Healthy Babywearing

KULIAH WHATSAPP LEARNING MAMA INDONESIA

📕Tema: Healthy Babywearing

👩🏻‍🏫Narasumber: Mama Inggrid D. Thomas

🗓Waktu: Senin, 08 Mei 2017
⏰Pukul : 19.00 Wib s/d selesai
🎙 moderator : Mama Ami
📝 notulen :
1). Mama Giska
2). Ummu Ledia

Dilaksanakan Dalam kelas Kulwap Group Learning Mama Indonesia
- Komunitas Ibu Cinta Belajar -

Sebelum isi materi Kulwap yuk kita baca dulu biografi Narasumber kita kali ini

🌼CURRICULUM VITAE NARASUMBER KULIAH WHATSAPP LEARNING MAMA🌼

🙋Nama Lengkap : Inggrid Damayanty Thomas

👩‍💼Pekerjaan :
      👨‍👩‍👧Ibu Rumah Tangga
      👩‍💻Babywearing Consultant in training dari School of Babywearing UK

👩‍👧Status  dalam keluarga : Ibu dari 1 orang balita

👩‍💻Kegiatan/ Aktivitas saat ini :
• menjalankan homeschooling keluarga
•salah satu admin grup Indonesian Babywearers
•admin grup Bali Babywearers

🏡Domisili: Tabanan, Bali

📧Email :  inggrid053@gmail.com

Preferensi Bidang Bahasan Kulwap yang disampaikan:

  ✅ Pendidikan

  ✅ Kesehatan keluarga

                   📝Selayang Pandang 📝

                     Healthy Babywearing
----------------------------------
Praktek babywearing merupakan tradisi kuno sejak ribuan tahun lalu dan lazim dilakukan di berbagai negara, jauh melebihi penggunaan kereta bayi (stroller).

Disadari atau tidak, babywearing menjadi kebutuhan bagi bayi sekaligus orang tua / pengasuh. Bayi senang didekap, dan sebagai orang tua / pengasuh, kita ingin tetap menjaga bayi tetapi perlu melakukan aktifitas harian.

📝 Bagaimana mengetahui apakah cara kita menggendong selama ini sudah benar? Mari kita belajar lebih dalam seputar pergendongan (babywearing). Saya percaya setiap orang tua sangat mencintai dan ingin memberi yg terbaik bagi anak-anak mereka, tetapi cinta tanpa pengetahuan belumlah cukup 😊

🌸 Sudah umum di Indonesia bahwa bayi kecil (yg belum bisa duduk sendiri) tidak boleh digendong dengan posisi mengangkang sebab dikhawatirkan kaki nya akan membentuk O

🌸 Anggapan tersebut sebenarnya keliru, sebab posisi menggendong bayi yang benar adalah kaki membentuk M-Shape (froggy legs position) dan punggung tertopang sempurna atau C-shape

🌸 Sejak bayi baru lahir, sudah disarankan menggendong dgn posisi tersebut.
Posisi kaki M-Shape dan punggung C-Shape justru mendukung pertumbuhan bayi.

❓❓Mengapa demikian? Mari kita pelajari sedikit anatomi tulang punggung dan pinggul bayi sejak lahir hingga berusia 2 tahun :

🚼POSISI C-SHAPE
Usia < 3 bulan: Total Kyphosis ~ tulang punggung melengkung membentuk huruf C (dilihat tampak samping), sebab selama di kandungan, ruang sangat terbatas ketika tulang-tulang nya tumbuh. Posisi C-Shape masih sangat penting

Usia 3-4 bulan: Cervical Lordosis ~  tulang punggung masih melengkung membentuk huruf C, tulang leher mulai kuat, bayi mulai belajar mengangkat kepala

Usia 6-9 bulan: Thoracic Kyphosis ~  bayi mulai bisa duduk sendiri tanpa bantuan, leher sudah kuat

Usia diatas 12 bulan: Lumbar Lordosis ~ bayi bisa berdiri,mulai belajar berjalan

Tujuannya posisi C-Shape agar memberi kesempatan Intervertebral Discs pada ruas tulang punggung bayi berkembang dgn optimal.
Intervertebral Discs adalah penyusun 1/4 - 1/3 dari total panjang tulang punggung, berupa gel berbentuk cincin, terletak diantara ruas tulang punggung, dan akan melunak ketika dalam posisi sedang beristirahat. 

🚼 POSISI M-SHAPE
Selain tulang punggung, tulang pinggul bayi juga belum berkembang dgn sempurna sampai berumur 2 tahun. Di tahun pertama usianya, tulang pinggulnya masih berupa tulang rawan (Cartilage), dan soket yg memegang pangkal tulang paha masih belum berkembang sempurna.
Digendong dengan posisi kaki terbuka akan memposisikan pangkal tulang paha terletak masuk sempurna pada soket sendi pinggul bayi dan juga nyaman untuk bayi.

🚼 PENGECUALIAN:
Menggendong bayi secara upright dgn posisi M-Shape C-Shape merupakan posisi yg paling optimal, tetapi ada beberapa kasus kesehatan bayi yg tidak menyarankan posisi tersebut. Contohnya, bayi yg lahir dengan kelainan jantung apabila digendong dgn posisi upright justru akan memberikan tekanan / pressure pada dadanya. Sehingga posisi yg terbaik adalah craddle carry (posisi berbaring).
Oleh karena itu perlu mengetahui riwayat kesehatan bayi sebelum menentukan gendongan yg tepat.

❗❗ Manfaat Menggendong untuk kesehatan bayi :

✔ Meningkatkan kadar hormon Oxytocin
✔ Memberikan kesempatan bayi untuk lebih terlibat dalam interaksi keseharian dibandingkan hanya dibaringkan di kereta dorong atau tempat tidur
✔ Memperkuat bonding
✔ Membantu perkembangan pola tidur bayi
✔ Meningkatkan perkembangan berbahasa
✔ Bisa mengurangi tangisan
✔ Pengganti tummy time
✔ Menyediakan kondisi seperti di dalam kandungan (trisemester keempat)
✔ Bisa meningkatkan jangka waktu menyusui
✔ Membantu perkembangan indera penciuman
✔ Membantu proses skin to skin (terutama untuk bayi prematur)
✔ Membantu perkembangan otot-otot bayi
✔ Memberikan rasa aman (mencegah penculikan, atau terlalu banyak org yg ingin melihat/menggendong bayi)
✔ Bayi dapat tidur dengan aman dan nyaman
✔ Mengurangi paparan racun dan polusi yg berbahaya
✔ Membantu perkembangan sistem keseimbangan bayi (Vestibular System)
✔ Mengatur suhu tubuh, pernapasan, dan detak jantung bayi

🌸 Kembali lagi ke kaitannya dengan menggendong, perlu memilih gendongan yg bisa memenuhi kebutuhan dan kondisi bayi tersebut.

🌸 Seringkali kita mendengar istilah gendongan ergonomik (ergonomic carrier). Definisi ergonomik tersebut bukan hanya bentuknya yg menunjang M-Shape dan C-shape, tetapi juga nyaman dan aman baik untuk bayi maupun pengendong.

🌸 Apapun jenis gendongan yg dipilih, safety merupakan hal utama yg harus dipenuhi. Apakah merk yg dibeli original? Apakah jahitannya kuat dan rapi? Buckle (ceklekan) kuat tapi tetap mudah dipasang dan dibuka? Bahan yg digunakan aman, lembut? Apakah ada bagian yg tajam? dan sebagainya.

🌸 Jangan lupakan juga syarat praktis dalam memilih gendongan, yaitu TICKS dan infografis untuk bermacam-macam jenis gendongan (gambar terlampir)

Semoga setelah membaca pengantar materi ini, Ayah/Ibu mendapatkan bayangan seperti apa gendongan yg aman dan nyaman, dan silahkan memberikan pertanyaan apabila ada yg ingin ditanyakan.

🔊🔊🔊

Untuk praktek belajar langsung dan mencoba berbagai jenis gendongan, bisa mengikuti meet up di kota-kota terdekat yg rutin diadakan atau meminta bantuan Babywearing Consultant.

Tidak ada ruginya belajar babywearing, sebab manfaatnya banyak sekali baik untuk bayi maupun penggendong 💗

Ingin belajar lebih banyak soal menggendong anak, diskusi tentang gendongan ergonomik, sharing pengalaman, pinjam gendongan gratis sebelum membeli, DIY membuat gendongan, dan lain-lain, klik dan join

Grup Indonesian Babywearers https://www.facebook.com/groups/IndonesianBabywearers

Terima kasih banyak, happy babywearing!

                  💌 *TANYA JAWAB* 💌

👸​Mom vivi
Salam kenal mbak Inggrid,, saya vivi ibunya hafa 9mo
1. Biasanya untuk back carry, tutorialnya banyakan pake Woven wrap. Nah saya adanya SSC sama jarik. Beberapa kali cobain ssc back carry anak nangis kejer kayanya ga nyaman. Padahal front carry selalu anteng aja sampe ketiduran.
Bisakah jarik buat back carry? Saya belum menemukan tutorialnya.

2. Untuk hipseat sendiri, sebenernya itu pro kontra sampe ke kalangan dokter2 nya ga sih?
Saya sudah baca file grup IBW di FB tentang hipseat juga baca pembelaan salah satu IG penjual hipseat. Kalonmenurut mbak gimana?
*Aku terbuka kok mbak hehhe

✨Jawaban Narsum

 1. SSC,meh dai dan onbuhimo bisa dipakai untuk back carry. Lebih nyaman sebab beban menumpu pada kedua bahu dan aman juga. Untuk back carry dgn SSC bisa search di youtube teknik Walking like an Egyptian. Itu yg paling aman. Kalau pakai jarik, akan cepat pegel. Kalau memang anak masih nyaman front carry, tidak perlu diharuskan utk back carry. Back carry dgn jarik pjg bisa, teknik nya serupa dgn WW

2.hipseat carrier is completely safe, tetapi saya sarankan dipakai saat anak sudah bisa duduk sendiri.  ✅

👸​Mom Debbie

Hampir sama dg pertanyaan mama vivi , ttg hipseat .. saat ini banyak sekali selebgram yg memakai hipseat padahal usia bayi masih 4 bulan atau kurang dan bilang kalau itu aman .. apalagi pihak gendongan tsb menyatakan bahwa gendongan mereka aman dan sudah lulus uji 21 dokter luar negeri , disini menimbulkan pola pikir "ada harga, ada rupa" apa itu benar ? Karena setau saya hipseat boleh dipakai jikalau anak sudah bs duduk sendiri .. lantas bgaimana dg kasus gendongan hipseat merk i-a*** tsb ? Apa mmg aman utk bayi yg blm bs duduk sendiri ?  Jika memang tidak aman , apa akibatnya jika memaksakan pakai hipseat sebelum bisa duduk sendiri ?

✨Jawaban Narsum

Saya pernah baca klaim kalau pakai hipseat bisa membantu anak belajar cepat duduk. Sebenarnya hal tersebut tidak eksklusif milik jenis hipseat, sebab gendongan jenis lain pun akan otomatis membentuk seat dari kain gendongan sendiri. Mengapa disarankan memakai hipseat saat bayi bisa duduk sendiri, sebab jika bayi nya masih terlalu kecil, posisi nya akan slumping (merosot). Seperti yg teman2 lihat di materi sy bahwa posisi C shape sangat penting utk bayi kecil terutama <3 bln.
Silahkan para org tua yg bijak bisa menilai sendiri 😊✅

 ✏Tanggapan Mom Debbie

Lantas bagaimana memilih hipseat yg baik ? Kalau anak sudah bs duduk sendiri pun, lebih direkomendasikan hipseat atau ssc ? Lalu jika memakai hipseat dan bayi duduk menghadap depan (face the world) apa aman ?

✨Jawaban Narsum

Hipseat yg baik tentu saja yg produknya original, kualitasnya bagus (buckle, kancing2, jahitan, material lembut)
gendong hadap depan (facing out) tidak masalah, yg penting menggunakan jenis  gendongan yg memang support utk hadap depan (contoh merk: Ergo 360, Beco Gemini, Pao Papoose). Sebab ada masanya bayi2 senang hadap depan. Perlu diingat, manfaat gendong hadap depan tidak sebanyak jika gendong hadap ke penggendong (ingat syarat TICKS. Sebab ada beberapa bayi yg jadi overstimulasi saat digendong hadap depan terlalu lama

Overstimulasi adalah keadaan dimana bayi merasa lingkungan sekitar terlalu berlebihan baginya. Terlalu banyak yg dilihat, terlalu banyak yg di dengar. Ingat bahwa mereka masih sangat kecil, sejak dilahirkan banyak hal yg harus mereka sesuaikan, kondisi tidak sehangat dan senyaman dalam perut Ibu.
Jadi sebaiknya durasi menghadap luar dibatasi.

Tanda bayi tidak nyaman digendong menghadap luar :
Mencengkeram dgn kuat tali/bagian gendongan, banyak menangis saat sore/malam hari, segera terlelap tidur (saat gendong hadap depan lalu bayi tertidur, bukan berarti mereka suka tetapi bisa berarti karena merasa lelah dan belum mampu utk protes, dan kita tdk bisa segera menanggapi karena tdk bisa melihat wajah mereka). Selain itu ketika bayi digendong menghadap luar, apabila melihat sesuatu yg "baru" atau "aneh" baginya yg memicu rasa takut atau rasa tidak nyaman, tidak ada tempat untuk "bersembunyi".

Manfaat lain menggendong menghadap penggendong, membantu mengembangkan kemampuan berbicara. Perhatikan bayi2 suka menyentuh bibir kita. Kegiatan "sepele" tersebut sangat penting sebenarnya untuk perkembangan bahasa bagi bayi.

Jadi waktu yg disarankan untuk gendong hadap depan adalah sekitar 15-30 menit, dan pastikan leher bayi sudah kuat, sebab ada resiko Asphyxia jadi jaga jangan sampai dagu nya tertekuk ke dada agar tidak mengganggu pernapasannya.
Sebagai solusi dari gendong hadap depan, bisa coba gendong samping (hip carry) atau gendong belakang (back carry) saat bayi sudah lebih besar. ✅

👸​Mom Ayu

Terima kasiih atas kesempatannya, saya Ayu, mama momo 4,5 bulan..
1. anak saya sangat suka digendong hadap depan, usek usek baju klo hadap ke badan dan nangis klo gendong tiduran jika memang ber efek negatif bagaimana cara memperbaikinya?
2. Bagaimana ciri2 bayi terkena hip dyslexia (bnr ga sih penulisannya? 😅)
3. pertanyaannya sama dgn 2 diatas mengenai hipseat yg happening itu 😆 menanggapi mengenai penjelasan dr hipseat tsb mereka mengatakan bahwa tidak benar C shape dipaksakan terus menerus karena akan menghambat pertumbuhan sendi di leher? apa betul spt itu? dan mengapa hipseat i angel tsb dianggap tidak ergonomis?

✨Jawaban Narsum

1. Kemungkinan besar itu tanda overstimulation. Sebaiknya sering2 cek anak. Inilah kekurangan front facing. Kita tdk bisa segera melihat baby's signs
2. Untuk mengetahui apakah bayi mengidap Hip Dysplasia, harus melalui screening dari dokter tulang
3. Bagi para org tua yg anaknya sudah diatas 1 tahun, pasti mengamati bahwa semakin besar anak, rasa ingin tahu semakin besar, tidak akan mau digendong dgn gendongan yg menutupi sampai batas telinga, kedua tangan masuk semua. Pasti berontak yaaa😊 dari ilustrasi pertumbuhan tulang punggung bayi, saat bayi sudah bisa duduk, bentuk tulang belakang sudah tidak lagi total kyphosis, lebih kepada J-shape. Posisi C-Shape penting untuk bayi kecil, tapi seiring pertumbuhan, yg diperlukan adalah gendongan yg support punggung, alasan keamanan dan kenyamanan. Jadi bukan memaksakan C-SHAPE terus Bahkan dalam waktu lama. Karena anak yg sdh bisa duduk tegak dan lebih besar, dengan sendirinya akan menolak diposisikan C - shape. Kita ikuti saja perkembangan anak kita
Dianggap tidak ergonomis sebab panelnya sempit, kurang support knee to knee yg membentuk M-shape, panelnya kurang memeluk punggung bayi kecil. Sebaiknya pakailah infant insert. Juga beban berat bayi dominan diterima oleh pinggul. Gendongan yg baik adalah ergonomis buat bayi dan org tua. Ada org yg senang, ada yg tidak. Pilihan kembali ke org tua.
Non ergonomic beda dgn not safe,ya ✅

✏Tanggapan Mama Ayu

 jadi itu tanda2 over stimulated ya?lalu apa yg bisa saya lakukan utk memperbaikinya?

✨Jawaban Narsum

 Gendong hadap penggendong, atau kalau masih senang lihat sekitar,bisa hip carry ✅

 ✏Tanggapan 👸​

dikiitt lagi mbaa..utk ciri2 hyp dys itu apa ada ciri2 fisik yg bisa terdeteksi di awal?utk jaga2 gitu mba?

✨Jawaban Narsum

 Normalnya,kaki bayi ketika duduk atau tidur akan membentuk O. Itu ciri kaki bayi yg sehat. Kalau lain, bisa dibawa ke dokter tulang. More info, lihat hipdysplasia.org ✅

👸​Mama Ishfi

Salam kenal bu..
Saya ishfi
Sesungguhnya saya kurang paham sama jenis2 gendongan yang banyak sekali macamnya itu🙈 Biasanya cuma pake jarik dan sling. Pertanyaannya
1. Kalau dari penjelasan itu kan yg direkomendasikan posisi M dan C cara gendongnya, lalu bagaimana jika digendong dengan posisi tiduran kaya biasa apa tetep boleh?
2. Kalau dibawa naik motor agak jauh baiknya posisi tiduran atau bagaimana soalnya bayinya jg suka tidur di perjalanan makasiih

✨Jawaban Narsum
Tidak perlu semua jenis gendongan dipahami dgn mendalam,ya. Cukup tahu aja. Ingat, babywearing itu hanya tool utk memudahkan setiap org tua. Pakai aja yg sdh punya, dan dimaksimalkan.
1. Cara menggendong yg umumnya dilakukan org Indonesian utk bayi yg belum bisa duduk adalah dgn posisi craddle hold / dibaringkan. Hal tsb tdk optimal. Mengapa? Kurang bagus utk sirkulasi pernapasan bayi, resiko Asphyxia utk bayi kecil, tidak aman utk ligament bayi, neck pain bagi penggendong, tidak bisa handsfree krn satu tangan menahan kepala bayi, bahaya badan bayi terbentur.
2. Saya tidak merekomendasikan naik motor sambil gendonh bayi. Please do by your own risk. Tetapi memang terkadang kita tidak punya pilihan lain, harus bawa anak di motor. It still a part of parenting dan sy sangat hargai itu. Sebaiknya posisi upright, dan lebih baik pakai jenis SSC. Gendonglah bayi kecil di depan. Yg agak besar bisa back carry. Jaga kecepatan, lindungi anak kita dari panas dan angin ✅

✏Tanggapan Mom Ishfi

Ohh iya2 bu siap...kalau tidur agak miring setengah duduk itu masihkah boleh?maaf bu susah jelasinnya🙈

✨Jawaban Narsum

Boleh,tapi tidak optimal. Syarat T.I.C.K.S kurang memenuhi
T.I.C.K.S >>>>
•Tight (ketat)
•In view at all times (bayi selalu terlihat, bukan mendelep /tenggelam dlm gendongan)
•Close Enough To Kiss (mudah dicium saat digendong)
•Keep Chin Of The chest (Cegah dagu bayi menempel ke dadanya)
•Supported Back (gendongan yg dipakai bisa meyangga punggung bayi) ✅

👸​Mama Ajeng

Tadi diatas ibu menjelaskan bahwa gendongan yang baik adalah ergonomonis utk bayi dan ortu.
Jika penggunaan gendongan memberikan efek nyeri ketika dipakai penggendong apakah itu berarti gendongan tsb kurang baik?
Apa saja efek kesehatan yg ditimbulkan dr penggunaan gendongan yg tidak ergonomic bagi penggendong?

✨Jawaban Narsum

Penyebabnya bisa banyak, kemungkinan juga pemakaiannya kurang benar. Sy ambil contoh, SSC. Kelihatannya simple, tapi sebenarnya tricky. Bisa menyebabkan low back pain juga kalau pakai gendongan yg kurang cocok.

✏Tanggapan 👸​

Mbak, bisa dijelaskan scr singkat tricky ssc seperti apa?

✨Jawaban Narsum

Pemasangan waist pad terlalu rendah, straps / tali2 tidak atau malas disetel dgn baik, malas mencari setelan straps yg paling nyaman. Tali2 kecil di ssc itu banyak gunanya,loh 😁 kalau ada workshop, bisa saya jelaskan secara detail sambil praktek. Walau terlihat simpel tapi tetep perlu latihan berulang biar bisa dapet posisi yg pas.
Pemasangan waist pad yg tepat yaitu diatas tulang pinggul ✅

👸​Mama Ardelia

Makasih kesempatannya.
Saya adel ..mama arkaan 4m2d

1. Kalau posisi gendong itu tangan kanan keluar di taruh di bawah ketiak mama..biasanya sambil nenenin nemplok gtu badannya rada miring kepala sama badan... apa boleh ya?
2. Kira2 anak kalau mau tidur minta gendong itu sampai umur brp ya??? Gak tega mesti tiap mau tidur nangis plus teriak sampai keluar air mata 😭😭 maunya d gendong sambil nenen posisi seperti pertanyaan no 1

✨Jawaban Narsum

1. Kalau mama dan anak nyaman,tidak apa. Apabila usia anak masih di bawah 3 bulan, sebaiknya jgn nursing in carrier dulu
2. Nikmati saja waktu2 kita bisa menggendong anak. It won't be long 😊
Anak begitu karena merasa nyaman dekat dgn mama
👸​ Saya lilik, bunda Zhafran (2,5th).
Kalau untuk SSC kan ada dudukan/pengganjal di bawah selakangan jadi tidak khawatir anak melorot, sedangkan untuk jarik apabila menggendong posisi M shape sering was" melorot, sehingga sering kaki diarahkan k pinggang kiri kanan agar nyantol, apakah boleh seperti itu? Atau usia tertentu saja yang boleh? Kalo tidak boleh, mungkin ada batas seberapa lebar kaki M shape itu?
✨Jawaban Narsum:
Gendong samping / hip carry bisa dilakukan ketika leher bayi sudah tegak, sekitar usia 4 bulan. Menggunakan jarik memang harus benar2 deep seat, jadi support lutut ke lutut atau knee to knee. Karena jarik hanya satu layer / lapis, jadi anak lebih mudah meluruskan kaki. Setiap jenis gendongan memang ada plus minusnya.

👸​ saya Siti ummu Khaira (3mo), domisili Tangerang

▶ Bagaimana cara menggendong bayi yg belum kuat untuk mengangkat kepalanya ?
Apakah masih menggendong seperti bayi yg baru lahir, atau sudah boleh di gendong seperti anak yang sudah kuat lehernya ?
▶ Gendongan seperti apakah yg nyaman digunakan ? menggunakan kain gendongan, atau gendongan instan ?
Terima kasih 😊
✨jwb narsum:
Bisa dilihat di materi yg dibagikan dan juga infografis gendongan, gendong bayi sejak usia 0 bulan justru disarankan dgn posisi upright, M shape dan C shape jgn lupa syarat TICKS.

 Untuk menentukan gendongan yg pas, harus dicoba terlebih dahulu sebab kebutuhan setiap org bisa berbeda-beda, dan juga selera berbeda. Cara mencoba bisa dgn meminjam di library komunitas atau datang ke Meet Up yg rutin diadakan. Untuk bayi kecil yg lehernya belum kuat, support gendongan harus mencapai batas atas telinga, tetapi selalu pastikan pernapasannya tidak terhalang. Bisa lihat di gambar materi yg dibagikan

👸​ Ambia, ibu tsaqif 6mo
Pertanyaan:
Saya ibu bekerja dan sehari2 anak dititip di mertua (eyang).
Anak saya kebiasaan digendong2 sama eyangnya dan sampai sekarang kl mau tidur harus digendong dulu kl engga sambil di nenenin. Cara menghilangkan kebiasaan itu gimana ya agar anak terbiasa tdk digendong dan bisa tidur sendiri
2. Apakah benar kebiasaan digendong berpengaruh ke perkembangan motorik anak dan bisa menyebabkan anak menjadi tdk percaya diri saat besar nanti?
Terima kasih
✨jwb narsum:
Usia 6 bulan masih sangat wajar apabila sering minta digendong. Bahkan balita yg sudah bisa berjalan pun masih minta digendong. Digendong, didekap, dicium, memang sudah menjadi kebutuhan dasar bayi dan balita. Mereka belajar untuk percaya pada lingkungan yg baru (setelah dilahirkan) di tahap awal kehidupannya. Belajar memperoleh rasa aman dan nyaman.

Bersyukurlah anak masih mau digendong baik oleh orang tua maupun kakek/nenek/pengasuh lain.
Tidak perlu dihilangkan, justru perlu dinikmati momen ini sembari mencari gendongan yg pas dan sesuai kebutuhan dan usia bayi (bisa dilihat di infografis materi yg dibagikan)

Seringkali org tua takut apabila terlalu sering menggendong anak maka anak akan jadi manja. Padahal penelitian justru membuktikan sebaliknya (referensi: babywearinginternational.org). Anak yg sering digendong dan dipenuhi kebutuhannya dgn cepat (ngantuk, lapar, capek, ganti popok, dll) akan tumbuh menjadi pribadi yg mandiri tetapi tetap dekat secara emosional dgn orang tua atau pengasuh. Untuk belajar jadi orang dewasa yg punya pribadi yg mandiri, kebutuhan dasar mereka harus dipenuhi dulu ketika mereka masih muda. Anak yg menangis minta digendong, bukan bermaksud untuk mengerjai kita. Mereka hanya ingin menunjukkan kebutuhannya, tapi kan belum bisa berbicara dgn jelas. Tidak ada manipulasi atau menunjukkan rasa manja.
Anak menjadi manja karena mencari perhatian org tua yg kurang membangun kedekatan secara emosional dan memilih memberikan barang/mainan sebagai pengganti nya.

Tidak ada pengaruh ke perkembangan motorik anak, sebab anak akan menunjukkan keengganannya untuk digendong ketika mereka sedang ingin main atau berjalan sendiri. Biarkan saja. Tidak perlu digendong ketika mereka sedang tidak ingin. Apabila org tua/pengasuh bisa membangun kedekatan melalui menggendong, manfaat akan terasa sekali. Kita lebih bisa memahami petunjuk anak bahkan sebelum mereka bisa bicara. Kedekatan tsb bisa terjalin hingga anak2 dewasa.

👸​ Novi, usia bayi 4mo Pagi Bunda, mohon maaf agak sedikit melenceng, kl diperkenankan mohon dijawab:
Kl dlm menggendong hrs ergonomi, kl posisi tidur bayi bgmana y baiknya, apakah miring lebih baik? Krn kan utk membentuk c shape punggung bayi tdk boleh tlalu lama dlm posisi  telentang
Smg bs tercerahkan dr jwbannya Bunda, terima kasih
✨jwb narsum:
Kalau posisi craddle carry, terutama bayi kecil, jangan paksa tubuh bayi harus lurus dan rata (anatomi tulang punggung bayi ada di gambar materi). Posisikan semi seated / setengah duduk. Jangan baringkan miring ke arah penggendong krn jalur napasnya bisa terhalang badan penggendong. Oleh krn itu berkali-kali sy sebutkan, posisi yg optimal adalah upright dgn M shapendan C shape.

👸​ Debbie, usia anak 4mo.
Hampir tiap saat kalo lg duduk atau tiduran dibouncer bahkan kadang kalo digendong pake tangan kakinya slalu nyilang gini . Apa ini ciri hypdys ? Kalau tidur tp engga ..
✨jwb narsum:
Kalau posisi craddle carry, terutama bayi kecil, jangan paksa tubuh bayi harus lurus dan rata (anatomi tulang punggung bayi ada di gambar materi). Posisikan semi seated / setengah duduk. Jangan baringkan miring ke arah penggendong krn jalur napasnya bisa terhalang badan penggendong. Oleh krn itu berkali-kali sy sebutkan, posisi yg optimal adalah upright dgn M shapendan C shape. Masih normal. Tetapi jangan suka satukan telapk kaki bayi,ya.

Jika ingin mencari tahu lebih banyak soal Hip Dysplasia, masuk ke websitenya www.hipdysplasia.org

👸​ (Anonim, usia bayi 3mo) Saya punya ini(kurang tau namanya) boleh tidak bund digunakan untuk bayi usia 2bln Atau bayi usia dibawah 3bln itu harus di gendong dengan jarik ? (keterangan Gambar 02 pada kolom komentar)
✨jwb narsum:
Gendongan ini termasuk jenis SSC (soft structured carrier) dengan narrow based carrier, atau gendongan dgn panel bawah sempit. Ketika dipakai untuk gendong, anak akan merasa tidak nyaman. Sebaiknya membeli gendongan ergonomik yg support M-Shape dan C-Shape (jangan lupa syarat TICKS saat menggendong).
Perhatikan juga fitur yg dimiliki gendongan ini:
- busa di bahu dan tali-tali nya cukup kecil, sehingga masa pakai tidak akan lama terlebih ketika anak semakin besar, juga akan terasa tidak nyaman bagi penggendong. Kenyamanan penggendong juga masuk ke dalam kategori sebuah yg gendongan ergonomik
- panel atas yg terlalu tinggi sehingga anak dalam posisi tenggelam
- Cek juga buckle (ceklekan) nya. Apakah kuat? Bisa menutup dgn sempurna tetapi tetap mudah dibuka? Cukup tebal sehingga tidak mudah retak?
- Kualitas dan kerapian jahitan, kancing2, dll. Apakah tali dijahit masuk cukup dalam ke panel?
dan lain-lain.
Mengapa fitur2 tersebut perlu diperhatikan? Sebab kita pakai gendongan untuk menggendong anak dan terkadang sambil melakukan aktifitas. Tentunya keselamatan dan kenyamanan anak menjadi prioritas.
Gendong anak menggunakan model SSC seperti ini disarankan ketika sudah berusia 4 bln atau berat badan 7 kg.

👸​ (Erna, usia bayi 1mo) Jadi begini Bu.. saat anak saya usia 1 bln . Saya ajak nginap dirumah budenya.. pas nginep disana.. anak saya digendong trs sama budenya dengan posisi badan berdiri didekapan dada yang menggendong dan kepala dibahu yg menggendong. Herannya anak saya malah suka digendong seperti itu karena bisa leluasa melihat kesana kesini. Dan skrg Anak saya usia 1m3w.. mau nya digendong berdiri terus, kalau digendong dg posisi dibaringkan atau tdr pasti nangis. Nah pertanyaannyaapakah seusia 1m3w bayi boleh digendong berdiri? Apakah nanti akan ada masalah dengan pertumbuhan tulangnya? Terima kasih
✨jwb narsum:
Tidak ada masalah. Gendong posisi upright sudah bisa dilakukan sejak usia bayi 0 bulan. Baca2 lagi materi dan foto ilustrasi materi yg dibagikan,ya.

              ___DISKUSI SELESAI___

 📌Penutup dari Narsum

Terima kasih, teman2 yg sudah join kulwap malam ini. Semoga mendapat manfaat dari penjelasan saya mohon maaf apabila saya ada kekurangan,ya. Mari gendong anak selagi masih kuat dan anaknya masih mau digendong 💗

         〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
   LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017
        〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

👥FB : Facebook.com/learningmamaa

📸Instagram : Instagram.com/Learningmama.indonesia

🌐Web : http://komunitaslearningmama.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram