing. Tapi aku sendiri sih secara pribadi, kalo nemu blog yang kebanyakan tulisan iklan biasanya skip-skip walau itu member. Tapi *tiada larangan*

2. Selain tema bebas bisa sharing pengalaman atau misalnya kita share crta orang dengan kita menanmbahkan apakah termasuk dalam nulis menulis? Boleh tentunya~✅

🍓tanggapan: Jadi boleh2 aja ya teh? Berarti kita memang bebas sharing apapun, mngkn kalau ada tulisan drmanapun kita share sumber juga harus disertakan ya? Terima kasih ya teh

*Menanggapi:* boleh,
misal share resep. tapi di awal dan akhir ada kata pengantar dari kita dan juga foto2 masakannya pakai yang beneran kita masak sendiri✅

🙋🏻 mom dania
🔫 apakah menulis blog itu harus pakai aturan EYD,  dan tanda EYD yg benar?
Terimakasih

Jawaban:
🎓untuk mom Dania
Kalau blog sendiri sih bebas.
Kecuali kalau ikut komunitas yang mengharuskan tulisannya pakai EYD

Dan 1minggu1cerita mah bebassss~
Yang penting rutin. nanti segala macem hal akan jadi lebih baik, termasuk pilihan kata dan ejaan.✅ 〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
 🔅🔆🔅LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017🔅🔆🔅 〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥FP : Facebook.com/learningmamaa
📷Instagram : Instagram.com/Learningmama.indonesia
🌐Web : www.komunitaslearningmama.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram