Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita


Notulensi Kuliah Whatsapp Learning Mama

๐Ÿ“•Tema: "Menjaga organ Intim wanita"

๐Ÿ‘จ๐Ÿฝ‍๐ŸซNarasumber:
Dr . Erni Maryam

๐Ÿ—“Waktu:
⏰24 -25 Januari 2018 pukul 09.00 WIB s/d selesai .

๐ŸŽ™ moderator (momod) :
Mom ani bubu al@⁨Ani Yuliyani Irma⁩
Mom Cut @⁨Cut⁩
Mom Anita Sahrul @⁨anita sahrulmulia⁩
dan tim adminah
๐Ÿ“ notulen (Nonot):
Ummu adnan @⁨Ummu 'Adnan Hamilulqur'an⁩
Mom andam @⁨Mom Andam Lm⁩
Mom ira @⁨ira bundaalthaf⁩

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ

*CURRICULUM VITAE NARASUMBER KULIAH WHATSAPP LEARNING MAMA*

✨ Nama lengkap : Erni Maryam
✨ Status keluarga : Menikah
✨ Domisili : Bandung
✨ FB / IG / WEBSITE: IG : ernimaryam
✨ Riwayat pendidikan/pengalaman:
1. SD Mathlaul Anwar Bandung (1996-2002)
2. SMPN 1 Margahyu (2002-2005)
3. SMAN 1 Margahayu Bandung (2005-2008)
4. Universitas Islam Bandung
Sarjana kedokteran (thn lulus 2012)
Pendidikan kedokteran (thn lulus 2014)
- Pengalaman Bekerja :
1. Juli 2014 – Januari 2015
Dokter Umum Klinik 24 Jam Raga Sehat Cimaung Bandung
Dokter Umum Klinik Kirana Sehat Bandung
Dokter Umum Klinik 24 Jam Jatinangor
Dokter Umum Klinik Albar Bandung

2. Februari 2015 – Oktober 2015
Dokter Internsip di RSUD Majalengka, Kabupaten Majalengka

3. Oktober 2015 – Februari 2015
Dokter Internsip di PUSKESMAS DTP Maja, Kabupaten Majalengka

✨ Aktivitas saat ini:
April 2016 - Sekarang
Dokter Umum IGD RS TNI AU Lanud Sulaiman
Dokter Umum PPK 1 Klinik TNI AU Lanud Sulaiman
Dokter Estetika Carissa Skin Care Bandung

✨ Preferensi Bidang Bahasan Kulwap yang disampaikan:
(Beri tanda Ceklis pada bidangnya ✅)
◽Kehamilan
◽ ASI
◽ MPASI
◽ Parenting
◽Psikologi Anak
◽ Pendidikan
✅Kesehatan keluarga
◽Keuangan keluarga
◽ Harmonisasi Pasutri
◽Home & Kitchen

๐ŸŽถ *SELAYANG PANDANG*๐ŸŽถ

๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“

Kesehatan reproduksi, merupakan kesehatan yg sering dilupakan. Bagi kaum wanita, kesehatan ini justru dapat menjadi sumber penyakit terbesar dalam hidupnya jika tidak dirawat.
Tahukah Anda?
Terdapat 5 penyakit terbesar di Indonesia yang dapat terjadi pada reproduksi kita.
Penyakit ini dapat kita cegah & obati sedari dini jika kita sering melakukan skrining/ pemeriksaan rutin.

5 penyakit terbesar pada sistem reproduksi wanita :
A. Keputihan
B. Kista
C. Myom
D. Kanker serviks
E. Kanker payudara

*1. Keputihan*
❤ Keputihan yang normal berwarna bening & tidak berbau. (Muncul saat ovulasi kurang lebih 12-14 hari setelah menstruasi, sedang stress, dalam keadaan terangsang).
❤ Keputihan yang tidak normal, keluarnya cairan tidak normal secara berlebihan dari yg ringan hingga berat, misalnya cairan yg kental dapat berbau. Dengan warna kuning hingga kehijauan.
Penyebabnya dikarenakan bakteri , parasit atau jamur, terapi ditentukan berdasarkan penyebab.
❤ Gejala berdasarkan penyebab :
A. Bakteri
- Bau amis (terutama biasanya setelah berhubungan ato saat menstruasi)
- Keputihn berwarna putih keabuan
B. Parasit
- Bau busuk tidak sedap
- Keputihan berbusa, warna kuning hingga kehijauan
C. Jamur
- Gatal
- Kemerahan pada kemaluan
- Keputihan berwarna putih dan kental
- Sensasi rasa terbakar pd kemaluan
- Nyeri saat berkemih
- Nyeri saat berhubungan
๐Ÿ’€ Komplikasi : infeksi dpt menyebar ke organ reproduksi dalam, ke ovarium, rahim & salurannya hingga ke rongga panggul. Sehingga dapat menyebabkan infeksi yg luas & menyebabkan infertilitas.
๐Ÿ˜Ž Pencegahan & skrining :
- Tidak bergonta ganti pasangan
- Hindari merokok
- Menggunakkan kondom saat berhubungan seksual
- Sering menggunakan pengaman saat berhubungan seksual
- Hindari mencuci vagina dg antiseptik
- Sering mengganti CD dgn yg baru (minimal 3 bulan sekali)
- Basuh vagina selalu dg arah depan ke belakang
- Pap smear rutin : 2 tahun sekali sejak usia 21 tahun (yg sudah pernah melakukan hubungan seksual).

*2. Kista*
❤ Kista merupakan benjolan / tumor yg berisi cairan (darah, air atau nanah).
❤ Kista dapat muncul sejak usia pubertas hingga menopause, bahkan saat sedang terjadi kehamilan.
❤ Kista sebagian besar disebabkan oleh perubahan hormon ovarium yg terjadi saat perubahan siklus haid ato saat akan terjadi menopause. Kista dapat bersifat jinak dan ganas.
❤ Penyebab lain kista : Polusi udara, genetik/keturunan, pola makan.
❤ Gejala : untuk stadium awal (tidak terlalu besar) tidak bergejala, tetapi ketika kista semakin membesar dan menekan ke organ sekitar, maka akan muncul keluhan seperti konstipasi, sering BAK, nyeri saat senggama hingga pendarahan saat senggama.
Jika kista sudah terpuntir, akan menumbulkan nyeri hebat tak tertahankan, hal tersebut jika tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan kematian sel-sel ovarium.
๐Ÿ˜Ž Pencegahan :
- Menjaga pola hidup sehat
- Kurangi makanan berlemak tinggi
- Konsumsi sayur dan buah
- Menjaga kebersihan area kewanitaan
- Deteksi & skrining : melalui USG & papsmear. USG dapat dilakukan rutin jika tanpa gejala 1-2 thn sekali.

*3. Myom*
❤ Myom adalah suatu tumor jinak yg berasal dr otot rahim.
❤ Sama halnya seperti kista, myom ini muncul diakibatkan ketidakseimbangan hormon seseorang (hormon estrogen lebih dominan) sehingga saat pascameopause myoma ini dpt mengecil dengan sendirinya (karena terjadi penurunan hormon estrogen).
❤ Seringkali tumor ini membesar ke arah rongga hingga keluar dr rahim.
❤ Gejala :
- Terjd pada usia reproduktif usia 20-40 tahun
- Gejala yg muncul berdasarkan lokasi dan besarnya tumor, kebanyakan ditemukan saat pemeriksaan rutin.
- Perdarahan yg lama saat haid atau perdarahan diluar siklus haid
- Nyeri perut akibat besarnya tumor yg terpuntir disertai infeksi rahim
- Penekanan tumor ke organ sekitar, menyebabkan sulit BAK dan BAB
- Infertilitas (penekanan ke saluran indung telur / ovarium)
๐Ÿ˜Ž Skrining : USG rutin 1-2 tahun sekali, vaginal toucher (dpt dilakukan oleh bidan)

*4. Kanker serviks*

❤ Kanker serviks atau kanker leher rahim Merupakan kanker pembunuh kedua pada wanita indonesia setelah kanker payudara.(Jika tida segera dideteksi & di terapi)
❤ Serviks/leher rahim/mulut rahim merupakan bagian ujung bawah rahum yg menonjol ke liang senggama (vagina).
❤ Penyebab :
- Hubungan seks usia muda (usia kurang dr 17 tahun beresiko 3x lebih besar dibandingkan di atas usia 20 tahun)
- Bergonta - ganti pasangan seksual
- Merokok
- Penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang
- Penyakit Menular Seksual
❤ Tanda & Gejala :
Pada tahap awal, biasanya tidak bergejala, memasuki tahap akhir biasanya akan bergejala demikian.
- Keputihan yg abnormal
- Pendarahan setelah senggama yg berlanjut pendarahan terus menerus
- Pendarahan setelah menopause
- Anemia
- Nyeri di panggul dan beberapa bagian perut
- Badan semakin kurus (penurunan BB)
๐Ÿ˜Ž Skrining :
- Iva test (tersedia di puskesmas)
- Pap smear
*bisa pilih salah satu, lakukan 1-2 tahun sekali sejak pertama kali berhubungan seksual.
๐Ÿ‘ผ Pencegahan :
- Pola hidup sehat
- Vaksin Hpv

*5. Kanker Payudara*

❤ Bila pada tubuh kita terdapat pertumbuhan sel yg terus menerus/melewati batas maka akan menjd tumor. Tumor ini dapat jinak dan ganas.
❤ Sel kanker payudara yg pertama dpt tumbuh sebesar 1 cm pd usia 8-12 thn. Sel ini bersembunyi di kelenjar payudara yg dpt aktif kapanpun, dan dpt bersifat jinak maupun ganas.
❤ Stadium, tingkat keparahan : Foto terlampir
❤ Penyebab & faktor resiko :
- Genetik (riwayat penyakit keluarga sebelumnya)
- Usia yg makin bertambah
- Tidak memiliki anak
- Kehamilan pertama di atas usia 30 tahun
- Menopause yg lambat
- Faktor hormonal
- konsumsi alkohol
- kegemukan
๐Ÿ˜Ž Deteksi dini :
- Lakukan gerakan SADARI setiap hari (tips : lakukan sambil mandi)
- Mammografi (dianjurkan di atas usia 40 tahun)

⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘⚘

๐Ÿ’Œ *TANYA JAWAB* ๐Ÿ’Œ

1.๐Ÿ‘ฉSyifa.
Sejak sebelum menikah saya sering mengalami keputihan. Bentuknya sering putih kental, tp ga berbau.
Hanya pernh bikin gatal tp ga parah.
Beberapa kali saya periksa kedokter katanya ga papa.
Dan skrg saya sdh menikah dan sedang hamil 4 bln msk ke 5 bln, di awal 3 bln kehamilan kemarin sering bgt keputihan putih kental. Apakah itu berbahaya untuk kehamilan saya?
 Thnks

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Bismillah...
*Keputihan saat hamil sebenarnya adalah hal yang normal.* Peningkatan kadar estrogen dan meningkatnya aliran darah ke vagina membuat frekuensi dan kadar keputihan semakin meningkat di masa kehamilan. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim  ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vagina, bakteri normal dari vagina, dan sel-sel mati dari dinding vagina.

Di masa awal kehamilan, cairan ini memenuhi saluran serviks untuk menciptakan lendir pelindung yang terlihat seperti putih telur. Menjelang persalinan, lendir ini akan menjadi semakin banyak.

*Jika keputihan yang dialami saat hamil terlihat normal dengan cairan jernih atau putih dan tanpa bau, maka ini merupakan kondisi yang normal dan sehat.* Namun perubahan hormon dan bentuk tubuh membuat ibu hamil memang lebih cenderung mengalami infeksi vagina. Oleh karenanya terkadang perubahan pada keputihan dapat menjadi tanda terjadinya infeksi, keputihan yg terinfeksi gejalanya seperti yg sudah sy cantumkan di Selayang Pandang.

Jika memang ada tanda infeksi sperti salah satu gejala d atas, sgera periksakan k DSOG. Krn keputihan yg terinfeksi saat kehamilan dpt membahayakan janin jika dibiarkan.
_Sy rasa, dgn sifat keputihan yg mom paparkan msh dalam batas normal. Mom boleh catat tanda2 infeksi / keputihan yg abnormal di selayang pandang d atas, agar menjadi warning utk mom._
Bagaimana?
๐Ÿ‘ฉOk terima kasih๐Ÿ˜Š


2.๐Ÿ– Nopi
๐Ÿ€ Budok , saya pernah baca di artikel bahwa keputihan bisa teroksidasi, misal jadi berwarna kuning saat ada di pakaian dalam. Mengapa bisa terjadi oksidasi ya bu? Lalu bagaimana membedakan keputihan tersebut memang berwarna kuning atau pengaruh oksidasi?

๐Ÿ€ Budok, seringkali kita temukan smegma di labia. apakah smegma itu normal ada disetiap wanita? apakah smegma juga bisa jd tanda infeksi ?

๐Ÿ€ Budok, bagaimana pendapat budok dengan pembalut dan panty liner sekali pakai yg dijual dipasaran terhadap kesehatan organ intim wanita?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Yg oksidasi ini msh simpang siur antara mitos & blm ada teori yg benar.
Hanya teori sblmnya mengatakan, yg namanya oksidasi itu krn udara & bakteri. Smua zat akan teroksidasi, alias terurai krn udara. Walaupun keputihan ada d CD tetap dpt teroksidasi oleh udara & bakteri normal d area vagina sehingga menyebabkan perubahan warna.
*Cara membedakannya*
Jgn hanya diliat dr warna, perhatikan bau, rasa gatal, rasa panas/ merah pd kemaluan.

2. *Smegma* terbentuk dari sel-sel kulit mati. Jika alat kelamin sering dibersihkan, smegma akan berwarna jernih atau bening. Jika kebersihan kurang, smegma dapat menumpuk dan bercampur dengan keringat dan minyak yang diproduksi kulit sehingga tampak keputihan atau kekuningan.

“Selain itu, smegma dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Akibatnya, timbul bau tidak sedap dari daerah genitalia karena pemecahan minyak oleh bakteri dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi."

Smegma sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Smegma berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan seksual. Pada pria yang tidak disirkumsisi, smegma membantu agar prepusium dapat bergerak maju mundur tanpa sebabkan iritasi. Namun, *smegma yang menumpuk dapat menimbulkan masalah.*

3. Pembalut & pantyliner, bagaimanapun mengandung zat kimia. Maka dr itu, dokter menganjurkan *gunakan seperlunya*.
Sama halnya seperti pencuci vagina.
Sy ga menyarankan panty liner digunakan dlm sehari2. Kenapa?
Kebayang dong vagina kita tiap hari kontak sm zat kimia. (Tp hal ini, hrs pastiin jg kita sering recycle CD 3 bulan sekali & sering ganti CD dlm sehari).

*kecuali* mom sedang keputihan banyak / sedang terinfeksi dan ga mmungkinkan ganti CD terus menerus boleh slama blm sembuh pake pantyliner.

Utk *pembalut*, bagaimanapun jsuh lebih baik dibanding ketika haid kita di dumpel pake kain.
Dgn syarat, tiap BAK selama haid selalu ganti, apalagi ketika sdg banyak wajib sering ganti, jgn hanya saat mandi saja.

Bagaimana mama raffa?

๐Ÿ‘ฉ baik budok sudah jelas, terimakasih ๐Ÿค—๐Ÿ‘Œ

Tanggapan
๐Ÿ‘ฉUmm Daffa
*Wajibkah recycle CD 3bulan sekali*?

Kalau iya..kenapa bisa begitu??
Kok gak begini sich budok?

Jawaban ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
*wajib*
1. Karena CD sering kontaminasi dgn cairan vagina. D cuci skalipun blm tentu menjamin bersih lagi.

2. Belum CD yg udh longgar banget / robek, khawatir lubang vagina kemasukan serpihan robekan dr CD / kemasukan kotoran yg tak terlihat akibat CD yg longgar.
Belum lagi yg BB nya meningkat, CD jd ketat. Wah ini lebuh bahaya lg jd sumber infeksi.

3. Kita ga pernah tau apakah setelah BAB anus kita bersih, dan sebersih apapun biasanya tetap meninggalkan bekas bakteri d CD terutama bakteri e.coli.

*3 bulan sekali itu bukan patokan. Kalo mau 1 bulan 1x ya lebih bagus hahaha. Lebih sering ganti lebih bagus.

๐Ÿ‘ฉBerlaku untuk anak2 juga?.. ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Berlaku. BH juga sama.
Apalagi ibu menyusui, rentan terkena jamur.

๐Ÿ‘ฉummu daffa
๐Ÿณ *Nanggepi ya bu momod*

Lalu bagaimana dengan saran bahwa vagina juga perlu sirkulasi udara??
Kalau pakai CD ketat memang itu tidak baik karena takutnya jadi sarang bakteri..

๐Ÿฆ‹ Nah disini kalau malam aku pakai CD yg longgar dengan tujuan sirkulasi udara dalam vagina bisa lancar..
Ini juga salah ya bu??

๐Ÿฆ‹ Lalu bagaimana dengan tidur tanpa pakai CD ๐Ÿคญ
Ini bolehkah karena dari penjelasan budok CD longgar juga berbahaya bisa jadi vagina kemasukan kotoran yg tidak terlihat..

Karena saran yg saya tanyakan ini adalah saran dari spog hamil abang dulu ๐Ÿค”

#bingung ๐Ÿ™„

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Kalo malam memang sangat dsarankan pake CD longgar ummu. Jd belilah khusus yg longgar, dan jg  permasalahkan debu. Insya allah mlm ga banyak aktifitas, *kecuali aktifitas sm suami* #eh
Jd insya allah higienitas tetep terjaga.

2. Kalo sy tetap menyarankan pake CD ummu, hanya yg longgar.
Mau crt dkit, pernah ada pasien dia kemasukan mencit. Tau kan tikus yg kecil itu?
Ga masuk logika ya?
Tp ini real. I got it !!
Dia ga pake CD,  sebelumnya dia smpet berhubungan sm suaminya lalu tertidur. Memang tdr nya dbawah, dan kondisinya dia d perkampungan.
Itulah vagina wanita itu rentan.

๐Ÿ‘ฉUmmu Daffa
๐Ÿณ *Nanggapi*
Siyap budok kalau begitu
CD longgar untuk malam emang perlu ya.
Kalau tanpa CD ๐Ÿคญ harus dengan konferensi dulu ama swamik

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕Hahahaha siap ummu ๐Ÿ˜‚


3.๐Ÿง•๐ŸผLatifah
๐ŸŒนAssalamualaikum budok, mau tanya ketika keputihan berlebih atau merasa keputihan tidak seperti biasanya atau kadang berwarna kuning kadang suka pakai pembersih vagina seperti sabun sirih cair yang sudah siap pakai yang banyak dijual di supermarket.Karena kadang suka berasa enak dan keset jadinya ๐Ÿ˜
*a*.Apakah sebenarnya penggunaan sabun sirih cair itu boleh?
*b*.Jika boleh, seberapa maksimal penggunaan nya?
*c*.Apakah akan ada efek sampingnya jika sering menggunakan nya ?
*d*.Jika tidak boleh, apa yang seharusnya dilakukan ketika mengalami keputihan berlebih atau kadang kala berwarna kuning? Selain pencegahan yg disampaikan dalam selayang pandang karena sudah dilakukan
*e*. Apakah faktor banyak pikiran atau kecapean bisa menyebabkan warna kuning dalam keputihan?
*f*. Dalam tahap keputihan seperti apa seharusnya periksa ke Dr agar segera dilakukan penanganan?
*g*. Apakah keputihan yang tidak normal akan mengganggu proses bagi yang sedang program hamil ?
Terimakasih ๐Ÿ˜Š

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
A. Boleh sesekali, *tidak dianjurkan setiap hari*
Karena malah akan mengubah pH vagina. Jika pH vagina sudah berubah, akan mudah utk bakteri utk berkembang biak. Nnt nya malah akan menyebabkan keputihan terinfeksi, dpt merembet ke infeksi virus Hpv hinga ca cervix (tentunya dg proses panjang, hanya menjd salah satu faktor)

B. Seperluya saja, misalkan saat sedang keputihan / setelah haid saat mandi junub agar dirasa lebih bersih.

C. Di poin A

D. Sudah pernah dperiksakan k spog saat sedang banyak mom? Kl kata dsog ga ada apa2 dan normal tinggal jaga higienitas aja tiap harinya. Trutama srg ganti CD krn kl memang normal, hormonal.
Ohya, sudah pap smear,

F. Ada gejala2 infeksi seperti d selayang pandang mom

G. Bisa, keputihan terinfeksi dpt menyebabkan infeksi rahim dan panggul. Bahkan dapat mengganggu indung telur. Sehingga fertilitas / pembuahan akan terganggu.

Tanggapan
๐Ÿ‘ฉ
d. Dulu sekali th 2013 pernah sampai gatal dan berobat ke Dr dan alhamdulillah diobati semprot betadine dan beberapa obat alhamdulillah sembuh ,,
Tapi sekarang alhamdulillah ga kaya dlu yang sampai gatel sekali .. Cuma kdg berwarna kuning sekali waktu, apakah harus dicoba periksa lagi?
Cd alhamdulillah sering ganti, tiap ke air juga diusahakan di lap tisu/handuk kering khusus karena saran Dr dlu.
Nah papsmear belum budok...
Apa saja yang harus disiapkan saat mau papsmear?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Kalo memang mengganggu keputihannya, buar dperiksakan ke Bidan / Dsog mom.
Kl bs Dsog yg ada bidannya, biar keputihannya dliat langsung pake cocor bebek, krn sesungguhnya ini pemeriksaan yg paling tepat utk pemeriksaan keputihan sebelum papsmear. Nnt mom bs skalian minta pengantar utk papsmear ke Dsog nya kalo mau.

*Persiapan papsemar*
Beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan pap smear yang pertama adalah:

1. Lakukan pap smear saat Anda sedang tidak menstruasi. Ketahui siklus menstruasi Anda, sehingga Anda lebih mudah membuat janji dengan dokter untuk melakukan pap smear.

2. Jangan membersihkan vagina dengan douche setidaknya tiga hari sebelum pemeriksaan

3. Tidak melakukan hubungan seksual selama dua hari sebelum pemeriksaan

4. Tidak menggunakan tampon selama dua hari sebelum pemeriksaan

5. Tidak menggunakan alat kontrasepsi, seperti busa spermisida, krim, atau jeli, dan obat-obatan vagina selama dua hari sebelum pemeriksaan, karena ini dapat menghilangkan atau mengaburkan sel-sel abnormal

6. Kosongkan kandung kemih Anda sebelum melakukan tes untuk kenyamanan Anda (buang air kecil terlebih dahulu).

๐Ÿ‘ฉ Kalau ganggu sebenarnya ga sih budok kalau yang sekarang ini , cuma ga pd aja sama suami jdnya kalau lagi keputihan warna kuning ๐Ÿ˜
Makasih ya budok ☺๐Ÿ™๐Ÿผ
Oia, maaf tampon itu apa budok?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Nah boleh diperiksakan dl mom..
Siapa tau memang hrs d obati keputihannya.
Sm2 ya mom semoga segera berkurang keputihannya ๐Ÿ˜Š
Semacam pembalut dan dumpel2 di vagina mom hehe


4.✋dian
๐ŸŒพ Assalamu'alaikum budok,
Saya mau tanya, saya dr kmrn dlm masa ovulasi, tp kok lendir yg keluar itu bercampur bercak darah, tp frekuensi jumlahnya lendir bening itu tetep lebih banyak dr pd jumlah darah.
Itu knp ya budok, pdhl saya tdk dlm keadaan hamil. Apa mgkn efek hormonal dr KB itu blm hilang?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Waalaikmslm mom dian..
Sudah testpack?

๐Ÿ‘ฉSudah kmrn satu budok

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕Pake KB apa mom?
Lendir bercampur darahnya terus2n ato hanya bbrp x dlm sehari?
Udh berapa hari?

๐Ÿ‘ฉSaya dulu pke KB Suntik 3bln budok.
Trs dlm sehari c budok sejak ovulasi, tp hari ini kyknya sudah lmyn gak terlalu cuma hnya samar2 saja.berarti kurang lbh 3harian itu yg bnr2 bercampur itu.
Dan saya dg suami juga LDMan, kita Ktm  desember itu pas masa subur c budok, dan januari saya udah dpt haid juga.
Jd apa mgkn KB itu masih berefek budok. Pdhl kl secara teori efek kb ktanya 12 bulan ya?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕Lendir ovulasi itu memang bs bercampur dgn darah ko mom dian.
Makanya td sy tanya karakter ny bagaimana.
Kalo menurut paparan mom dian seperti itu, memang mirip seperti ovulasi. Insya allah bukan yg lain, dan bkn dr KB.

Skrg udh ga dpake kan KB nya?
Nnt kalo gejalanya berkelanjutan, cb testpack ulang, kl msh negatif k DSOG ya mom.

๐Ÿ‘ฉIya sudah lepas KB selama 2thn budok...
Berarti tidak apa2 ya budok.
Bismillah smg aman2 saja.
Iya nnti kl berkelanjutan saya testpack ulang.
Terimakasih budok...


5.eliza
๐Ÿงassalamualaikum budok
1. apakah pakai pembalut dari kain itu bisa dipakai berkali-kali?
 sementara kita tidak bisa memastikan apakah msh steril setelah dicuci atau dijemur.

2. saat sedang haid saya sering kesakitan sampai harus bedrest slm 2 hari pertama, kram yang cukup nyeri, mual sampai muntah. apakah itu normal?
 bagaimana ciri sakit haid yang tidak normal?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Waalaikmslm mom eliza..
1. Sy tdk menyarankan mom pembalut kain, td pagi sy bkin pernyataan msh lebih baik pembalut yg habis pake, dan tentunya hrs sering ganti.

2.  Nyeri pd saat haid itu hal yg umum. Krn saat proses haid, *terjadi peluruhan dinding rahim* dan saat peluruhan tsb terjadi pelepasan hormon yg merangsang syaraf, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Nyeri pd haid disebut dgn *dismenore*

Gejala-gejala umum dari dismenore adalah:

- Nyeri pada perut bawah, kadang terasa intens
- Terasa tekanan pada perut
- Nyeri pada pinggang, punggung bawah, atau bagian dalam paha
- Mual dan muntah
- Feses yang cair
- Sakit kepala
- Pusing

*Jika sering mengalami dismenore, sbaiknya diperiksakan ke DSOG, bila memang normal maka memang karakteristik haid ssorg seperti itu. Tp biasanya jk berlebihan memang ada sesuatu.
Mom sudah pernah periksa?

๐Ÿ‘ฉTanggapan
maap budok kemarin sya ketiduran. alhamdulillah prnh d USG tp ga ada apa2. terimakasi jawabannya ๐Ÿ™๐Ÿฟ

๐Ÿ‘ฉdania
bu dok, ini maksudnya pembalut kain itu ga boleh. atw gimana?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Iya makjoo
Sebaiknya tetep pembalut yg pospak. Tp kembali ke kepercayaan masing2 ko bebas selama ga ada keluhan mah


6.๐Ÿ™‹‍♀ Fitri
Assalamu'alaikum..
Budok, saya belum menikah , tp tertarik untuk mengikuti kulwap ini ๐Ÿ™‚

✨Saya mengalami keputihan hampir setiap hari, jadi keluar segaris ,sedikit, pasti saja ada tiap harinya.. itu normal atau tidak? karena frekuensinya hampir setiap hari. Dan saya harus bagaimana menanganinya?
aktifitas saya sehari2 kuliah

✨Perihal keputihan yg normal itu tidak berbau kan ya, dok ? Saya hanya tidak mengerti tidak berbau itu benar benar seperti kita mencium air bening itu tidak memiliki bau, atau keputihan normal itu sebenarnya memiliki bau khas?
Karena saya kadang mendapatkan keputihan yg bening tapi ada bau khas meskipun tidak menyengat baunya

✨Apa saja makanan atau minuman yg harus dihindari untuk mengurangi keputihan?

✨ budok tadi saya baca jawaban budok kalau ke bidan pemeriksaan keputihan sebelum papsmear dengan cocor bebek.
Jika belum menikah, bagaimana dokter memeriksa keputihannya ? apa sama dengan cocor bebek juga? Terimakasiih

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Waalaikmslm, hebat mba fitri, smoga semangat terus dlm belajar ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

1. Selama ga ada tanda2 infeksi seperti dalam Selayang Pandang, berati msk kategori normal mba. Apalagi mahasiswa rentan akan stress, keputihan yg normal pun akan muncul saat stress. Tetap jaga higienitasnya, agar terhindar dr infeksi.

2. Baunya yg abnormal itu menyengat atau busuk mba. Kl normal bau sewajarnya spertu bau vagina saja.

3. Makanan / minuma ga ada yg mempengaruhi mba. Amannn.

4. Kalo belum pernah berhubungan seks, hanya dilihat karakteristik keputihannya jika memang ada. Ga boleh pake cocor bebek mom nnt dperawanin duluan :3
Kalo k DSOG lewat USG aja tp ga bs dliat jelas penyebab dr saluran luar nya.

Tanggapan
Fitri cleeaaaar, terimakasih budok atas ilmunyaa๐Ÿ˜Š๐Ÿ’•


7.๐Ÿ™‹‍♀Niar
๐ŸŒธ Bertanya tentang keputihan:
a. Apakah wajar keputihan setelah kita kena cacar air. Agak sedikit beraroma tapi tidak tajam. Warnanya putih kekuningan dan cair. Bolehkah dibasuh dengan lactacyd?

b. Apakah sudah perlu papsmear?

c. Saya sempat papsmear 10 bulan yang lalu, apakah perlu diulang kalau saya mau vaksin HPV?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
A. Keputihan tdk ada hubungannya dengan h cacar air. Sy pikir karakteristik yg mom sebut msh dlm batas wajar. Observasi aj mom dlm bbrp hari kedepan. Boleh dbasuh lactacyd, tp tdk tiap hari.

B. *Papsmear itu wajib* bagi perempuan yg sudah pernah berhubungan intim 1 tahun setelahnya wajib utk papsmear tanpa menunggu ada keluhan.

C.  Perlu d ulang


8.✋ Aul
๐Ÿ„ Assalamualaikum budok, mau tanya masih masalah CD , idealnya sehari ganti berapa kali ya? Apakah setiap CD basah / ada noda keputihan harus ganti? Atau bisa misal sehari cukup 3x. Terimakasih.

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Waalaikmslm mom aul...
Betul sekali, idealnya setiap ada noda/celana kebasahan. Krn stelah cebok, organ repro kita hrs nya kering sblm oake CD. Kl CD basah hrs segera dganti.
Biar ingat, sblm kita shalat kita cek CD kl ada keputihan ato basah kita ganti CD  selain menyehatkan, biar nambah ke sah an shalat kita juga :3
Wallahualam...

Tanggapan
 ๐Ÿ–๐Ÿฝ Aul
๐Ÿ„ Kalau untuk bahan CD sendiri budok, ada yg bisa mempengaruhi v akan semakin lembab jadi cpt basah/keputihan ga?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Bisa mom aul.
Pilihlah yg bahannya adem dan menyerap keringet.
Makanya tiap 3 bulan itu skalian cb2 merk yg nyaman, jgn cukup 1 merk siapa tau ada yg lebih nyaman.

Biasanya bahan katun aga dhindari krn cukup panas & lembab.

✋๐Ÿป NopiTanggapan
๐ŸŒœbudok, ini bahan katun kah yg dihindari? hehe

kalau dr tanggapan teh lidya
pertimbangan untuk periksa ke spOG dan spKK itu bagaimana budok? kadang bingung ke spOH atau ke spKK hhe

trimakasih budok dan momod kece ✨

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Masya Allah salah redaksi lg maafkan pemirsah ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
Mksh opii udh perhatiin.
Maksudnya

*"Hindari bahan CD selain katun, karena akan bikin panas & lembab"*

Arti lain

*"Bahan CD terbaik adalah yg terbuat dr bahan katun, krn akan menyerap keringat dan menghindari lembab"*

_Pertanyaan BAGUS_
Bisa kedua2nya, ga ada batasan khusus sih.
Hanya yg membedakan, kl SpOG bs USG sehingga jika ada infeksi bs d cek hingga organ repro dlm. Tp kalo kaya keputihan biasa, infeksi menular seksual memang cukup k spKK.
Tergantung kasus nya juga. Sekiranya pure kelamin yg tdk akan membahayakan rahim, ovarium dll bs ke spKK. Selebihnya kl dkhawatirkan takut berefek k organ dlm ke spOG lah.

๐Ÿ‘ฉ aul
Ok budok siap.
Ini aku baru mau nanggapi, katun yang tidak boleh? Ternyata sudah ditanggapi mom opay, hehe untung manjat dulu.
Makasih budok n mom opay ♥

๐Ÿ‘ฉLM Umm Daffa: ๐Ÿณ *Nanggapi*
Kalau CD basah harus ganti ya.
Lalu untuk lap vagina setelah pipis baiknya pakai handuk khusus atau tissue sekali pakai buang??
Saya pakai handuk khusus lap vagina tiap habis pipis..sehari ganti.
Kalau lagi menstruasi baru pakai tissue

Kalau tissue yg bagus buat lap vagina bolehkah pakai tissue yg biasa kita pakai buat lap mulut atau tangan itu??

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Boleh pake apapun asal bersih. Krn kalo lap sifatnya hanya sebentar sekali... jd yg penting bersih, ga ada bahan khusus ummu.

๐Ÿ‘ฉKalau cuman bagian yg trkena vaginanya aja yg sering diganti gmn?
Hehe
Misal, jd banyak sedia kain kecil aj buat diselipin di cd...jd cdnya g usah sering ganti. Kainnya aja yg ganti"
Hehe,
#hematapapelitnih

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Utk haid mom restri?
Tetep ga menyarankan ๐Ÿ˜Š

Darah itu rentan jd sarang bakteri.. bekas nya pun sama.

๐Ÿ‘ฉ ๐Ÿ‘™untuk harian ga lg haid. Kan td ad dibahas baiknya dlm sehari cd diganti, apalagi ketika basah atau ad keputihannya..

Nah kalau kain yg diselipin di cd aja yg dganti bgmn?๐Ÿ˜

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Td asa udh bls mom restri apa aku ngalindur ya ๐Ÿ˜‚
Bs aja, asal terjamin kebersihannya.
Balik lg ke pribadi masing2 ko mm restri.
Hanya kalo utk darah haid sy ttp menyarankan pembalut pospak.
Tp kmbl lg k msg2 ya mom restri...


9.๐Ÿ‘†๐Ÿปade
๐ŸŒทselain krn kondisi vagina yg lembab bisa buat keputihan, apakah rambut di kemaluan itu bisa menimbulkan tumbuhnya jamur dan mengakibatkan keputihan budok?
Beberapa kali saya pernah merasa gatal di vagina dan kemudian saya coba aja cukur semua rambut di kemaluan. Alhamdulilah besoknya udah ga gatal lagi. Jadi setiap vagina udah mulai gatal, saya biasanya cukur.
Baiknya gimana budok, apakah ada aturannya secara medis dlm mencukur rambut kemaluan?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Utk rambut pubis, yg sangat mungkin terserang kutu. Dan kutu nya ini ada yg terlihat & tidak terlihat.
Utk jamur, bs mengenai kulit pubis & akar2 rambut pubis.

*kutu&jamur* pada pubis ini gejalanya sangat gatal

Betul, cukur rambut pubis itu selain sunah dlm islam, wajib dlm medis.

_Rambut pubis idealnya 2-3 cm cukup._

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Sebelum sy balas tanggapan..
Sy mau ralat, td keinget waktu mandi td aku ngetik panjang rambut kemaluan idealnya 2-3cm ya?

Sorry, yg bener mksdnya *ga lebih dr 2 cm*
Rambu t kemaluan bs tumbuh dr 1,2-5 cm.
Nah lebih dr 3 cm udh bs jd sarang buat bakteri. Jd mksdku 2-3 cm tuh batas pisan dan rentan jd tempat berkumpulnya kutu, jamur, bakteri beserta teman2nya.


10.๐Ÿ™‹Maya
๐Ÿ“1.dok,apakah abnormal bentuk vagina  jika ada yang menjulur keluar ( benjolan )yg tdk simetris antara kanan dan kiri,sy iseng2 googling ๐Ÿ˜ yg sy baca itu labia minora,dan semenjak setelah melahirkan kok malah makin panjang,tdk ada keluhan seperti nyeri hanya sja sedikit merasa tdk nyaman, apakah itu normal apa abnormal dok?
  2.benarkah ada beberapa makanan mampu memperbanyak keputihan yg dialami,seperti makanan yang bergetah?
  3.amanka penggunaan produk herbal semisal manjakani yg berupa butiran kecil yang di masukkan kedalam vagina yang katanya untuk obat keputihan dan membuat vagina kesek๐Ÿ˜?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Bentuk labia minora maupun majora memang harus simestris mom.
Jika asimetris betul, dkhawatirkan ada benjolan.
Sudah mom raba?

2. Sampe saat ini penelitian tdk membuktikan mom.

3. Utk tradisional, tim medis tdk mengetahui kebenarannya mom.
Obat keputihan memang ada yg bs dmasukan lewat vagina, tp yg sy tau itu berupa obat yg sudah diverifikasi bpom & tentu dg penelitian2 sebelumnya. Utk vagina keset, sama. Mnrt medis, sampe skrg vagina keset itu ga bs dciptakan oleh obat.

Tanggapan
 ๐ŸคšMaya
Sudah budok,teksturnya mirip dengan puting susu hanya sj jika di pegang  tidak berisi , dan warna agak coklat mengarah hitam,

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Wah sebaiknya ini mah dperiksakan k DSOG aja mom.
Khawatir bartolinitis / benjolan yg lainnya msh sangat mungkin. Tp bukan apapun bs jd, makanya hrs d palpasi/pegang langsung jd sy ga bs menebak2 itu apa mom...

 ๐Ÿคšmaya
๐Ÿ˜–๐Ÿ˜‡
Oiyap budok,terimah kasih ๐Ÿ™

Tambahan, apakah ada pengaruh bentuk vagina,bagi yang tidak di khitan budok?
Pernah dengar ,katanya labia minora bisa asimetris faktornya tdk di khitan waktu kecil๐Ÿ˜Š

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
 Ga ada mom maya.

*Khitan pd perempuan itu hanya dibershikan clitoris nya.*

Jd ga dkhitan pun ga akan merubah bentuk apapun vagina.

๐Ÿ‘ฉ Yap,Makasih banyak budok❤


11.๐ŸปAisha
๐Ÿƒ Terkadang CD yang saya pakai itu bolong, karena tingkat keasaman organ intim sedang meningkat kah dok? Kira2 bahaya ga sih dok kalo sampe bikin CD bolong begitu?

๐Ÿƒ Bagaimana cara menjada kebersihan organ intim sebelum&sesudah berhubungan? Karena saya pernah mengalami gatal2 setelah berhubungan ketika hamil.

Terima kasih ๐Ÿ˜Š

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
 1. CD bolong berkaitan dgn ketat / jenis kain mom. Sejauh ini ga ada kaitan bahayana organ repro kita sehingga menyebabkan CD bolong. Mom sudah pastika tdk ketat & bergonta ganti merk?

2. *Sebelum berhubungan* hendaklah basuh vagiba dg arah dr depan kebelakang.

*Setelah berhubungan* hendaknya BAK lalu basuh kembali dr depan kebelakang, jika memungkinkan langsung mandi, jika tdk ganti CD.

 *TANGGAPAN*
๐Ÿง•๐ŸปAisha
๐Ÿƒ Sepertinya memang dari merk dok. Soalnya CD yang zaman old yg bahannya apalah itu aku ga tau, yg gede2 itu ga ada yg bolong. Tapi yg tipis2 yg mahal2 justru pada bolong.
Dulu memang suka pake yg ketat dok. Tapi skrng udah ga lagi karena engap&sakit ๐Ÿคฃ
Terima kasih dok

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Nahhh
Mulai skrg segera cari merk & bahan tg bener2 cocok d mom aisha. Yg nyaman dan ga bkin bolong seengganya selama 3 bulan hehe.

๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀vina
tanggapan :
Setelah hb baiknya bak dan basuh lg vagina nya, itu basuh dengan air saja cukup kah bu? KaLo menggunakan lactacyd boleh?
Pernah juga pakai air yg sudah dicampur dengan detol antiseptik, apa itu tdk apa2 ya bu?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Ga perlu mom.
Cukup dg air ya
Hindari antiseptik pada vagina.

๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀ vina
Sebelumnya saya tiap hari pakai lactayd bu.. ๐Ÿ˜ซ
Jadi ga pede kalo ga pakai..

Apa ada hubungan nya ya, vaginaku skrg terlihat pucat krn sering pakai lactayd kah?๐Ÿ™ˆ

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Kalo perubahan warna blm ada teori nya sih mom vina hehe.
Kl emg sering sy yakin bs terjd perubahan pH. Gpp insya Allah gapapa, yg pntg skrg udh tau jd bs dkurangi ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ‘ฉvina
 Bismillah ga apa2 ya budok..
Makasih budok ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


12.๐Ÿ™‹‍♀ Ishfi
๐ŸŽง
a. Maaf budok ingin bertanya, seberap urgent kah kita membersihkan kemaluan (utk suami dan istri) setelah melakukan hubungan, kadang kalo kecapean suka lupa ketiduran atau dibersihkan pakai tisu saja. Kalopun pake tisu baiknya tisu basah atau kering ya?

b. Maaf setelah melahirkan kan pastinya bentuk vagina berubah, adakah kiat yg bisa dilakukan biar agak rapet lagi gitu ๐Ÿคญ๐Ÿ™ˆ duh maap ya kalo pulgar. AKu ngebayangin anak kedua dan selanjutnya wehehhe

c. sama seperti pertanyaan sebelumnya masih bingung ttg cukur rambut,, Apakah benar sebaiknya tidak total d cukur semua? Baiknya berapa waktu hrus d cukur? Mksdnya sebulan sekali atau gmna budok? dan area mana kah yg sebaiknya tidak d cukur habis?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
A. Mom ishfi caranya tepat d atas sbelum jwbn sy ini ya.. tisu msh sangat kurang utk membersihkan setelah HB ๐Ÿ˜Š

2. Vagina itu elastis. Saat melahirkan memanng vagina akan berubah. Tp percayalah *vagina akan kembali ke bentuk semula secara perlahan*
Jd tdk betul, jika banyak anak makin kendor ato makin besar.
Mau sebanyak apapun anak, vagina akan kembali ke bentuk semula.
Beda dgn hymen/selaput dara, yg hanya bs robek 1x.

C. Tdk ada area khusus yg d cukur ato tdk mom. Sudah dbahas d atas, bukan krn waktu. Cukur krn kepanjangan. Sisakan 2-3 cm

Tanggapan
✋๐Ÿปlidya
Kalau dicukur sampai habis gimna? Soalnga gatel bgt. Dan tahu kulit sekitar bulu gatal karna kutu atau jamur dr mana?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1-2 cm rambut pubis itu sebagai proteksi kulit pubis momlid.
Dan kalo dcukur habis rentan gatal2 d kulit pubis
Tp para pakar tdk mengharamkan ini, jd kalo mau dckur habis pun gapapa resiko terjd sesuatuny lebih kecil dr rambut pubis yg panjangnya lebih dr 2 cm.

๐Ÿ‘ฉLidya
Siap budoker.. Soalnya panjang dikit dah gatel bgt. Kl berkutu, wajib pake obat kah? Hrs cek ke spkk y? (Eh boleh nanya lg ga? ๐Ÿ˜‚)

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Iyaa hrs d cek DSOG momlid dan hrs d obati. Bisi kutu nya nular k suami ๐Ÿคฃ

*Btw rambut pubis cowo jg bs kutuan

Bagus nah ada alarm biar rajin cukur momlid hehe.

๐Ÿ‘ฉlilik
๐ŸŒ Berhubung lagi nyangkut k Mr. P ... Apakah sama intinya cara menjaga kebersihan Mr. P ? Singkatnya apa saja budok yg perlu dilakukan?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
 Ga jauh beda mom lilik..
99% sama, hanya cebok saja ga wajib dr depan ke belakang hehe.

Boleh dbaca ini mom lengkaap.

http://www.alodokter.com/bagaimana-cara-merawat-penis

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Hanya, krn bagian reproduksi pria banyak lika likunya. Membersihkannya pun butuh waktu krn hrs bener bersih. Boleh dbaca d artikelnya.

๐Ÿ‘ฉ Sip ๐Ÿ˜˜


13.๐ŸŽ€ Tantri Andari
Ada kasus teman, dulu pernah kena kista sekitar umur 13 tahun, lalu dioperasi. Ketika menikah usia 26 tahun ada lagi dan diberi obat jd mengecil lalu hamil. Dari riwayat keluarga tidak ada yg kena kista.
Kenapa kista berulang, apa bibitnya msh ada terus di rahim?
Bahaya tidak untuk janinnya?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
 Jika pernah terkena kista dan blm d operasi msh ada kemungkinan utk membesar dan mengecil dgn sendirinya.
Jd ya kalo blm d angkat kapanpun bs membesar.
Bahaya tdknya jika ukuran kista yg besar mom, dan ini dtentukan oleh DSOG.

Tanggapan
๐Ÿ‘ฉKalo udah di operasi trus timbul lagi bbrp tahun apa itu kista baru or bibitnya selalu ada budok?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Kista baru mom...

๐Ÿ‘ฉMakasih budok
 ✅

14.๐Ÿ™‹๐Ÿป Indah Siauw
๐Ÿฆ‹ Bu dokter, saya pernah 2x diberikan obat untuk mengurangi keputihan oleh obgyn yang dimasukkan melalui vagina. Alasan dokter memberikan adalah keputihan saya banyak sekali. Padahal saya merasa keputihan saya tidak banyak, biasa saja. Pertama kali diberikan saat saya melakukan konsultasi tentang pembengkakan vagina setelah melakukan hubungan suami istri, dokter memvonis saya alergi sperma.  Yang kedua, saat obgyn melakukan pengecekan bagian dalam vagina saat saya hamil tua untuk mengecek adanya ketuban yang bocor atau tidak.  Pertanyaan saya:

1. Keputihan disebut banyak itu yang seperti apa sih dok sampe harus diberikan obat?

2. ‎Apakah keputihan banyak itu beresiko hingga harus diberikan obat? Keputihan saya tidak berbau busuk, normal2 saja.

3. ‎Apakah bakteri dari keputihan juga bisa menyebabkan alergi sperma? Kalau tidak, alergi sperma disebabkan oleh apa ya dok? Apakah makanan juga mempengaruhi rasa sperma (misal, habis makan pedas, spermanya jadi pedas juga gitu? Sorry, bukan lagi ngelucu tapi pernah baca2 juga katanya bisa memicu). Alergi sperma kedengarannya lucu dan aneh ya, tapi bagi yang mengalaminya sangat menyakitkan, dan saya baca-baca bisa menghambat kehamilan juga. Alhamdulilah, saya masih bisa hamil setelah minum obat anti alergi sebelum berhubungan dengan suami, jadi alerginya gak keluar.

4. ‎Melanjutkan pertanyaan nomer 3, apakah alergi sperma bisa disembuhkan melalui terapi? Kalau ya, terapi seperti apa?

5. ‎Pertanyaan ini agak menyimpang dari topik pertanyaan saya, tapi saya penasaran. Di payudara saya ada benjolan, tapi feeling saya ini benjolan karena asi yang mampet. Untuk memastikan ini cuma mampetan asi bukan kanker/tumor payudara saya mesti cek ke dokter spesialis apa ya dok?

Terimakasih

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Ga ada takaran banyak / sedikit sbnenrya. Yg hrs dberikan obat berulang x sy bilang jk ada tanda2 infeksi mom. Kl slm normal, dkte tdk akan memberikan obat. Dan tiap dsog pst punya keputusan yg berbeda utk terapi, mgkn pd saat mom dtg k beliau, mnrt beliau keputihan mom mmg msk ke indikasi terapi dgn indikasi keputihan yg banyak.

2. Kalo memang banyak berbahaya mom, dan memang termsk indikasi terapi.

3. Alergi sperma = HHS (Hipersensitivity to human semen) bukan suatu alergi yg lucu mom.
Reaksi alergi/hipersensitivitas hal yg biasa terjd pada manusia. Sm hal ny seperti alergi seafood, debu, cuaca dan yg lainnya.
Reaksi alergi muncul krn alergen nya yg muncul, dan biasanya tdk dsertai penyebab yg lain.
Kalo alergi debu ya muncul stelah terpapar debu.
Kalo alergi sperma ya muncul stelah terpapar sperma.
Penyebab yg lain biasanya tdk diikutkan & sangkut paut. Misalnya makanan pedas yg sperti mom sebut, itu sumbernya hrs dcari tau lg mom drmana.
Krn reaksi alergi itu sudah jelas perjalanannya krn alergen itu sendiri.
Sm dgn keputihan, itu berbeda jalur ya mom.

4. Sm seperti alergi laiinya, bs dterapi dgn terapi alergi.

5. Ke spesiali bedah mom. Sudah cb d massas bagian benjolannya? Sudah massas lalu pompa ato ennrnin 3 jam skali

๐Ÿ‘ฉSaya pernah diketawain mom sama temen saya karena alergi sperma ๐Ÿ˜ญ
 Terimakasih jawabannya dok. ๐Ÿ‘Œ

๐Ÿ–Indah Siauw
๐Ÿฆ‹
izin menanggapi sedikit.
Untuk terapi alergi sperma ke obgyn atau ke spesialis alergi ya dok?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Gpp mom dsabarin aja. Mom kan sudah tau ilmunya, mgkb tmn mom gatau ilmunya jd ya menertawakan ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Biasanya ke dsog mom tp yg expert dbidang ini krn d sensitisasi pake sperma. Tp kalo gavada yg expert biasanya dlempar ke spesialis alergi
Kl mom mau, mom konsultasi dl saja dgn dsog nya mom.

๐Ÿ‘ฉ Terimakasih dokter. ๐Ÿ‘Œ


15.๐Ÿคš๐Ÿผazmi
๐Ÿ˜ budok kalo sy sebenrnya biasa keputihan.
1.Tp setelah menggunakan IUD keputihan sy semakin bnyak. Apalagi setelah haid. Apakah itu normal?
2. Stelah menggunnakan iud haid jd lama sekitr 2minggu. Tapi yg bnr2 kluar darah hanya 1minggu, setelah itu lendir kecoklatn.lendir itu masih hitungan haid kah?
3. Dan udah 2bln ini kalo stelah haid sy kena infeksi saluran kemih. Apakah itu dr iud jg?

Terimakasih sebelumnya

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Keputihan yg banyak stelah IUD hrs d observasi mom. Karakteristik keputihannya bagaimana?

2. Msh terhitung haid mom. Kl memang trs menerus sperti itu cb kontrol lg mom, brgkali tdk cocok mom menggunakkan iud kl memang sering pendarahan.

3. Bkn dr iud mom. Tp dr higienitas saat haid. Cb perhatiin lg ya mom, harus sering ganti pembalut, sering dbasuh dr arah depan ke belakang saat haid.

Tanggapan
 ๐Ÿณizin menanggapi
keputihannya bentuk nya seperti lendir putih kental dan agak tebal dok.

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Ini sudah mendekati keputihan terinfeksi mom. Biasanya lama2 akan berubah bau dan warna.


16.๐Ÿ™‹๐ŸปAjeng
๐ŸŒˆ
๐Ÿƒ Apakah keputihan pada anak balita juga normal terjadi?
๐Ÿƒ Jika terlihat ada perbedaan pada anatomi kemaluan anak perempuan, baiknya di periksakan ke dokter apa?
๐Ÿƒ Apakah pewangi &pelembut pakaian (molto, downy, dll)  jg bisa jd pengganggu bakteri2 baik di Ms V seperti douch? Dan dapat pemicu keputihan jg budok?

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Kalo pd anak bkn keputihan biasanya mom. Hanya kotoran yg kdg berbentuk selaput saja. Yg dmksd mom keputihan pd abk sperti apa? Usia brp mom?

2. Ke dokter anak dl, nnt kl memang perlu tindakan selanjutnya nnt akan drujuk ssuai kebutuhan.

3. Kalo mengganggu bakteri baik sih sy blm tau mom sjauh ini blm ada teori nya, hanya membuat iritasi sangat mungkin.

*Maka dr itu klo mencuci CD carilah detergen yg tanpa pewangi. Usahakan mencuci CD langsung setelah tdk dgunakkan, jgn ditumpuk nunggu nnt. Khusus BH & CD cucilah segera.*

Tanggapan✋๐ŸผAjeng
๐ŸŒˆ
Ijin menanggapi.
Keputihannya, lendir bening gtu budok. Kalau di cd'y kadang ada bercak jd kuning kalau kering.
Usia 23bln.
 ✅

17.๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀arista
๐Ÿ’ƒ๐Ÿป Budok ernii saya mau tanya:
1. Apa ada bahaya/efek samping penggunaan kondom/pengaman setiap berhubungan?
2. Apa bedanya Pap Smear dengan IVA tes? Saya pernah IVA tes sekitar bulan oktober tahun lalu, apakah harus diulang? Atau malah tetap harus pap smear? Apa jadinya jika saya tidak mengulang IVA tes budok?
Matur nuwun budok๐Ÿ™๐Ÿป

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Ga ada mom, kondom justru 97% menurunkan angka ca cervix & infeksi menular seksual lainnya.
Selama ga ada reaksi gatal, panas yg mrupakan reaksi alergi. Gunakan lah kondom. Sesekali blh lepas kondom bagi pengguna KB ini dsaat usia tdk subur.

2. Perbedaan prosedural tes & spesifikasi aja mom.
Kl sudah iva tes cukup ko, itu hanya pilihan, mom bs pilih salah satu saja. Kalo mom mau mengulang bulan oktober thn ini saja ๐Ÿ˜Š

Tanggapan
 ๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀arista
๐Ÿ’ƒ๐Ÿปmenanggapi dok..
1. Mksdnya sesekali dilepas itu disarankan atau diharuskan dok? Kalau selalu pake gapapa kah dok?
2. Dampaknya apa ya dok kalau saya tidak mengulang tes IVA?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
1. Sesekali saja mom buat refreshing jg. Tp pastikan bukan d tgl subur
2. Dampak nya ya mom gatau kondisi cervix mom hehe

๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀arista
๐Ÿ’ƒ๐Ÿปmenanggapi..
Jadi tes iva/pap smear tujuannya utk tau kondisi cervix ya budok? Sehat atau ada masalah gitu ya?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Betul tujuan iva test adalah *Mengetahui lesi pra kanker serviks*.

๐Ÿ‘ฉMaaf budok saya nanggepin terus hihi...
Satu lagiii aja... hehe
Kalau setiap HB pake kondom terus gapapa kan ya?? Soalnya takut pas masa gak subur kita salah itung๐Ÿคญ๐Ÿคญ

๐Ÿ‘ฉGiska
Maaf boleh kasih masukan budok,slagi mnggu budok jawab, baikny menggunakan  aplikasi jg mom d henponnya.. spy bisa melihat kapan masa suburnya.. cmiiw budok
๐Ÿ™‹ Dhira
menanggapi.
sy pake aplikasi "kalender saya"
sangat membantu sekali mengingatkan  kapan jadwal haid akan tiba dan selesai. ada perhitungan masa subur jug
๐Ÿ‘ฉ Aplikasinya pke apa mbuuuu?
๐Ÿ‘ฉ Giska
Aku flo mba mba

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕Boleh ko mom..
Ato mau pake aplikasi yg dr mom giska dan ibu2 lainnya mau cb boleh ๐Ÿ˜˜

✋๐ŸปSyifa
Idzin menanggapi
Dok, jika sedang hamil apakah HB hrs menggunakan kondom?
Lalu HB saat hamil boleh pake pelumas ga ya?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Trimester 1-2 memang sebaiknya pake kondom.
Seperti yg kita tau, sperma mengandung prostaglandin yg dpt merangsang kontraksi.
Khawatir kontraksi prematur, maka dhindari masujnya sperma.
Tp bbrp dsog jg memperbolehkan tanpa kondom jikandrasa trimester 1-2 kandungannya kuat.

Hindari pelumas ya mom.

✋๐Ÿปsyifa
Idzin menanggapi.
๐ŸŽ‰
Kenapa ga boleh pake pelumas budok?
Boleh tau alasannya?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
 Pelumas is zat kimia kan?
Sebaik2nya zat kimia tetap diminimalisir saat hamil, zat kimia jika manfaat nya ga lebih berat sbaiknya dhindari.

✋๐ŸปSyifa
Idzin menanggapi lagi.
๐Ÿ™
Kebetulan di awal bulan saya prnh flek, tp alhamdulillah skrg sdh aman.
Dan skrg kandungan saya sdh 4 bln menuju 5 bln.
Saya ko msh was2 mau HB dok?
Agak takut๐Ÿ˜ฌ

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕nah kl asa keluhan begini HB dbataasi ya mom.
Insya allah calon ayah nya jg mengerti.
Klpun mau ya pake kondom

✋๐Ÿปsyifa
Idzin menanggapi
๐Ÿ˜ฌ
Kalau pelumasnya dari minyak zaitun atau VCO boleh ga?,
Krena kalau sudah lama ga HB lalu HB lg, suka sakit klw ga pake pelumas.
Boleh ga ya dok, pake Minyak zaitun atau VCO?
terima kasih budok

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕ Boleh mom ๐Ÿ˜Š


18.๐Ÿ™‹๐ŸปDesi
๐Ÿ’– budok.. Anak saya perempuan usia 7tahun.. Dari usia pra sekolah pernah sesekali saya menemukan bercak di celana dalamnya sperti noda celana dalam saya ketika keputihan.. Apakah itu keputihan atau hanya kotor karena tidak bersih ketika membersihkan pipis..??
๐Ÿ’– kalau itu keputihan anak2 usia sgitu apakah sudah bisa keputihan.. Apakah sebabnya sama sprti keputihan org dewasa?? Lalu bagaimana pencegahannya.. Nodanya tidak sering sih.. Hanya 3-4x selama ini dan nodanya sedikit namun cukup membuat saya kepikiran..
๐Ÿ’– apa bahayanya jika anak2 masih salah dalam cara membasuh kemaluan saat bak atau bab?? Saya sdh mengajarkan cara membasuh vagina yaitu dari depan ke blakang.. Dan saat bab membasuh vagina dulu baru dubur.. Tp namanya anak2 ya bgitulah semau dia sendiri..
๐Ÿ’– oia budok.. Saya sering muncul sprti jerawat namun gatal di skitar selakangan.. Apakah itu berbahaya? Apakah itu disebabkan krn sering terkena ompol bayi.. Pdhl saya selalu basuh dg aer mengalir,ganti cd dan baju ketika diompoli si bayi tp sering muncul jerawat itu yg makin diusap makin gatal..
๐Ÿ’– budok.. Dulu saya waktu hamil kedua saya keputihan parah.. Berwarna kuning kehijauan, dab gatal luar biasa.. Sudah konsul ke spog n diberi obat namun tak kunjung sembuh meski obat telah habis. Dan saya diamkan saja krn saya takut konsumsi obat saat hamil. Hanya sering2 ganti cd dan basuh dg aer hangat saat bak.. Nah kebetulan saat melahirkan placenta sudah tdk berfungsi dan aer ketuban keruh.. Apakah itu disebabkan dg keputihan saya itu.. Dan apakah alergi kulit anak saya ini disebabkan oleh keputihan saya saat hamil??

Terimakasih budok sebelumnya

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Sy bahas sedikit dsni mengenai *keputihan pada anak* ya mom.
Sekalian memperjelas pertanyaan mom @⁨Ajeng | Ummu Maryam⁩ .

Sekret/ cairan yg keluar dr vagina perempuan dr bayi hingga tua memang dsebutnya keputihan. Tp kalo pd bayi - anak / sbelum memasuki remaja _sebagian besar karena kotoran_ dan biasanya dalam batas nomal.
Tp ga menutup kemungkinan, kotoran / keputihan pd anak dpt terinfeksi dan suatu hal yg patologis.

*penyebabnya*
- Bakteri bs masuk dr dubur ke vagina terutama bakteri e.coli
- posisi duduk anak (mengangkang rentan masuk bakteri, virus dsb)
- CD yg kotor
- Cd ketat
- CD yg basah.

*Pencegahan*
A. Lebarkan posisi lutut bayi dan anak ketika buang air kecil. Ini perlu dilakukan agar air kencing tidak tertahan di sekitar vagina.
B. Keringkan alat kelamin bayi dan anak sesudah buang air kecil.
C. Bilas vagina bayi dan anak dengan benar, yaitu dari depan ke belakang.
D. Jangan biarkan bayi dan anak mandi terlalu lama, apalagi berendam. Hal ini perlu dilakukan agar vagina mereka tidak terlalu lembap.
E. Hindari membedaki area vagina.
F. Hindari penggunaan sabun secara langsung pada vagina bayi dan anak.
G. Jangan menggosok vagina bayi dan anak terlalu keras.
H. Jangan gunakan sabun mandi yang mengandung parfum.
I. Pilihlah pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, sehingga vagina bayi dan anak tetap kering dan tidak lembap.
J. Biasakan mengganti pakaian dalam anak sekitar 2-3 kali sehari agar vaginanya tetap kering.
K  Kontrol kebersihan alat kelamin anak yang masih berusia 5-10 tahun.

- Cara membasuh yg salah bs menyebabkan keputihan yg abnormal mom. Iya gpp, perlahan d sounding terus ya mom.

- Bs krn terlalu lembab mom. Dan memang ada bbrp kasus bisul/jerawat d selangkangan ini seperti bawaan. Maka dr itu perlu higienitas yg sangat baik.

- Keputihan bs saja merembet menjadi infeksi baik itu pd plasenta & ketuban. Tp tdk mempengaruhi alergi pd anak.


19.๐Ÿ™‹ Dhira
๐ŸŒŸ izin bertanya :
sy usia 27thn 2018 ini, dok sy haid 2minggu sekali dan masa haid aga lama rata2 10hari. jd dlm sebulan Sy hanya punya masa bersih 14-15hari, kadang2 aja LBH dr itu dah bersyukur bgt bs tambah hari sholat. apakah hal itu wajar dok? sy sdh pernah periksa USG katanya tdk ada masalah. kl haid kadang sakit kadang biasa aja.
keputihan memang suka ada jd tiap jam sholat Sy suka cek dan ganti. tp hanya putih susu, biasanya pas deket2 haid suka ada. kl pas baru bersih, warnanya bening

Jawaban
๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Mba sdh menikah?
Sudah cb second opinion?
Kl mnrt sy pola haid sperti mba kurang baik mba..

๐Ÿ‘ฉblm menikah dok๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ฑ
jd harus bagaimana?

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Coba ke DSOG yg berbeda ya mba...
Biar d usg & periksa ulang.

๐Ÿ‘ฉbaik dok๐Ÿ™ terimakasih sarannya ๐Ÿ˜”
sy dah 2 kali periksa yg pertama USG 2013 hasilnya ada kista endometriosis
pas USG ke 2 2017 awal Gpp katanya ga ada apapun tp d sarankan terapi hormon pake pil KB sesuai anjuran dokter. tp Sy ga mau๐Ÿ˜‚ blm nikah dah pake pil KB asa gmn

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Nah cb periksa lg mba.
Sbnernya td sy mau bilang kmungkinan2 terbesarnya. Persis sperti dsog yg pertama. Tp kan sy ga lihat usg nya.
Saran sy periksain lg ya mba gapapa..

Mengenai pil KB, pil KB itu hormonal, sblm nikah pake pil KB bkn berati gmn2. Dgn penggunaan dsoh sbg terapi ga masalah ko mba, kl memang ada masalah hormonal ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ‘ฉow gt ya dok. baik dok๐Ÿ™jd punya PR lg๐Ÿ˜”

๐Ÿ‘ฉ tresna *Menanggapi*
๐Ÿ‘š untuk DSOG nya kl siklud haid gini apa harus ke yang onkologi apa ga usah budok??

๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍⚕
Ke DSOG aja mom trsna

            ✅✅✅
๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017๐Ÿ”…๐Ÿ”†๐Ÿ”…
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
๐Ÿ‘ฅFP : Facebook.com/learningmamaa
๐Ÿ“ทInstagram : Instagram.com/Learningmama.indonesia
Web: www.komunitaslearningmama.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram