Hipertensi dalam Kehamilan





๐Ÿ“•Tema:  Hipertensi dalam Kehamilan ( Part 1)

๐ŸซNarasumber: dr. Erni Maryam

๐Ÿ—“Waktu: Kamis, 13 Juli 2017
⏰20.00 - 22.00 WIB
๐ŸŽ™ moderator : Mama Nurul Faizah
๐Ÿ“ notulen : Mama Wina , Mbu Ryuzaki , Mama Nopi

*CURRICULUM VITAE NARASUMBER KULIAH WHATSAPP LEARNING MAMA*

✨ Nama lengkap : Erni Maryam
✨ Status keluarga : Menikah
✨ Domisili : Bandung
✨ FB / IG / WEBSITE: IG : ernimaryam
✨ Riwayat pendidikan/pengalaman:
1. SD Mathlaul Anwar Bandung (1996-2002)
2. SMPN 1 Margahyu (2002-2005)
3. SMAN 1 Margahayu Bandung (2005-2008)
4. Universitas Islam Bandung
Sarjana kedokteran (thn lulus 2012)
Pendidikan kedokteran (thn lulus 2014)
- Pengalaman Bekerja :
1. Juli 2014 – Januari 2015
Dokter Umum Klinik 24 Jam Raga Sehat Cimaung Bandung
Dokter Umum Klinik Kirana Sehat Bandung
Dokter Umum Klinik 24 Jam Jatinangor
Dokter Umum Klinik Albar Bandung

2. Februari 2015 – Oktober 2015
Dokter Internsip di RSUD Majalengka, Kabupaten Majalengka

3. Oktober 2015 – Februari 2015
Dokter Internsip di PUSKESMAS DTP Maja, Kabupaten Majalengka

✨ Aktivitas saat ini:
 April 2016 - Sekarang
Dokter Umum IGD RS TNI AU Lanud Sulaiman
Dokter Umum PPK 1 Klinik TNI AU Lanud Sulaiman
Dokter Estetika Carissa Skin Care Bandung

✨ Preferensi Bidang Bahasan Kulwap yang disampaikan:

  ✅Kehamilan
  ◽ ASI
  ◽ MPASI
  ◽ Parenting
  ◽Psikologi Anak
  ◽ Pendidikan
  ◽Kesehatan keluarga
  ◽Keuangan keluarga
  ◽ Harmonisasi Pasutri
  ◽Home & Kitchen

                     

๐Ÿ *SELAYANG PANDANG HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN๐Ÿ

*Hipertensi* atau istilah awam nya  sering disebut *darah tinggi*, ternyata ga cuma menyerang org2 tua aja loh.
Tp malah sering menyerang ibu hamil & bs membahayakan ibu & janin jika tdk ditangani secara medis ๐Ÿ˜Ÿ

Makanya yuk belajar sedikit2, biar dgn faham yg sedikit itu kita bs jd aware buat rutin kontrol kehamilan ke tenaga medis atau minimal kita bs sampein resume kulwap hari ini buat org2 terdekat, jgn sampe kecolongan ๐Ÿ˜ข

Yuuuk kita bahass ๐Ÿ˜ป๐Ÿ˜ป Jangan lupa siapin cemilan yah biar ga ngantuk ๐Ÿ›๐Ÿœ๐Ÿ๐Ÿฒ๐Ÿฟ๐Ÿ•๐Ÿฐ

Pertama2, kita ngertiin dulu apa sih ya *definisi Hipertensi* tuh ?

*Hipertensi* adalah peningkatan tekanan darah *sistolik* lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah *diastolik* lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. (Infodatin, depkes).

☘ _Hipertensi dalam kehamilan, terdapat beberapa macam & batasan, diantaranya_ :
๐Ÿ„ *Preeklamsi* :  timbulnya hipertensi disertai *proteinuri* akibat kehamilan, *setelah umur kehamilan 20 minggu* / *segera setelah persalinan*

๐Ÿ„ *Eklamsi* : kelainan akut pd preeklampsi, dlm kehamilan, persalinan / nifas yg ditandai dgn timbulnya kejang dgn / tanpa penurunan kesadaran
๐Ÿƒ *eclampsia sine* ~ eklamsi yg dtandai oleh penurunan kesadaran tanpa kejang.

๐Ÿ„ *Hipertensi kronik* : hipertensi pd ibu hamil yg sudah ditemukan sebelum kehamilan / yg ditemukan *pd umur kehamilan <20 minggu dan menetap setelah 12 minggu persalinan.*

๐Ÿ„ *Hipertensi gestasional* : timbulnya hipertensi dlm kehamilan, sebelum hamil tekanan darahnya normal. Tidak disertai proteinuria. *(Gejala ini akan hilang dlm waktu <12 minggu pascasalin)*

》》Okee kita fokus pada *"Preeklamsi"* yg mana ini banyak terjadi & sering sekali muncul kegawat daruratan menjadi *"eklamsi"* 》》

๐ŸŒบ *PREEKLAMSI* ๐ŸŒบ

Preeklamsi merupakan kondisi spesifik pd kehamilan yg ditandai dg adanya gangguan pd plasenta dan merupakan suatu respon ibu terhadap adanya peradangan ke seluruh tubuh dengan aktivasi pembuluh darah dan sistem koagulasi (penggumpalan).

๐Ÿ„ *Faktor resiko preeklamsia* :
๐Ÿƒ _Kehamilan pd umur > 40 tahun_
๐Ÿƒ _Nulipara
(kehamilan pertama_
๐Ÿƒ _Riwayat preeklampsia sebelumnya_

๐Ÿƒ _Multipara (kehamilan lebuh dr 1) dengan kehamilan oleh pasangan baru_

๐Ÿƒ _Multipara yang jarak kehamilan sebelumnya 10 tahun atau lebih_

๐Ÿƒ _Riwayat preeklampsia pada ibu atau saudara perempuan_
๐Ÿƒ _Kehamilan kembar_
๐Ÿƒ _Diabetes Melitus_
๐Ÿƒ _Hipertensi kronik_

๐Ÿƒ _Penyakit Ginjal_
๐Ÿƒ _Sindrom antifosfolipid (gangguan penggumpalan darah)_
๐Ÿƒ _Kehamilan dengan inseminasi donor sperma, oosit atau embrio
(IVf_
๐Ÿƒ _Obesitas sebelum hamil_

Preeklamsi terdiri dari preeklamsi ringan & berat.

๐Ÿ„ *Preklamsi ringan* :
♤ _Diagnosis preklamsi ringan didasarkan atas tekanan darah sekurang-kurangnya 140/90 mmHg disertai proteinuri (lebih dr sama dengan 300 mg/24 jam, atau 1+ dipstick)_

♤ _Penatalaksanaan_ :
♡ Rawat inap & bedrest
♡ Pemberian obat2n anti hipertensi oral
♡ Pemberian kortikosteroid (untuk pematangan paru, persiapan lahir prematur)
♡ Bila umur kehamilan lebih dari sama dengan 37 minggu, terminasi kehamilan/dilahirkan. (Persalinan dpt dilakukan secara spontan).

๐Ÿ„ *Preeklamsi berat* :
♤ _Tanda & gejala_ :

♡ Tekanan darah sekurang-kurangnya 160/110 mmHg
♡ Proteinuri lebih dari sama dengan 2g/24 jam atau lebih dari sama dengan 2+ dalam pemeriksaan kualitatif (dipstick)
♡ Kreatinin serum > 1,2 mg% disertai oliguri (<400ml / 24 jam)
♡ Trombosit <100.000/mm3
♡ Angiolisis mikroangiopati (peningkatan kadar LDH)
♡ Peningkatan kadar enzim hati (SGOT & SGPT)
♡ Sakit kepala yg menetap atau gangguan penglihatan
♡ Nyeri ulu hati yg menetap
♡ Pertumbuhan janin terhambat
♡ Edema paru disertai sianosis
♡ Adanya "the HELLP syndrome" (H : Hemolysis; EL : Elevated Liver Enzymes; LP : Low platelet count)

♤ _Penatalaksanaan_ :
♡ Rawat inap bersama (penyakit dalam, penyakit saraf, mata, anestesi, dll), bedrest
♡ Infus cairan
♡ Pemberian obat2n melalui intravena
♡ Pemberian anti hipertensi oral (dengan syarat tertentu)
♡ *Segera di terminasi (dilahirkan) tanpa memandang umur kehamilan dan rkadaan janin jika terdpt 3 tanda darurat berikut* :
▪▪▪ Penglihatan kabur
▪▪▪ Nyeri uluhati yang hebat
▪▪▪ Nyeri kepala yang hebat
♡ Semua kehamilan preeklamsi berat terminasi dengan seksio sesarea (SC). Dapat pervaginam dgn pertimbangan khusus.

 》》 *Pasien preeklamsi yangg menjadi eklamsi (kejang2 dgn atau tanpa penurunan kesadaran) : dimasukkan ke ruang isolasi yanh cukup terang selanjutnya observasi di ruang Intensif Care Unit (ICU)*

》》 *Semua kehamilan eklamsi harus diakhiri tanpa memandang umur kehamilan dan keadaan janin.*

》》 *Jika pasien sudah menjadi eklamsia, biasanya sangat mudah untuk mengalami komplikasi (mengganggu / merusak organ2), yaitu sindrom HELP, gagal ginjal, gagal jantung, edema paru, kelainan pembekuan darah, perdarahan otak, hingga kematian ibu dan atau janin.*

*Sumber* :
_*1. "Pedoman Diagnosis & Terapi Obstetri RS DR. Hasan Sadikin 2005"*_
_*2. Diagnosis & tata laksana POGI himpunan kedokteran fetomaternal 2016*_
_*3. Selengkapnya:*_
http://pogi.or.id/publish/unduh/#

☆☆ Semoga selayang pandangnya bs ngasih gambaran sedikit ttg Hipertensi dlm kehamilan ya, terutama preeklamsi dan eklamsi beserta kegawatdaruratannya, msh banyak bgt sebenernya bahasannya, tp ga mungkin sy bahas di selayang pandang, makanya sy harap diskusi nya rame ya ayo jgn takut bertanya, tanyakan hal sekecil apapun biar jelas. Maaf ya banyak istilah medis, karena ini ada beberapa kriteria diagnosis yg ga bs dihilangkan. Di skip aja, baca secara umum.

Yang msh kurang jelas dgn selayang pandangnya, atau mau bertanya yg berkaitan dgn materi d atas dipersilahkan mommy2 cantik ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Salam Glowing ๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž!! Hehehe biar ga usah terlalu serius ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ

*Kamus kecil* ๐Ÿ“š๐Ÿ“š:

๐Ÿ“š *Sistolik* (atas) /diastolik (bawah) : contoh hasil tekanan darah 120/80 ~ 120 nya sistolik per 80 nya diastolik.

๐Ÿ“š *Proteinuri* : protein di dalam urin, di cek dengan media urin/air kencing.

๐Ÿ“š *Kreatinin serum* : jumlah kreatinin didalam darah, menandakan kerusakan ginjal.

๐Ÿ“š *Oliguri* : produksi urin sedikit, menandakan kerusakan ginjal.

๐Ÿ“š *Angiolisis mikroangiopati* : kelainan pembuluh darah

๐Ÿ“š *LDH* : Laktat Dehudrogenase ditemukan dalam berbagai jenis sel dalam tubuh, tetapi sangat kaya pd sel darah merah, jantung, ginjal, hati, dan otot. Ketika organ-organ ini menjadi sakit, sel yang mengandung enzim LDH dilepaskan, sehingga tingkat LDH meningkat dalam aliran darah.

๐Ÿ“š *Help syndrome* :
H; Hemolysis ~ penghancuran sel darah merah
EL; elevated liver enzymes ~ peningkatan enzim2 hati
LP; Low platelet count ~ penurunan jumlah platelet/trombosit

* _semua hasil ini bs ddapetin dr pemeriksaan Lab. Help ini mengindikasikan rusaknya multisistem seperti sistem penggumpalan darah, rusaknya fungsi hati, dsb._
๐Ÿ’Œ TANYA JAWAB ๐Ÿ’Œ

๐Ÿ™‹Rizka
๐Ÿ“ Teman sy pernah di diagnosa PE ringan saat kehamilan trimester dua, tekanan darah dan hasil tes urin menunjukkan gejala PE, dan saat msk bln ke9, tanda PE tsb hilang, tekanan darah normal dan di urin tidak ada protein. Si ibu dapat menjalani persalinan  pervaginam. Apa penyebab gejala PE tsb bisa hilang? Apa yg bisa dilakukan ibu untuk mengurangi gejala PE ringan? Jika mengalami kehamilan lg, apakah rentan terkena PE lagi?
✨Jawaban Narasumber
 Mom rizka mksh ya pertanyaannya..
Bisa mom rizka. Krn preeklamsi ga selalu dan pasti berlanjut menjd preeklamsia berat ato eklamsia ato jd hal yg parah.
- Dengan penanganan medis ~ bs kembali normal (terutama preeklamsia ringan )
- Tanpa penanganan medis : bs kembali normal dgn sendirinya tergantung metabolisme tubuh (tp ini kecil kemungkinan)

Untuk pencegahan :
● Jika belom terjadi preeklamsia, menurut penelitian ibu hamil yg rajin mengkonsumsi probiotik, mengurangi kemungkinan terjdnya preeklamsia.
Tp bagaimanaoun preeklamsia ini sangat kuat dgn genetik, sebenarnya makanan sekalipun aga sulit mencegah preekamsia.
● Jika sudah terjadi preeklamsia ada bbrp hal berikut yg hrs dilakukan agar tdk terjd keparahan :
- Istirahat, berbaring pada sisi kiri tubuh agar janin tidak menindih urat darah
- Sering melakukan pemeriksaan sebelum kelahiran
- Mengikuti anjuran dokter
- Mengurangi makan garam
- Minum 8 gelas air putih per hari

Salah satu faktor resiko PE adalah kehamilan sebelumnya mom rizka.. jd memang sangat beresiko d kehamilan selanjutnya.✅✅

Bagaimana mom rizka?

Rizka✋
๐Ÿ“Resiko kehamilan sebelumnya yg memungkinkan PE lagi brrti mempengaruhi psikis ibu tsb untuk hamil kembali kan. Selain mengkonsumsi probiotik apa ada upaya lain dok?

✨Jawaban Narasumber
Sejauh ini blm ada mom rizka, probiotik pun penelitiannya belom kuat.
Ibarat kata preeklamsia ga bs dduga, krn kita ga pernah tau janin yg ada ddalam kandungan, malah danggap racun oleh si ibu dan terjadilah preeklamsia.

Ibu yg hamil sbelumnya preeklamsia, memang terpengaruh psikis nya. Justru hrs lebih warning pd kehamilan selanjutnya, krn preeklamsia itu bkn sesuatu yg menakutkan jika ada dalam penanganan medis.
Banyak bgt pasien preeklamsia yg sehat sampai matur, ibu & bayi selamat. ✅

๐Ÿ™‹Anita
⚾mei 2016 sy didoagnosis BO uk 10w, lalu keguguran dan dikuret,
 kemudian hamil lg dan nov 2016 didiagnosa AB insipien uk 10w dan dikuret lg.
Sy sdh konsul ke 2 dsog. Keduanya mengatakan kami subur dan rahim sy sehat. Dsog pertama menyarankan utk tes TORCH. Dsog kedua mengatakan tdk perlu tes TORCH, beliau blg ini hanya krn blm rezeki sj.
Sampai saat ini kami memakai KB kondom.
Skrg sy sdh ingin mencoba hamil lg.

a. Bagaimana saran dari dokter Erni utk kasus sy ini?
b. Jika sy hamil utk ketiga kalinya, apakah akan trmasuk kategori HRP?

✨Jawaban Narasumber
a. Sy sangat sependapat dgn dsog utk tes TORCH mom.. krn ini salah satu penyebab terbesar tdk berkembangnya janin.
b. Jika memang belum terdeteksi penyebabnya, akan termasuk kategori HRP mom anita.. tp kl sudah diketahui penyebabnya jgn takut tinggal d obati dan d ikhtiarkan lg ๐Ÿ˜Š ✅

๐Ÿ™‹ Cony
๐ŸŽ€ 1.A) sekarang saya sedang hamil 20w, kbtulan tdi di selayang pandang PE bisa terlihat dari usia kandungan 20w, nah bisa gk PE itu muncul tiba" saat memasuki usia 9 bulan? Apa yg harus dihindari supaya gk kena PE?
B) Apakah kaki bengkak salah satu ciri PE juga? Krna skrg kaki saya agak sedikit bengkak, takut juga sih baca ttg PE diatas..

✨Jawaban Narasumber
A) bisa banget, sesuai definisi memang lebih dr 20 minggu bahkan sampai lahiran. Jd ga selalu muncul tepat waktu d 20 minggu, tp ya bs d akhir kehamilan juga.

Utk faktor2 yg dhindari sm kaya pencegahan ya sebenernya barusan aku buka lg buku hehe (mungkim bs jd tambahan jg buat mom rizka :
"Satu2 nya cara mencegah terjadinya preeklamsia adalah dengan MENGHINDARI FAKTOR RESIKO"
Faktor resiko ini ada yg bs dihindari & tidak.
Yg bs dihindari diantaranya :
- Obesitas
- Diabetes melitus
》dengan pola hidup sehat dengan mengatur pola hidup sebelum ato saat sedang hamil bs mengurangi resiko terjadinya preeklamsia.
Sedangkan, yg tdk bs dhundari memang lebih banyak, tp setidaknya bs kita minimalisir dengan :
- Perbanyak ฤทonsumsi probiotik
- Mengurangi konsumsi garam
- Olahraga teratur
- Mengurangi intake kalori berlebihan
- Minum minyak ikan
- Konsumsi vitamin C dan E

B) Kaki bengkak sbnernya udh dhapus sbg salah satu kriteria diagnosa preeklamsia (oleh perkumpulan dokter obgyn indonesia). Krn bengkak2 bs saja normal terjd pada ibu hamil. Selama tensi normal, ga ada keluhan lain bengkak itu normal mom. Nah utk menguranginya bs dengan ;
- Mengurangi konsumsi garam
- Sering angkat kaki (ganjal oleh bantal / terlentang dan simpan kaki d tembok)
 ✅
๐Ÿ™‹Kirannisa
```Sahabat saya 3 tahun lalu mengalami kejang sesaat setelah melahirkan bayinya spontan pervaginam.

Tensi sebelum lahiran memang fluktuatif tapi tidak pernah ada dalam batas rendah.
Yang saya perhatikan memang almarhumah edema tetapi di kaki saja.

Melahirkan di bidan tanpa pernah cek lab sebelumnya.```

_*Diagnosa bidan, kejangnya karena *emboli ketuban*_

๐Ÿ’ซ. A. Berdasarkan ciri diatas, apakah benar penyebab kejang beliau adalah emboli ketuban?

๐Ÿ’ซB. Apakah emboli termasuk eklampsia?
Sebenarnya emboli itu apa?

๐Ÿ’ซC. Kematian ibu yang diawali dengan kejang apakah semua digolongkan eklampsia?
✨Jawaban Narasumber
A. Secara anamnesa atau redaksi mom kiran tdk ada tanda2 eklamsia ya.. memang diagnosis banding nya dgn emboli ketuban mom. Dbedakannya benar2 dr tensi, emboli ketuban bs saja terjd pd pasien ini sekali lg asalkan yakin tensi bnr2 bagus sebelumnya.

B. Emboli bukan termasuk eklamsia.
Emboli air ketuban adalah masuknya cairan ketuban beserta komponennya ke dalam sirkulasi darah ibu. Yang dimaksud komponen disini ialah unsur-unsur yang terdapat di air ketuban, seperti lapisan kulit janin yang terlepas, rambut janin, lapisan lemak janin, dan musin/cairan kental.
*nah semua unsur2 tsb ibarat racun thd tubuh ibu sehingga tubuh ibu langsung merespon dgn berbagai reaksi yg terparah adalah kejang hingga koma.
Tp sebenernya emboli ini gejalanya paling sering sesak nafas mom kiran.

C. Sebagian besar (99%) kebanyakan kejang pd ibu hamil, setelah melahirlan krn eklamsia mom kiran. 1% nya bs gangguan lain salah satunya bs emboli ketuban, infeksi pd ibu hamil,dll.

Gmn mom kiran? ✅

Kirannisa ✋
๐Ÿ’ซNah iya budok alhamdulillah tercerahkan ๐ŸŒค

Saya memang tidak memantau selama pemeriksaan.

Beliau kondisinya memang sulit berterus terang juga tentang kondisi sebelumnya.

Jadi kejadiannya gak sampai 5 menit bayi keluar, ibu kejang kemudian gak ada.

Bahkan salah satu bidan jaga bilang, kalau saja bayinya telat dikeluarkan, bayinya yang malah gak ada.

Dulu saya belum terlalu paham apa itu HRP.

Jadi begitu ya bu dok.

Feeling saya setelah belajar eklampsia ini, berdasarkan penjelasan budok diatas kemungkinan besar almarhumah juga eklampsia ya.

Baik terimakasih budok, semoga menjadi perhatian untuk kita semua ๐Ÿ™‚๐Ÿ™๐Ÿป
✨Jawaban Narasumber
Erni Maryam: Ehm iya mom kiran..
Kl memang sbelum lahiran tensi nya ada kenaikan minimal d atas 140 lalu stelah lahiran kejang sudah dpastikan itu eklamsia...

Iya mom kiran, ini lah penting nya ANC (antenatal care/pemeriksaan dlm kehamilan). Ibu2 hamil hrs aware, krn bkn utk kebaikan ibu nya aja tp janin nya juga...✅

๐Ÿ™‹Festi
 ๐ŸŒทa) dalam keadaan tidak hamil tknan darah saya cenderung rendah. Ketika hamil sistol sedikit naik 20-30 apa bisa dsebut gejala PE?

b) waktu kelahiran anak pertama dulu plasenta saya keluar tidak utuh sebagian nempel di rahim sehingga tangan dokter harus masuk membersihkan yg nempel tadi karena takut terjadi pendarahan. Knapa bisa bgitu yaa? Plasenta yg nempel itu penyebab nya apa yaa

✨Jawaban Narasumber
 a) patokan PE aku cantumin d selayang pandang mom.
Ringan ~ kurleb lebih ato sama dengan 140/90
Berat ~ kurleb lebih ato sama dengan 160/110.
Jadi, diagnosis PE ga bs dliat dr sberapa banyaknya naik nya mom rianti. Tp lihat hasil pengukuran tensi terakhir ya.

B) Secara medis, plasenta tertinggal disebut dgn "Retensio plasenta" mom.

Normalnya, setelah bayi keluat rahim akan berkontraksi utk secara fisiologis mengeluarkan plasenta. Tetapi ada bbrp keadaan yg membuat konrraksi rahim ibu terhenti sehingga plasenta bs teringgal baik sebagian atau keseluruhan.
Bbrp faktor resiko dpt terjadinya retensio plasenta :

- Hamil di atas usia 30 tahun
- Melahirkan lebih awal, sebelum usia kehamilan 34 minggu atau mengalami kelahiran prematur
- Ada jeda waktu yang lama antara proses persalinan tahap pertama dan kedua
- Mempunyai bayi lahir mati (stillbirth)

Penyebabnya antara lain :
- kontraksi rahim yang kurang kuat
- Tempat melekatnya plasenta tdk pd tempatnya
- Bentuk plasenta tertentu
- Ukuran plasenta yang sangat kecil
- Plasenta Adhesiva yaitu tertanamnya plasenta secara kuat pada rahim sehingga menyebabkan kegagalan pada mekanisme pengeluaran plasenta.
- Plasenta Akreta yaitu plasenta yang tertanam hingga memasuki sebagian lapisan otot rahim.
- Plasenta Inkreta yaitu plasenta yang tertanam hingga memasuki keseluruhan lapisan otot rahim
- Plasenta Perkreta yaitu plasenta yang tertanam menembus lapisan otot hingga mencapai lapisan terluar rahim.
- Plasenta Inkarserata adalah plasenta yang tertahan di dalam rahim akibat menyempitnya mulut rahim.

Gmn mom? ✅
Festi✋
๐ŸŒทkalo sedikit ada yg tertinggal..betul akan terjadi pendarahan yaa dok??Bahaya yaa??

✨Jawaban Narasumber
Betul sekali mom.
Bisa sampe pendarahan hebat, makanya ada golden time nya.

30 menit plasenta blm lepas total 》Manual plasenta, msh belum berhasil 》kuret / operasi

๐Ÿ™‹Suci
dr td sekilas bahas plasenta, sebenernya bentuk utuh plasenta itu seperti apa budok? Satuan kah atau bertingkat? Td kan dijelaskan ada dokter yg tangannya masuk untuk ngambil sisa plasenta ๐Ÿ™„

✨Jawaban Narasumber
Sebenernya bentuk plasenta itu berlobus2 mom suci / berpetak2 gt yah bahasanya hehe.

Nah, kl plasenta udh keluar, biasanya bidan/dokter akan cek depan belakang plasentanya utuh apa engga? Keliatan jelas ko kl ada yg conghek (maaf bahasanya) sedikitpun, kl ga utuh pst langsung main rojok merojok ๐Ÿ™ˆ
Nah itu kan ada yg panjang ny ya mm suci yg paranjang kaya usus. Itu dia nysmbung sm udel bayi (penyambung plasenta ibu dgn bayi).

Yg tertinggal itu biasanya bagian2 plasenta yg bulet2/petak2 itu

๐Ÿ™‹Fani
๐Ÿฆ buuu dokt, nanya yahh.
Itu teh yg faktor resiko PE  *kehamilan multipara (kehamilan lebih dr 1) dengan kehamilan oleh pasangan baru*, boleh minta lebih jelasnya budokt? Nuhun sebelumnya ๐Ÿ˜‡
✨Jawaban Narasumber
: Iya betul mom fani..
Penjelasannya, misalkan bu euis nikah sm pa bambang misalnya punua anak 1, lalu bercerai / pa bambang meninggal.
Lalu bu euis nikah lg sm pa asep dan punya anak lagi (buat bu euis yg kedua). Ini beresiko preeklamsia mom.✅

๐Ÿ™‹Tresna
๐Ÿปbudok,, saya di diagnosa PE waktu hamil,, yg mau saya tanyakan

dari hamil 5 bln kan dikasih resep obat amlodipin yang diminum 2 hari 1 x untuk menjaga tekanan darah,, saya minum sampe 2 hari sebelum lahiran,,
ini ada efek samping nya ga ya? misalkan apa ada kemungkinan saya jd punya tekanan darah tinggi?
✨Jawaban Narasumber
Engga mom tresna...
Justru langkah yg mom tresna ambil udh bener.
Udh ddiagnosa PE, lalu dokter memberikan obat anti hipertensi, ya harus diminum.

Obat antihipertensi yg dokter pilihkan utk bumil, udh pst yg aman, ga akan ada efek samping. Justru yg bahaya kl udh tau PE tp ga dminum obat antihipertensi nya...

Daan, ga ada dr sananya abis minum obat darah tinggi malah jd tinggi darahnya mom tresna.

๐Ÿ™‹Choir
๐ŸŒฒAssalamualaikum..  Maaf ๐Ÿ™ pertanyaan agak keluar dari selayang pandang semalam.
Saat ini saya sedang hamil 9w, kehamilan kedua setelah kelahiran prematur 26w (normal pervaginam,  bb 8ons, bertahan 15jam) tepatnya 03 april 2017 dengan riwayat kehamilan 2x pendarahan dan beberapa kali flek dan keputihan berlebih pada kehamilan pertama. Sedangkan tekanan darah normal sejak awal kehamilan. Yang mau saya tanyakan,
# apakah di kehamilan kedua ini ada kemungkinan kelahiran prematur akan terjadi lagi?  Mengingat jarak kehamilan yang sangat dekat (1bln) dan msh ada trauma dari kehamilan yang pertama?
#apakah ada kaitannya antara keputihan berlebih dengan kelahiran prematur?
Terima kasih bu dokter sebelumnya ๐Ÿ™

✨Jawaban Narasumber
Waalaikmslm mom choiron...
Kelahiran prematur memang sangat rentan utk berulang di kehamilan selanjutnya. Tetapi, hrs tau dl penyebab nya apa, bs dyakini berulang atau tdk stelah tau penyebabnya apa. Bahkan bs kita cegah mom, kl tau penyebabnya.

Wkt kehamilan yg lahir bln April lalu, penyebab nya kenapa mom?

#mnrt dokter kandungan nya bagaimana mo? Sebenrnya waktu pengembalian kondisi rahin itu adalah 40 hari-3 bulan. Beberapa dokter kandungan ada yg memperbolehkan hamil lg stelah 40 hari, tp ada yg dsruh menunggu dl sampe 3 bulan, ini tujuannya utk pemulihan rahim (pengerutan rahim).
Kemungkinan tdk nya utk lahir prematur msh ada mom, bukan dr waktu tp dr riwayat sebelumnya.

#betul mom, 50% kelahiran prematur dsebabkan oleh infeksi yg d akibatka oleh keputihan baik bakteri atau jamur.

Gmn mom? ✅

✋Choir
๐ŸŒฒIya bu dokt,  di kehamilan pertama saya diharuskan bedresr karena beberapa kali prndarahan dan memasuki usia kandungan 20w mulai keputihan berlebiham,  sempat diberi antibiotik oleh dsog saya tapi akhirnya prematur di usia 26w.
Di kehamilan kedua ini jg sdh mulai terlihat tanda2 keputihan ๐Ÿ˜ญ
Apa yg sebaiknya saya lakukan untuk pencegahan bu dokt??

✋Bu Ninis
๐Ÿ’  Konsulkan ke dokter kandungan mom.
Kalo memang sekiranya ada infeksi bakteri lagi, bisa diberikan antibiotik untuk penanganan infeksinya.

✨Jawaban Narasumber
Mom choiron, lokasi d mana mom?

Betul sperti yg sudah djawab budok  Ninis mom hrs dengan pemberian antibiotik utk penyembuhannya.
Utk mencegah lahir prematur kembali jg dbtuhkan terapi yg tuntas.

Kl memang butuh second opinion momy blh k dsog yg lain mom ๐Ÿ˜Š

Kl memang sudah yakin keputihan, terapi utama mrmang antibiotik mom, blh dbantu home treatment :
- Sesering mungkin ganti CD jika perlu setiap habis BAK (ga usah pake pembalut ato pantyliner)
- Minum air kelapa muda (anti bakteri alami)
- Ganti CD dgn yg baru 3 bulan sekali
 Pendarahan nya bs jd dsebabkan keputihan ini mom, trutama jamur yg sk bkin flek ato pendarahan. maaf baru kebaca ✅

Choir✋
๐ŸŒฒOohh..  Siap bu dokt,  insyaAllah nanti mau nyari second opinion ke Dsog yg lain.
Untuk masalah higien saya sudah sering ganti cd,  bisa sampai 4-5x sehari.  Yang pertama dulu jg sdh mendapat terapi antibiotik,  tapi wallahualam.. Msh blm rezeki saya dan suami budokt.  Makanya yg kedua ini saya sgt hati2 dan tdk ingin pengalaman yg pertama terulang lagi.
Terima kasih untuk masukan dan penjelasannya.  Sangat bermanfaat untuk saya..  Doanya budokt dan mom semua,  agar kehamilan kedua saya ini lancar ๐Ÿ™


๐Ÿ™‹ Ariefa
๐Ÿ  bu dok mau tanya
saat kehamilan pertama, di UK 36w saya diminta cek urin oleh dsog dg hasil protein +1
kata dsog ini indikasi PE dan langsung minta tes darah untuk persiapan SC
lalu saya istirahat dan minum air yg banyak, lalu di 37w cek urin lagi
hasilnya normal (tidak ada protein +), lahiran juga pervaginam
selama hamil tensi saya normal dan ngga bengkak

apa memang protein +1 itu memang indikasi pasti PE ? soalnya dokter langsung minta persiapan SC, sayapun keder
apa mungkin nanti di kehamilan kedua bisa begini lagi ?

✨Jawaban Narasumber
Halo mom Ariefa.
Yes! Sperti yg sy jelaskan d selayang pandang.
Yg dsebut preklamsia & eklamsia WAJIB ada proteinuria. Jika pd kehamilan terdpt darah tinggi, tetapi tdk ada proteinuria namanya hipertensi gestasional saja dan biasanya bkn suatu yg darurat.

Klo utk SC, mau bumil sehat / dgn HRP kl tanya k spog mending SC ato pervaginam pasti SPOG lbh memilih SC. Hehe.
Tp utk kasus preeklamsia sperti mommy, spog hanya ingin mengurangi resiko & ingin segera dkeluarkan sblm berlanjut ke preeklamsia berat ato bahkan eklamsia.
Karena, kondisi preeklamsia ga pernah dduga ga ada yg tau saat proses persalinan pervaginam yg hrs menunggu krn blm ada kontraksi hrs induksi dll bs saja tiba2 ada perburukan.itu yg dkhawatirkan DSOG..
 Prekelamsia sebelumnya memang beresiko thd kehamilan selanjutnya mom.
Maka dr itu kehamilan selanjutnya jg rajin ANC (antenatal care) ya mom ๐Ÿ˜Š
Bagaimana mom ? ✅

Ariefa ✋
๐Ÿ makasih jawabannya doook
yg aku heran, kok bisa selang seminggu protein positifnya hilang ya ?
kalo begitu apakah masih resiko PE juga dok ?

✨Jawaban Narasumber
 Ada 2 kemungkinan mom :
- Kesalahan pd pemeriksaan
- memang PE nya mengalami perbaikan

Kemungkinan utk berlanjut jd PE lg bs mom.. maka dr itu, trs hrs d observasi mom, minimal dgn tensi.

๐Ÿ™‹Lia
 ๐ŸŒŸizin bertanya...budok dan minah. ๐Ÿ˜˜
Assalamu'alaykum...
Bu dok saya sedang hamil 23weeks... Dikehamilan pertama ini saya pas awal2 11-18 weeks saya sering banget lemes bahkan sampai pingsan dok. Tensi darah saya ga pernah lebih dr 100..
Paling tinggi saya dapet bulan 90/60 dok. Saya sudh cek HB hasilnya bagus 10,2. Sudh cek urine di bulan ke 3 hasil nya (-).

Saya juga keputihan, agak banyak, berwarna dan agak berbau. ๐Ÿ˜ข

1. Kira2 penyebab saya lemas apa ya dok?

2. Apakah dngan tensi saya yg rendah itu ada kmungkinan lahiran PE ? Ataukah saya mesti jaga2 dengan mencari pendonor untk transfusi ? Soalnya klrga saya ga ada yg sama goldar nya. Saya O suamu saya B.

3. Apakah dengan goldar yg berbeda(saya dan suami) bisa menyebabkan sesuatu yg bahaya dok ? Jika nanti bayi saya lahir goldar nya beda dengan saya ?

4. Penyebab trbesar proteinuria itu apa dok ?

5. Apakah dengan keputihan yg saya alami itu berbahaya, kira2 apa yg harus saya lakukan ?

Sebelumnya maaf prtanyaan nya buanyak.... ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜
Soalnya saya mama baru. Hehe ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‰

Jazzakumullah. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

✨ Jawaban Narasumber
1. Penyebab lemes nya bs dr tekanan darah mom. Klo makan & minum gmn mom? Istirahat cukup?
2. Tensi rendah tdk akan menjadi preeklamsi mom, justru bertolak belakang.
Tensi rendah, yg dikhawatirkan adalah dehidrasi & syok utk yg parahnya.
Kl memang keadaan sperti mommy, blh sih ancang2 menyiapkan pendonor mom ga ada salahnya. Walaupun kasus dehidrasi & syok ga selalu terjd pd tekanan darah rendah.
3. Ada kemungkinan terjd ABO incompatibility mom walaupun kecil.
Tp kl ayahnya B, bayinya ada kmungkinan O, dan itu tdk akan terjd reaksi ABO incompatibility mom,bismillah ya mom ๐Ÿ˜Š
ABO incompatibility itu gejalanya kuning pd bayi mom.
4. Proteinuria itu kl pd kehamilan salah satu tanda preeklamsia mom.
Mengapa bs terjd proteinuria pd intinya akibat terjd kerusakan sel2 pembuluh darah salah satu nya d ginjal akibat tensi yg naik pd ibu hamil.
5. Utk keputihan, bs dbaca d jawaban sy d mom choirunisa d atas y mom.

Gmn mom? ✅

Lia ✋
๐ŸŒŸMinum isnyaaAllah Cukup budok... Tpi klo makan saya emang ga sanggup nasi bln2 kmrin mah. ๐Ÿ˜

Skrg alhamdulillah bs masuk. Yg blm mau makan daginh ayam sama telur. ๐Ÿ˜

ABO itu bisa slalu trjadi sma yg goldar nya beda apa engga dok ?
Soalnya katanya khawatir kaya anaknya nirina Zubir yg sampai cuci darah...karena telat ditangani... Na'udzubillah.

✨Jawaban Narasumber
Nah coba dbanyakin karbo nya mom biar setrong hehe.
Banyakin minum air putih, banyak makan yg bergizi bbrp x lipat dr sblm hamil ya mom. Biar tensi nya naik, lemes ny ilang..

Mksdnya goldar nya beda gmn mom?

Terapi ABO itu sm aja kaya bayi kuning biasanya mom.
Observasi dgn jemur  - fototerapi - transfusi tukar.

Anknya nirina zubir kmungkinan sangat tinggi bilirubin nya.



Lia✋
๐ŸŒŸiya ... Katanya kalau goldar nya beda... Kmungkinan bayi pas lahir nya mengikuti bapaknya.

 Terus...  Kalau mngikuti bapaknya nanti bilirubin nya tinggi.

✨Jawaban Narasumber
Hrs d pahami dl mom..
Tergantung goldar nya juga. Kl teori sperti itu ga berlaku semua goldar mungkin itu mitos ๐Ÿ˜Š

Kemungkinan menjd AB itu permainan goldar, jika goldar ibu nya yg O. Bapa nya A atau AB mom..

Utk kasus momy, sudah sy jelaskan dan fokuskan ya d atas. Kemungkinan nya kecil,krn golongan darah ayah nya B bukan AB.
Klo AB memang ada kmungkinan yg lebih besar utk bayi menjd ABO seperti bayi sy ๐Ÿ˜Š

Jika msh kurang jelas boleh dtanyakan dmn kurang jelas ny mom.


๐Ÿ™‹anisa
๐Ÿ‘‰ mau tanya tapi keluar dari selayang pandang...
saya masih penasaran yg tentang placenta yg tertinggal...
saya kehamilan pertama tangan bu bidan harus masuk untuk mengambil placenta... tapi dikehamilan kedua bu bidan mijit2 diperut (lupa lagi bagian mana) kontraksi lagi (tapi biasa aja kontraksinya) langsung keluar placentanya tanpa tangan bidan masuk... saya pernah baca di fb apa itu valid atau tidak justru katanya bahaya kalau menggunakan tangan lebih baik dengan pijitan seperti yg dikehamilan kedua saya... yg bner yg mana ya budok?
๐Ÿ‘‰ apakah dikehamilan berikutnya bisa terjadi lagi seperti itu (plasenta tertinggal)?
๐Ÿ‘‰ sebahaya apakah dok? atau tidak terlalu berpengaruh?

✨Jawaban Narasumber

Halo mom annisa..
Stelah bayi keluar, maka plasenta kita tunggu keluar dgn menunggu kontraksi murni (ga boleh ngeden), dan dberikan stimulus dgn tekanan oleh tangan penolong pd perut ibu mom. Tetapiii, jika setelah itu plasenta tdk keluar selama 30 menit, maka dsebut Plasenta tertinggal ato retensio plasenta, idealnya hrs langsung dilakukan manual plasenta (tangan penolong masuk utk mengambil sisa plasenta langsung), pijatan pd perut itu tdk akan lantas membantu keluar sisa plasenta jika memang sudah tertinggal didalam. Pijatan tsb hanya membantu merangsang plasenta keluar (yg memang dharapkan plasenta kelar segera dan utuh).
Tangan masuk kedalam berbahaya? Betul mom. Jika tdh menggunakan sarung tangan khusus (sarung tangan yg sangat panjang dan steril) dan ada tehnik nya.
Yg d fb itu hrs dtanyakan lg tdk valid yg mana nya mom. Blh nnt d capture k sy ya.
Jd jgn merasa takut dgn tindakan yg dlakukan pd proses kelahiran pertama ya mom, percaya saja nakes sudah ssuai prosedur ๐Ÿ˜Š

Kmrn sudah sempet sy bahas ya mom anisa, retensio plasenta memang rentan berulang.
Yg dsebut bahaya, jika sisa plasenta dbiarkan terlalu lama krn sisa plasenta ini menimbulkan pendarahan yg bs mengancam jiwa.

Gmn mom? ✅

Anisa ✋
๐Ÿ‘‰ jelas banget bu dok ๐Ÿ˜ mksh bu dok jawabannya... emang waktu bu bidan ngerogoh juga dia bilang jangan ngeden... tapi saya malah ngeden (reflek)... tp allhamdulillah masih jarak 5 menitan... sekarang udah ngerti mksh bu dok penjelasannya...
yg di fbnya cm baca aja bu dok itupun udah lama ๐Ÿ™ˆ

๐Ÿ™‹ Aisyah
๐ŸฏAssalamualaikum  dok,  mf pertanyaan saya juga keluar dari selayang pandang.
Saya lagi hamil kira uk 12 w,  tapi pastinya saya tdk tau karena saya lupa hpht,  cuma baru periksa bidan katanya mau jalan 3 Bulan.
1Dikehamilan pertama saat kehamilan -+ 8 bulan saya mengalami nyeri di pangkal paha sbelah kanan,  dibawa jalan rasanya sakit sekali hingga saya jalan seperti  orang pincang,  bahkan saat ganti posisi tidur juga sakit,  periksa ke dsog katanya cuma bawaan hamil.  Sekarang saya juga mulai merasakan hal yg sama tapi belum parah apakah yg harus saya lakukan agar tdk parah seperti kehamilan pertama.
2 melahirkan  pertama saya SC,  karena pendarahan didiagnosa solutio plasenta,  tapi kok saya tidak merasakan sakit sama sekali ya dok?  Saya cari di google  katanya Solutio itu sakit.  Melahirkan  ke 2 saya normal dg jarak kelahiran 19,5 Bulan. Saya melahirkan dibidan karena didaerah saya tinggal belum ada dokter yg pro VBAC. Sbelumya saya tetap check  up pd dsog untuk memastikan tidak ada indikasi yg benar2 mengharuskan u SC.  Saat melahirkan ke 2 bayi keluarnya lama setelah pembukaan lengkap ada jarak sekitar 1 jam 45 menit singga saya hampir kehabisan tenaga,  bahkan bidan yg menolong sayapun hampir putus asa dan akan merujuk saya kerumah sakit,  tapi alhmdulillah  saat2 rasanya tenaga benar2 hilang bayi saya keluar dg selamat.  Hanya saja mungkin karena terlalu kuat ditarik u merenggangkan kaki ada yg cedera divagina saya hingga saya tidak bisa jalan selama seminggu,  saat dipaksa jalan ada bunyi krek.. Apa yg harus saya lakukan dok agar kejadian ini tidak terulang lagi,  saya juga tidak yakin penyebabnya..
Melahirkan yg ke 3 ini saya juga ingin normal,  tapi kemarin saat saya konsultasi kebidan beliau lnsung menyarankan SC setelah saya menceritakan riwayat saya. Apa benar budok saya harus SC?
3  dikehamilan ke 2 ambaian saya meradang,  apa yg harus saya lakukan agar tidak terulang?
Maaf budok kepanjangan terimakasih sebelumnya ๐Ÿ˜ƒ
Terimakasih  jg pda adminah yg telah beri ksempatan bertanya๐Ÿ˜€

✨ Jawabn Narasumer
 Waalaikmlsm mom aisyah..
Sy cb jwb ya mom.
1. Dsog jg pst periksa ya mom shingga beliau memastikan memang cm bawaan hamil. Krn memang betul bawaan hamil setiap ibu itu berbeda2. Bahkan momy d kehamilan skrg jg merasakan keluhan yg sama ya. Utk kehamilan yg skrg keluhannya sdh dceritakan k dsog mom?
Kl sedang istirahat, apakah msh terasa nyeri nya?

2. Betul solusio plasenta mom bukan plasenta previa diagnosanya?
Memang betul yg membedakan solusio plasenta dgn plasenta previa adalah rasa nyeri hebat pd perut, dan terasa tegang pd diagnosa solusio. Tp kl memang pendarahan mom, mau diagnosa solusio ato plasenta previa memang terminasi yg paling baik pd pasien pendarahan adalah SC mom.
Jarak anak yg ke 2 sm yg ke3 skrg brp mom? Kl memang yg k2 pervaginam,dan jaraknya dgn yg skrg lebuh dr 18 bulan msh bs VBAC ko mom.

3.
- Kurangi makan pedes
- Perbanyak makan buah & sayur
- Perbanyak minum air putih
- hindari aktivitas jongkok✅

Aisyah ✋
 ๐Ÿฏ
1. Sakitnya pas  dibawa bergerak budok.. Klw posisi tetap tidak sakit..
2. Kata dr.  Solutio plasenta bu..  Tp mungkin dr.  Bisa saja Salah menyampaikan.. Dr.  juga manusia๐Ÿ˜€
3. Seandainya ambaian terlanjur meradang apa boleh pake obat salep / pil budok?
๐Ÿฏjarak kelahiran sekarang mungkin kakaknya sudah 2 tahun budok..  Lagi cari2 nakes yg bersedia bantu VBAC lagi,  soalnya saya baru pindah ngikut suami pindah tugas ๐Ÿ™‚

✨Jawaban Narasumber
1. Kl memang dsog ny bilang bkn suaty tanda bahaya tiggal menjaga spy tdk nyeri aj mom. Hindari posisi2 yg bkin skt cara ny cm itu sih mom ga ush minum obat2n.
Maaf ya mom ga bs mastiin jg knp ny krn hrs periksa langsung...

2. Nah iya mom betul sekali.. beehusnuzon aj ya mom yg pst yakin insya allah kputusan dokter wkt itu yg terbaik. Biar ga kpikiran terus mom ๐Ÿ˜Š

3. Kl lg hamil sbaikny pake obat yg dmasukin melalui anus mom.

2 thn insya allah ns vbac mom. Nah iya yg terpenting nakkes nya jg hrs support. Semangat ya mom mudah2n dberikan jalan yg terbaik bwt persalinan nnt. Jaga kesehatan ibu dan bayi
๐Ÿ™‹bu ninis

๐Ÿ’  Aku mau dong link ke masalah probiotik mba. ๐Ÿ˜

Karena yang pernah akh baca lebih ke arah antioksidan dan buah-buahan yang mengandung antioksidan.
Jurnal Penelitian Indonesia
http://mji.ui.ac.id/journal/index.php/mji/article/download/1223/1094

✨Jawaban Narasumber
 Mangga teh ninis ๐Ÿ˜Š
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/lPMC3203379/
Mba dania, mau nambahin. Probiotik ktny ada d bbrp susu ibu hamil tp ak gatau merk apa hehe mgkn bs jd perhatian buat hamil berikutnya :3

๐Ÿ™‹Westhy
๐ŸŽ€ Budok Tanya yaa.. Agak banyak
a.Ttg yg faktor resiko PE  *kehamilan multipara (kehamilan lebih dr 1) dengan kehamilan oleh pasangan baru*, boleh minta lebih jelasnya budokt?kok bs. Begitu ya??
B. Bu dok sy kn ada trunan gula /diabet dr kluarga..nah kira2 potensi PE pada diabet brp persen ya??
C. Satu pertanyaan diluar Oot ya bu dok..Bu Dok anak sy skrg 14bln...3 bulan terakhir sy haid normal..nah sekaranh sdh 3 minggu telat..kemungkinan hamil ga y??terakhr hub mengeluarkan sprma diluar krn kita nda KB..

✨Jawaban Narasumber

A. Iya mom, jd gini simpelnya. Sperti yg sdh sy katakan, pd preeklamsia itu janin sperti d anggap racun oleh tubuh ibu.
Utk terbentuknya janin kan d awali dgn penyatuan sperma & ovum ya? Nah penyatuan tsb menentukan jg apakah nnt nya akan menjd toxic/racun bagi tubuh ibu yg berakibat preeklamsia atau tidak. Klo semisalnya kita2 yg udh punya anak dr suami kita dan ga preeklamsia sperti udh teruji oh ga ada reaksi apa2 (tanpa faktor resiko yg lain ya). Tp blm tentu kl ga lama msalkan kita nikah lg dgn org lain mungkin aja bakal jd preeklamsia.
Nah makanya pas ovum si ibu ketemu sm sperma yg lain/dr tempat produksi yg berbeda jg reaksinya wallahualam bakalan bagus ato bakal ada reaksi preeklamsia. Hehe maaf ya aku artika sesimpel mungkin. Ketangkep ga mom mksdny?

B. Sbnernya yg dimaksud diabetes dsni diabetes gestasional / yg terjd pd kehamilan ya mom.
Persentase nya 10-30%.
Dan ini salah satu faktor resiki yg sangat bs dcegah mom ๐Ÿ˜Š

C. Kmungkinan hamil kecil sbnernya kalo memang dkeluarin d luar.satu2nya utk tau d cek mom. Udh coba testpack?

Westhy ✋
๐ŸŽ€ Subhanalloh..ternyata tubuh kita bs reaksi seperti itu y Bu Dok..sy baru tau...terima kasih.. Ooo..bukan diabetes yang trunan y dok..kdg sy takut ja..liat riwayat diabet dikeluarga..Sdh tespack 1x negatif Bu Dok...tp knp sy blm dtg bln ya??padahl 3 bln terakhri norml..walau sebelumnya bs dtg bulan 2-3 bln 1x pasca nifas..

✨Jawaban Narasumber
Iya mom westhy memang kembali lg kita hrs ingatbya semua sakit memang atas andil Allah. Sy jg teringat kembali ๐Ÿ˜Š
Iya bkn mom. Yg bukan turunan aja, bs mengalami diabetes gestasional. Tp alangkah baiknya kl mom westhy jg menjaga BB dan asupan saat hamil yaa..

Hormonal wanita baik yg baru puber, baru menikah bahkan stelah melahirkan pasti akan pernah mengalami gangguan mom.
Apalagi stelah melahirkan hormon kits bs acakadut hehe. Observasi aja mom, kl memang takut blh dperiksakan ke dsog ๐Ÿ˜Š

Westhy✋
๐ŸŽ€Iya betul bgt Bu Dok..
Iya kebetulan BB sya mah dibwh standar 43kg..cm kl luka susah bgt sembuhnya walau kecil lukanya..
Iya Bu Dok..rncana sy mau tunggu dulu..krn juga bersih g da keputihan atau apa..mungkin hormonnya ya bu dok ya..
Syukron Jazakillah khoiron katsiron Bu Dok...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

✨Jawaban Narasumber
Udh pernah cek ke dokter penyakit dalam mom?
Biar nnt d cek kan bbrp jenis pemeriksaan utk mengetahui kadar gula.
Mdh2n sehat selalu ya mom ๐Ÿ˜˜


Westhy ✋
๐ŸŽ€Belum Bu Dok kl ke penyakit dalam..perlu ya dok untuk cek kesana?karna anggapan sy n keluarga sy liat kl sy luka sulit sembuh digigit nyamuk sedikit sj lgsg luka..jd dibilang ada riwayat gt..

✨Jawaban Narasumber
Perlu mba utk skrining.
Nah apalagi ada riwayat luka ga sembuh2 ๐Ÿ˜Š

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
 LEARNING MAMA COPYRIGHT 2017
 〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
FP : Facebook.com/learningmamaa
Instagram : Instagram.com/Learningmama.indonesia
Web: komunitaslearningmama.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

learning mama instagram