Toilet Training

πŸ€ NGOBRAS ( ngobrol santai ) Learning Mama πŸ€

_TT ( Toilet Training )_

JUST SHARE

Doc, kapan anak sy belajar ngenge dan pipis pada tempatnya....
By Mohammad Muchlis on Thursday, June 30, 2011 at 2:56pm

Created by : dr.Mohammad Muchlis, SpA

Pedoman Untuk Orang Tua

Pengaturan buang air besar dan berkemih diperlukan untuk ketrampilan sosial, Mengajarkan toilet training (TT) membutuhkan waktu, pengertian dan kesabaran. Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa anda tidak dapat memaksakan anak untuk menggunakan toilet. The American Academy of Pediatrics telah mengembangkan brosur ini untuk membantu anak anda melewati tahap penting perkembangan sosial.

 Kapan anak siap untuk toilet training?

Tidak ada patokan usia kapan TT harus dimulai. Saat yang tepat tergantung dari perkembangan fisik dan mental anak. anak berusia di bawah 12 bulan tidak mempunyai kontrol terhadap kandung kemih dan BAB, 6 bulan sesudahnya ada sedikit kontrol. Antara 18 dan 24 bulan beberapa anak sudah menunjukkan kesiapan, tetapi beberapa anak belum siap sampai usia 30 bulan atau lebih.

Anak anda seharusnya juga sudah siap secara emosional. Harus ada kemauan sendiri, tidak melawan atau menunjukkan tanda-tanda ketakutan. Jika anak bertahan kuat, sebaiknya ditunggu beberapa saat.

Mengajarkan TT sebaiknya santai dan hindari kemarahan. Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengontrol kapan dan dimana anak ingin BAK atau BAB kecuali anak itu sendiri. Hindari pemaksaan yang berlebihan. Anak pada usia TT mulai timbul kesadaran terhadap diri sendiri. Mereka mencari cara untuk menguji keterbatasan mereka. Beberapa anak melakukannya dengan cara nenahan keinginan BAB-nya.

Perhatikan tanda-tanda berikut ini untuk menilai kesiapan anda:

    Anak anda tidak mengompol minimal 2 jam saat siang hari atau setelah tidur siang.
    BAB menjadi teratur dan dapat diprediksi
    Ekspresi wajah, postur menjadi tubuh dan kata-kata yang menunjukkan keinginan BAB atau BAK.

Keadaan stress di rumah bisa membuat proses ini menjadi sulit. Kadang-kadang sangat bijaksana untuk menunda TT dalam situasi berikut ini:

    Keluarga anda baru pindah atau berencana akan pindah dalam waktu dekat.
    Anda sedang menantikan kelahiran bayi atau baru mendapatkan seorang bayi.
    Ada penyakit berat, kematian atau seseorang dalam keluarga sedang mengalami krisis.

Bagaimanapun juga bila anak anda tidak mengalami hambatan dalam TT, maka tidak ada alasan untuk menghentikannya karena situasi-situasi tersebut.

    Anak anda dapat mengikuti perintah-perintah sederhana
    Anak anda dapat berjalan dari dan ke kamar mandi, serta membantu melepas pakaian.
    Anak anda tampak tidak nyaman dengan popok yang koor dan ingin diganti.
    Anak anda meminta menggunakan toilet atau pot.
    Anak anda meminta menggunakan pakaian dalam seperti anak yang lebih besar.

Bagaimana mengajar anak anda menggunakan toilet ?



Anda seharusnya memutuskan dengan hati-hati kata-kata apa yang akan digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian tubuh, urine, dan BAB. Ingatlah bahwa kata-kata tersebut akan didengar juga oleh teman, tetangga, guru, dan orang-orang lain. Sebaiknya gunakan kata-kata yang sudah umum digunakan supaya tidak membingungkan atau mempermalukan anak anda.

Hindari penggunaan kata-kata "kotor", "nakal" atau jorok untuk menggambarkan urine atau feses. Istilah negatif ini akan membuat anak anda merasa malu dan bingung. Ajarkan BAB dan BAK dengan cara sederhana. Anak anda mungkin ingin tahu dan mencoba untuk bermain dengan fesesnya. Anda dapat mencegah hal ini tanpa membuat anak anda sedih, katakan bahwa feses bukan sesuatu untuk dimainkan.

Ketika anak anda sudah siap, anda sebaiknya memilih pot (potty chair) untuk BAK atau BAB. Pot lebih mudah digunakan untuk anak kecil, karena pendek sehingga anak tidak sulit untuk duduk diatasnya dan kaki anak dapat mencapai lantai.

Anak-anak sering tertarik dengan aktifitas dalam kamar mandi keluarga. Kadang-kadang biarkan mereka memperhatikan orang tuanya saat pergi ke kamar mandi. Dengan melihat orang dewasa menggunakan toilet akan membuat mereka mempunyai keinginan yang sama. Jika memungkinkan ibu sebaiknya memperlihatkan cara yang benar kepada anak perempuannya, sedangkan ayah kepada anak laki-lakinya. Anak-anak dapat juga mempelajari cara ini dari kakak atau teman-temannya.

Ajarkan anak anda untuk memberitahukan bila dia ingin BAB atau BAK, Anak anda sering memberitahu anda pada saat dia sudah mengompol atau BAB. Hal ini merupakan tanda bahwa anak anda mulai mengenal fungsi tubuhnya. Ajarkan anak anda lain kali harus memberi tahu anda sebelumnya.

Sebelum BAB anak anda mungkin merintih, atau mengeluarkan suara-suara aneh, jongkok, atau berhenti beberapa saat. saat mengedan wajahnya akan menjadi merah. Jelaskan pada anak tanda-tanda tersebut adalah petunjuk saatnya menggunakan toilet.

Kadang-kadang lebih lama mengenal keinginan untuk BAK daripada keinginan untuk BAB. Beberapa anak belum dapat mengontrol keinginan BAK selama beberapa bulan setelah mereka dapat mengontrol BAB. Beberapa anak mampu mengontrol BAK terlebih dahulu. Sebagian besar anak laki-laki belajar BAK dengan cara duduk terlebih dahulu, kemudian baru dengan cara berdiri. Ingatlah bahwa semua anak berbeda.

Ketika anak anda tampak ingin BAK atau BAB, pergilah ke pot. Biarkan anak anda duduk di pot beberapa menit, Jelaskan bahwa anda ingin anak anda BAB atau BAK di situ. Bergembiralah, jangan memperlihatkan ketegangan. Jika anak anda protes dengan keras, jangan memaksa. Mungkin anak anda belum saatnya untuk memulai TT.

Sebaiknya anak dilatih menggunakan pot secara rutin, misalnya menjadi kegiatan pertama di pagi hari ketika anak anda bangun, setelah makan, atau sebelum tidur siang. Ingatlah bahwa anda tidak dapat mengontrol kapan anak anda BAB atau BAK.

Keberhasilan TT tergantung pada cara pengajaran bertahap yang sesuai dengan anak anda. Anda harus mendukung usaha anak anda. Jangan menginginkan hasil yang terlalu cepat. Berikan anak anda pelukan dan pujian jika mereka berhasil. Bila terjadi kesalahan jangan mamarahi atau membuat mereka sedih. Hukuman akan membuat mereka merasa bersalah dan membuat TT menjadi lebih lama.

Ajarkan anak anda kebiasaan menjaga kebersihan. Tunjukkan cara cebok yang benar. Anak perempuan seharusnya membersihkan dari depan ke belakang untuk mencegah penyebaran kuman dari rektum ke vagina atau kandung kemih. Pastikan anak laki-laki maupun perempuan mencuci tangan mereka setelah BAB atau BAK.

Beberapa anak percaya bahwa urine atau feses adalah bagian dari tubuh mereka, melihat fesesnya disiram mungkin menakutkan dan sulit untuk dimengerti. Beberapa anak takut mereka akan tersedot ke dalam toilet bila disiram saat mereka masih duduk di atasnya. Orang tua harus mengajarkan mereka keinginan untuk mengontrol, biarkan mereka mencoba  menyiram tissue ke dalam toilet. Hal tersebut akan menghilangkan ketakutan mereka terhadap suara berisik air dan mereka dapat melihat benda yang menghilang, masuk ke dalam toilet.

Ketika anak anda mulai sering berhasil, tingkatkan dengan penggunaan celan latihan (training pants). Kejadian tersebut menjadi sangat istimewa. Anak anda akan merasa bangga telah mendapat kepercayaan dan merasa tumbuh. Bagaimana pun juga bersiaplah terhadap terjadinya "kecelakaan". Akan membutuhkan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan sebelum TT selesai. Sebaiknya tetap melanjutkan latihan duduk di pot di siang hari. Jika anak anda dapat menggunakan pot dengan sukses, ini merupakan kesempatan untuk memuji. Bila tidak ini masih merupakan latihan yang baik.

Pada awalnya, banyak anak akan BAB atau BAK segera setelah diangkat dari toilet. Perlu waktu untuk anak anda belajar relaksasi otot-ototnya untuk mengontrol BAB atau BAK. Bila sering terjadi "kecelakaan" seperti ini, berarti anak anda belum siap untuk TT.

Kadang-kadang anak anda akan meminta popok saat merasa akan BAB dan berdiri di satu tempat tertentu untuk defekasi. Ajak anak anda mengenali tanda-tanda keinginan BAB. Anjurkan kemampuannya dengan duduk di atas pot tanpa popok.

Pola defekasi bervariasi. Beberapa anak 2-3 kali per hari. Anak lain 2-3  hari sekali. Feses yang lunak membuat TT lebih mudah untuk anak dan orang tua. Terlalu memaksa anak dalam TT dapat menimbulkan masalah BAB jangka panjang.

Bicarakan dengan dokter anak anda bila terjadi perubahan kebiasaan BAB atau bila anak anda menjadi tidak nyaman. Jangan gunakan laksatif, supositoria, atau enema, kecuali dianjurkan oleh dokter.

Sebagian besar anak dapat mengontrol BAB dan BAK di siang hari saat usia 3-4 tahun. Bahkan setelah anak anda tidak mengompol di siang hari masih perlu waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk tidak mengompol di malam hari. Sebagian besar anak perempuan dan lebih dari 75% anak laki-laki mampu tidak mengompol di malam hari setelah usia 5 tahun.

Anak anda akan menunjukkan kepada anada jika dia sudah siap pindah dari pot ke toilet sesungguhnya. Pastikan anak anda cukup tinggi, dan latihlah tahap demi tahap bersama mereka.



Dokter anak anda dapat membantu.



Bila timbul masalah sebelum, saat, atau setelah TT, bicarakanlah dengan dokter anak anda. Kadang-kadang masalahnya tidak terlalu berat dan dapat diatasi segera, tetapi kadang-kadang timbul masalah fisik  dan emosional yang memerlukan terapi. Bantuan, nasihat, dan dukungan dokter anak dapat membuat TT lebih mudah. Dokter anak anda juga dilatih untuk mengidentifikasi dan menangani masalah-masalah yang lebih serius.



Penulis : Dr Rini Sekartini SpAK, Staf Divisi Pediatri Sosial RSCM/FKUI.

tanya jawab dan pembahasan secara detail dapat dilihat di group "ROOM FOR CHILDREN" Smoga bermanfaat ^_^

????‍⚕ Are You Potty Training Too Soon?

Rushing your child can cause bladder issues and more

May 18, 2015
Are You Potty Training Too Soon?
The pressure to potty train can be intense. Your child’s day care or preschool has set a deadline. You want to keep up with others in playgroup. And, honestly, you can’t wait to ditch that diaper bag.

Cleveland Clinic is a non-profit academic medical center. Advertising on our site helps support our mission. We do not endorse non-Cleveland Clinic products or services. Policy

But don’t let external factors like these push you, says pediatric urologist Jeffrey Donohoe, MD.

“So many parents get frustrated or run into problems when they try to train a child who just isn’t ready,” he says.

The right age to potty train

While there’s no right age to potty train, Dr. Donohoe recommends parents wait until their child is between 2.5 and 3.5 years old.

“That’s when most children have enough brain and bladder development to potty train successfully,” he says.

Accidents still may happen. Daytime accidents are normal until about age 5, he notes. Bed-wetting can persist longer.

Why rushing your kid can be harmful

Still, you can’t blame parents for wanting to instill mature behavior in their children. So what’s the harm in potty training early? Plenty.

Bladder issues. “Potty training too soon can make your child a chronic holder,” warns Dr. Donohoe.Young children may know not to wet their underwear. But that’s not the same as having the discipline to take themselves to the bathroom.“If your child is only urinating two or three times per day, that’s not enough,” says Dr. Donohoe. “Holding urine too long can cause urinary tract infections, especially in girls.”Kids should urinate five or six times per day, he says. That’s every two to three hours.Chronic holders also tend to have more issues with daytime wetting (enuresis). About 15 percent of 5-year-olds struggle with it, says Dr. Donohoe. There’s a host of causes, neurological and anatomical. But most often, daytime wetting is a behavioral problem caused by bad toileting habits — potentially brought on by early potty training.“Most of the time, getting kids on a regular bathroom schedule is enough to stop accidents,” says Dr. Donohoe.
Parent-child stress. Potty training too early can make the process more difficult than it needs to be — for you and your child. And you don’t want your child to link potty use with frustration and tension.“Forcing children to do something they’re not ready for can affect their development,” says Dr. Donohoe. “The child can develop anxiety, especially around his or her parents, which can have repercussions on the parent-child relationship.”
When it’s taking too long

Potty training is a natural process — one that will happen for most children by age 4.

“Give them reasonable time to master potty training on their own,” says Dr. Donohoe.

If your child is still having difficulty by age 4, talk to your pediatrician. If his or her development is otherwise normal, he or she may just need a little more time. By age 5, if toileting is still a concern, it’s time to see a pediatrician or pediatric urologist to evaluate other issues.

πŸ’Tanya Jawab πŸ™‹

πŸ‘±πŸ»‍♀Moms...share dong yang anaknya sudah lulus toilet training...mending pake potty training atau langsung di toilet belajarnya?

πŸ‘©πŸ» Sama aja mom intinya mau poke potty ato langsung
Klo aku langsung ke toilet

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’ΌKalo ak males bersihin potty nya.. Jijik gmana gtu.. 😁 Mending langsung aja..

πŸ‘±πŸ»‍♀Bunga beli potty training tp ga kepake sama sekali karna belajarnya langsung ke toilet 😁

πŸ‘©πŸ» Aku pake potty
Dan ngga lama prosesnya karena farrel udah bisa komunikasi 2 arah, dan toilet trainingnya atas kemauan dia sendiri.
Soundingnya cuma
"Kakang kan sudah mau sekolah, kalo mau sekolah sudah tidak boleh pake pampers. Pipis dan pupup di kamar mandi yaa."

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’ΌNgomongi. Potty training orang jawa ngomongnya tatur karena anakku klo pup susah akhir akhir ini pupnya di tatur terus

πŸ‘±πŸ»‍♀Mana aja boleh. Coba toilet dulu, kalo masih takut, potty. Kalo ga mau juga, ya uda di lantai aja. PR bgt tapih.. Hahaha

πŸ‘©πŸ» πŸ˜† hahaha..dilantai...
Siap...aku mau coba semuanya

πŸ‘±πŸ»‍♀ Klo sy sendiri, pas ledia usia kurleb 8blnan udah diajak ke toilet.posisinya dia duduk di atas kita smbil ngangkang (kbayang ga mom hehe).. terus maju ke usia 10blnan beli bantalan toilet ituloh (apasih namanya potty jg bukan yak?).smpe sekarang usia 2taun pake ky gtu terus.. 😊

πŸ‘©πŸ» Mbak, yg penting dia uda ga brojol di celana itu udah sukses maksimal πŸ‘

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Toilet duduk ya...iya kebayang...hehe

πŸ‘±πŸ»‍♀Alhamdulillahnya di rumah nenek2nya di kampung, toilet duduk smua jd ga riweuh. Tp klo mau mpup dan kbetulan toiletnya jngkok,hadeuh...riweuh moom πŸ™ˆ

πŸ‘©πŸ» Hehe...iya ya...berarti sesekali ajari dua kondisi ya...duduk dan jongkok...πŸ˜†

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’ΌKlo jngkok bebeb maunya dilantai kamar mandi πŸ˜”

πŸ‘±πŸ»‍♀Beda2 ya. Alhamdulillaah anakku 1.5 tahun udah lancar pake toilet jongkok. Krna dari awal diajarin langsung pake yg jongkok, asal ibu sabar ngajarin, santaii & anak bisa diajak kerja sama πŸ˜‰

πŸ‘©πŸ» Iya nih masih *pr* πŸ˜”

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Ngomongin ttg toilet training, mau share pengalaman dikit..

Zhafran dulu sejak bayi udah ak terapin toilet training, jadi pas bayi eek kaki n pantatnya diangkat dikit, kan lama" kita hafal tu jam"nya pipis n eek bayi, keliatan dr ekspresi n nangisnya, nah pas udah 3-4 bulan kalo mau eek ak bawa dia k toilet, trs ak duduk d kursi, bayi dipangku sedikit sambil diangkat kakinya, pipis n eek lah dia, tiap bangun tidur ak biasain gitu,  alhamdulillah jarang ngompol n eek d popok kalo siang, dari usia merangkak kalo mau pup pasti deket" k emakny sambil ekspresi muka berkeringat mau pup..😁 kalo sekarang udah 2th masih pake popok pas malem bobok aja, emaknya yg males bangun.. Hehe
Aku diajarin gitu sm emakku dulu.. Alhamdulillah gampang sih klo udah biasa

πŸ‘±πŸ»‍♀ Langsung dibawa ke toilet ya mom? Jongkok skrg atau duduk

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Toilet jongkok pernah, duduk pernah, kalo masih bayi belum bisa duduk atau belum bisa digendong samping yg kakinya ngangkang tu, bayinya dipangku miring, tapi klo bayiny udah bisa ngangkang, dipegang (ditatur) kayak posisi jongkok bisa. Biar gak capek kitanya duduk di kursi, kalo toilet jongkok ya "dingklik" (kursi kayu/plastik kecil buat cuci baju), kalo toilet duduk ibunya duduk ngangkang mepet belakang trs bayinya dipegang. Kalo mau praktis lagi bisa pake ember, gk perlu k toilet,  tapi ak agak jijik gimanaa gtu.. Hehe

πŸ‘©πŸ» πŸ˜„ makasih mom sharing nya...😘

πŸ‘±πŸ»‍♀ Sama" mom.. Harus telaten n sabar ajaa.. πŸ’‹

πŸ‘©πŸ» Inih super πŸ‘πŸΌ
Bunga baru ajarin anak TT 22m 😌

πŸ’πŸΌ Setelah bayi umur 7 bulan ke atas, rasanya waktu cepet bgt ya.. Sementara banyak hal yg blm diajari kyk toilet training.. sebentar lagi kudu belajar sapih juga. Wuaah mommy semua super2 !

πŸ‘±πŸ»‍♀ Ih tapi kerennn mom lilik, zhafran udah lulus toilet training..
Sayah masih blum sanggup ngajarin tt πŸ™ˆ

πŸ‘©πŸ» Sudah tau resiko toilet training terlalu dini mom?

πŸ‘±πŸ»‍♀ Resikonya apa bu dok?

πŸ‘±πŸ»‍♀Terganggu siholohisnya mbak.

πŸ‘±πŸ»‍♀ Oo gtu
Berarti kira2 usia brp yh mom ank udh bs toilet training?

πŸ’πŸΌ Bukan usianya, tp kemampuannya.
1. Sudah paham, seperti apa BAB dan BAK
2. Sudah jarang ngompol malem hari

Kalo aku minimal itu doang sih.

πŸ‘±πŸ»‍♀ kayak mana mak contohnya?

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Apa budok?? Gimana gimana?
Kalo aku tujuannya ya itu juga sih, kalo maksa enggak juga sih, kn ngikutin pola bayinya..

Tapiii tunggu jawaban bu nis gimana??

πŸ‘©
πŸ‘©πŸ»‍⚕ Aku setuju..
Yang jelas kalo aku mah berusaha liat sinyal dari anaknya. Jadi kesannya ibu males. 😁✌🏻

Nyapih nunggu anaknya yang bilang stop,
TT juga nunggu anaknya yang minta mau mulai pipis dan pup dikamar mandi,

πŸ‘±πŸ»‍♀ Nah klo buat TT.. aq mau usahakan TTL.. toilet training with love..(maksa istilahnya✌)

Sesuka mu nak,sesiapnya kamu nak..
Asal jgn ampe 5 thn blum lulus TT ya nak..

Tp klo boleh, sebelum 3 thn ya nak..
Diapers mahal..
Pan lumayan buat nabung LM (logam mulia)..

#emak emak ababil aku mah πŸ™ˆ

πŸ‘©πŸ» Alhamdulillah sepertinya zhafran gk dlm keadaan terpaksa..
Kalo yg dr bayi itu mungkin untuk pembiasaan aja,  tapi zhafran tetep ngertinya kenapa pipis n pup itu d toilet ya baru 2 th, itu pun gara" ngintilin bapak emakny kalo k toilet, akhirnya diajarin deh sm bapaknya gimana pipis bersihinnya gimana
Kalo dr pembiasaan pas bayi tu dia jadi punya kebiasaan risih kalo mau pipis or pup d popok,  kecuali kalo bepergian mau gak mau, kadang diumpetin dulu biar mau pipis di popok πŸ˜…

πŸ’πŸΌ Bu nis.. Klo yg artikel bhs inggris tu yg gak cukup frekuensi pipis yg cuma 2-3x sehari tu buat umur berapa ya?
Soalnya zhafran ni emang irit pipisnya 3-4x sehari tergantung klo mau minum air putih banyak ya pipis banyak,  tp klo nenen aja ya bisa 2-3x aja

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Makasih BudokNis sharingnya πŸ‘πŸΌπŸ˜πŸ˜˜

Divya mulai TT 22m, alhamdulillah sukses diusia 24m plus dapet bonus full lepas popok 24jam krna tidur malem pun dah hampir ga pernah ngompol (dalam 1 bulan paling 1-2x ngompol dikasur) 😍

Agak amazing sebenernya karna sukses TT barengan sama sukses sapih 😁

πŸ‘±πŸ»‍♀ Joosss banget kerjasama ibu anak inii..  😍

πŸ’πŸΌ Bukan males budok.
Kalo nurutin sinyal anak, inshaAllah prosesnya wont take long time.
DuLu Jo cuma seminggu TT nya.
Padal dia delayed speech dan belom bisa berkomunikasi.
Tapi uda dapet 2 point di atas.

Kalo TT terlalu dini tuh ada risiko siholohisnya kok, aku pernah denger/baca. Tp aku lupa di grup mana.

Tsaahh sok kebanyakan grup lah ente, Dan. πŸ˜’

πŸ’πŸΌ Kereen divya..
Mimihnya lebih kereen..
πŸ‘πŸ‘

πŸ‘±πŸ»‍♀ Usia berapa jo Lulus tt nya makjo ?
Ceritain dong

πŸ’πŸΌ Dia tersapih sendiri 2th 5hari
Berhasil mulai TT lepas popok 2th 6bulan, tgl 25 April 2014.
(inget bgt kejadian itu)

Aku mulai curiganya kalo aku BAB BAK dia ngintil. Trus dia sebut, "pipis", "ee". Kalo dia ee di clodi, pas aku lepas dia bilang, "ee".

Logikaku bilang, "berati dia uda tau mana pipis mana πŸ’©"

Kucoba lah hari itu, ga pake clodi. Celana pop doang, sambil sounding, kalo pipis bilang ya?

Kalo kecolongan, aku cuek. Sambil terus sounding. Tp kalo ee uda jelas ke kamar mandi. Tapi di lantai πŸ˜’ ga mau naik wese πŸ™„

Awalnya aku ajak pipis tiap 2jam. Tp lama2 aku merasa lebay πŸ˜†
Akhirnya 3jam lah.

Seminggu setelah trial n error, kami keluar kota naik mobil temen ayahnya. Deg2an sumprit!!!

Tiap ada mesjid, berhenti, _mipisin_ Jo. Alhamdulillaaahh amaann seharian. 😍

Lantjaarr.. Sampe saat aku mabok hamil Rai, dia ngompol tiap malem. Aku sedih, tapi aku brusaha ga mellow, krn aku yakin, kalo hatinya uda seneng, ngompol ini akan usai.

Bener. Adiknya lair, dia uda ga ngompol 😁 sampe sekarang. 😘

Maap kepanjangan 😝

Inget bgt dulu umur 2th aku diomelin mama tiap hari.

_kok kamu ga lepas2 popok sih? Uda mo 3th lho? Kamu mau, dia sekolah masih popokan? Dst.. Dst.._
*tiap hari* 😁

Aku sampe kesel bgt. Yg punya anak aku kenapa yg rempong situ?
πŸ˜‚

πŸ‘©πŸ» Nyimak bgt ceritanya..
Berarti klo dari cerita makjo, anakku bentar lagi insyaAlloh bisa di TT nih..
Dia udah tau klo mau mpup..
Tapi belum tau klo mau pipis..
Klo mau mpup bilang..klo mo pipis,ga bilang..secara pake diaper..

Pengen nya sih, sebelum adeknya lahir udah bisa lulus TT..
Hmm, tapi aq nya blum siap nge training nya..
πŸ™ˆ
Aduhhh πŸ™ˆπŸ™ˆ

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Berarti klo mau lulus TT, harus siap2.. seprei bantal guling bau ompol ya??
Hmm..

πŸ‘©πŸ» Budok nis 😍😍😍

Aku jadi lega.. kirain akunya yg telat ngajarin TT, karna smpe sekarang anakku 11 bulan, ak masih pake pampers aja, ga ada ngajarin TT samasekali

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Ini divya kereen.. 😍😍
Farrel sih TT dulu baru WWL.

Masalah TT ini sebenernya faktor kakek nenek juga ngaruh. 😁

Karena kebiasaan di kita itu kan masih berprinsip lebih cepat lebih baik..

Padahal kalo menurut temenku yang tinggal di luar, semua itu ada waktunya. Yang perlu kita pahami adalah "membaca" anak. Jangan sampe kelewat periodenya.

TT training farrel sebenernya 3x. Tapi yang 2x awal itu akhirnya aku stress.

TT pertama itu umur 4bulanan, Omongan almh nenekku buat "tatur" farrel. Diikutin lah awalnya, tapi akhirnya aku stres kalo tiap 2-3 jam mesti bawa anak buat pipis/pup.
Capee.. Akhirnya kabur ke manokwari nyusulin ayahnya farrel. Anaknya pake pampers lagi, tapi perkembangan lainnya ningkat drastis.
*ini kalo kata dsa-nya farrel yaa karena anaknya ngga fokus sama satu kemampuan aja.

Usaha TT kedua itu umur 16 bulanan, dengan target umur 18bulan lepas pampers. *lagi-lagi karena omongan orang. Dan berujung stress πŸ˜‚πŸ™ˆ

Akhirnya nanya sana-sini, ke psikiater favoritku, dikasih taulah buat "liat anaknya" tutup kuping dari omongan orang, tutup mata dari perkembangan anak lain, tapi tetep lihat batasan wajarnya. Damailah hatiku..

Umur 2,5 tahun anaknya minta sekolah karena liat temen-temennya. Disounding dobel antara TT dan WWL alhamdulillah TTnya lancar. Prosesnya ngga sampe sebulan udah lepas pampers, ngompol malem hitungan jari, dan bisa dibilang ngga ngompol kalo siang. Dimanapun dia, langsung ngomong kalo mau pipis/pup.

πŸ’πŸΌ Hmm, kira2 anak ku kapan ya siapnya? πŸ€”

Kayaknya lebih ke aq nya nih, yg belum siap..
Pengen segera, tp blum mulai2 sounding masalah TT inih ke anaknya..

Dicoba ah..
Semoga cepet Proses nya

πŸ‘©πŸ»‍πŸ’Ό Bahas TT ya, Irvin juga blm TT. Pas 20m nyobain TT pas di bogor, alat perang nya dikit, ibunya stress. Padahal anaknya enjoy, cuma seneng aja main air. Sekarang pindah purwokerto, udah 3 minggu aku pikir bisa mulai TT, eh anaknya nangis tiap dibawa ke kamar mandi, Jd ga dilanjutkan lg

πŸ‘±πŸ»‍♀ Setauku selama ini memang pipis minimal manusia itu 5-6x sehari.

Sejak asi ekslusif juga kan tau kecukupan asinya dari menghitung banyaknya pipis.. kalo kurang dari itu, yaa dicari penyebabnya, apakah memang karena kurang asupan cairan, atau termasuk "suka nahan pipis"

πŸ‘©πŸ» Wah lgi ngomongin pipis..
Ikut nimbrung ah,, 😁
Budok, Arkan (2y10m) udah berhasil TT sejak 24m+ skrang udh ga mau pake pospak sma skali.. tapiii, akhir" ini sering nahan pipis, udh pipis di CD 1 tetes baru bilang 😌 kan jadi boros cd πŸ˜…
Apa itu hal wajar (di usia segitu suka nahan pipis)? Gimana caranya biar bebep ga nahan" pipis lagi? 😬

Maap kepanjangan πŸ™ˆ

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Wajar ngganya aku ngga tau. πŸ™πŸ»

Tapi kalo sering nahan pipis, coba anaknya ditanya kenapa.
Farrel sih suka nahan pipis kalo dia lagi keasikan main.

πŸ‘©πŸ» Hhii gitu ya budok..
Iya Arkan juga gitu klo lgi asyik main 😌
Klo ditanya kenapa jawabannya "hoyong mbun" πŸ˜†

πŸ‘©πŸ»‍⚕ Naah.. mungkin karena lagi keasikan main makanya jadi nahan pipis.. 😁

πŸ’ Happy learning..Happy Parenting πŸ’

       〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
   LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017
        〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

Grup whatsapp Learning Mama ( Ibu Pembelajar )

πŸ‘₯Fp : Facebook.com/learningmama

πŸ“ΈInstagram : Instagram.com/Learningmama.indonesia

🌐Web : http://komunitaslearningmama.blogspot.com

 
πŸ“©  CP      : Mom Anita ( 081249125905 )

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram